7 Jenis Olahraga yang Efektif Menurunkan Stres

7 Jenis Olahraga yang Efektif Menurunkan Stres

Secara simpel, stres merupakan kondisi dimana seseorang merasa terganggu atau terancam akibat gangguan yang disebabkan oleh interaksi antara individu dengan lingkungan. Namun, jangan remehkan potensi dari segala jenis gangguan yang berpotensi menimbulkan stres, karena stresor bisa berasal dari konflik dengan keluarga atau pasangan, masalah keuangan, faktor pekerjaan, atau bahkan dari masalah sepele seperti kemacetan di jalan.

Tak dapat dipungkiri bahwa jika dibiarkan terus-menerus, stres dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan manajemen stres yang tepat agar kesehatan Anda tetap terjaga. Ingatlah bahwa stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit serius, mulai dari maag kronis, diabetes, penyakit jantung, hingga depresi yang dapat merusak kehidupan seseorang.

Mengapa Olahraga Dapat Menurunkan Stres?

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres, salah satunya dengan berolahraga. Namun, bagaimana hubungan antara stres dan olahraga? Olahraga melibatkan aktivitas fisik, sementara stres berkaitan dengan kondisi mental seseorang.

Baca Juga: Kenali 9 Jenis Sakit Kepala yang Sering Terjadi dan Penyebabnya

Frank Lupin, MS, ATC, PES, seorang ahli atletik dan pelatih pribadi bersertifikat, menjelaskan bahwa "saat Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan hormon endorfin yang dapat mengatasi stres".

Baca Juga: 20 Keyword Tools Riset Kata Kunci Terbaik dan Gratis

Olahraga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan membuat Anda lebih semangat setiap harinya. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin dari kelenjar pituitari. Fungsi ini sering disebut sebagai "runner's high".

Endorfin diproduksi oleh tubuh ketika Anda merasa bahagia, tertawa, atau dalam keadaan istirahat yang cukup. Bahkan, hormon endorfin dapat bertindak seperti morfin.

Baca Juga: Waktu Berolahraga yang Sesuai Dengan Kebutuhan Badan

Selain itu, ketika Anda berolahraga, organ dalam tubuh akan bekerja secara otomatis, seperti otot yang menegang, tekanan darah meningkat, dan detak jantung yang lebih cepat. Hal ini dapat membuat seluruh hormon dan saraf dalam tubuh kembali normal.

Baca Juga: Memahami Pentingnya Riset Kata Kunci dalam SEO

Terlepas dari kesibukan yang menumpuk, stres tetaplah menjadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa jenis olahraga yang dapat membantu menurunkan tingkat stres Anda. Ingin tahu apa saja rekomendasi olahraga penurun stres yang wajib Anda coba? Mari simak penjelasan di bawah ini.

1. Aerobik

Olahraga ini bisa dilakukan dengan berenang, berlari, menari, atau bersepeda. Saat detak jantung meningkat, tubuh akan melepaskan endorfin yang mampu membuat Anda merasa lebih baik secara fisik dan mental.

2. Yoga

Melibatkan serangkaian gerakan peregangan, pernapasan, dan relaksasi, yoga menjadi salah satu olahraga penurun stres terbaik. Untuk pemula, hatha yoga adalah model yoga yang cocok untuk menurunkan stres karena gerakannya mudah dilakukan dan berintensitas rendah.

3. Tai Chi

Olahraga ini hampir mirip dengan yoga, namun memiliki tujuan untuk menenangkan pikiran dan kondisi tubuh. Selain itu, tai chi juga dapat membantu membangun kepadatan tulang, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan bahkan meringankan gejala kondisi seperti gagal jantung, radang sendi, dan fibromyalgia. Tertarik mencoba?

4. Pilates

Olahraga Pilates mengusung konsep keseimbangan antara tubuh dan jiwa yang terwujud dalam gerakan-gerakannya. Dengan fokus pada prinsip pernapasan, relaksasi, konsentrasi, dan kesadaran tubuh, Pilates mampu meredakan stres, meningkatkan konsentrasi, dan menghilangkan kegelisahan. Mirip dengan yoga, olahraga ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin mencapai keseimbangan hidup yang seimbang.

5. Kickboxing

Kickboxing adalah olahraga yang sangat efektif untuk mengurangi stres. Olahraga ini melibatkan gerakan menendang dan meninju dengan disiplin yang tinggi. Kickboxing secara teratur akan meningkatkan keseimbangan tubuh, fleksibilitas, dan koordinasi. Selain itu, olahraga ini juga mampu membantu Anda mengatasi rasa frustrasi, kemarahan, dan melepaskan energi negatif sehingga dapat menurunkan tingkat stres.

6. Olahraga Berkelompok

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres adalah dengan berolahraga bersama keluarga atau teman-teman Anda. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan bersama seperti sepak bola, bulu tangkis, bola basket, atau tenis. Selain menyenangkan, Anda juga bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang terdekat sekaligus melepaskan endorfin yang bermanfaat untuk mengurangi stres.

7. Aktivitas Outdoor

Bersepeda, lari jarak jauh, atau melakukan aktivitas outdoor lainnya akan memberikan Anda perubahan pemandangan yang menyegarkan dan udara segar yang membantu membersihkan pikiran. Selain itu, kehadiran alam juga dapat memberikan energi positif untuk suasana hati yang lebih baik. Oleh karena itu, olahraga outdoor sangat direkomendasikan untuk mengurangi tingkat stres.

Baca Juga: Mengenal 10 Jenis Diet Efektif untuk Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Kesehatan Tubuh


Baca Juga: 9 Bahan Alami yang Dapat Mengusir Kecoa dengan Efektif

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda