Inilah 6 Jenis Olahraga yang Membakar Kalori Paling Banyak, Salah Satunya Berenang!

Inilah 6 Jenis Olahraga yang Membakar Kalori Paling Banyak, Salah Satunya Berenang!

Tidak semua orang menyukai kegiatan rutin ke gym. Tetapi jika Anda ingin mengurangi lemak, sangat penting untuk membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Terdapat beberapa pilihan olahraga selain di gym yang dapat membakar lebih banyak kalori sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Mayoritas dokter dan pelatih mungkin akan menyarankan orang dewasa untuk mulai terlibat dalam lari, jogging, atau jalan jauh sebagai langkah awal dalam menghilangkan lemak. Meskipun olahraga-olahraga tersebut bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mendukung kesehatan jangka panjang, namun bukanlah cara tercepat untuk membakar kalori.

Ahli diet terdaftar, Amy Goodson, menyarankan untuk memilih aktivitas yang Anda sukai dan melakukannya secara konsisten. "Jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, lakukan lebih banyak aktivitas fisik dan perhatikan pola makan Anda sehingga Anda bisa menciptakan defisit kalori secara sehat sambil memastikan tubuh Anda tetap terpenuhi nutrisinya," kata dia.

Menurut ACE Fitness, berlari biasanya dapat membakar sekitar 100 kalori per mil, dan berjalan dengan kecepatan empat mil per jam dapat membantu membakar antara 135 hingga 189 kalori dalam waktu 30 menit.

Baca Juga: Ulang Tahun Kim Tae-hyung dan Fakta Menarik V BTS

Penelitian menunjukkan bahwa latihan interval dengan intensitas tinggi adalah pilihan terbaik untuk membakar kalori secara efektif dan mencapai tujuan dengan lebih cepat. "Hal ini dikarenakan jenis latihan yang menggabungkan latihan intensitas tinggi dan latihan intensitas rendah, yang membakar lebih banyak kalori daripada melakukan aktivitas dengan kecepatan lebih lambat dalam waktu yang sama," kata Goodson.

Oleh karena itu, bagi mereka yang mencari hasil yang cepat dan ingin berolahraga dengan cara yang menyenangkan secara keseluruhan, penting untuk mengetahui olahraga yang telah terbukti secara ilmiah dapat membakar kalori paling banyak dan membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Berenang

Berenang, olahraga yang melibatkan kerja seluruh tubuh, ternyata memiliki manfaat yang tak bisa dianggap sepele. Bukan hanya bentuk kardio biasa atau latihan ringan, tetapi juga dapat membantu membakar kalori berlebih dan membentuk otot tanpa lemak. Penelitian bahkan telah membuktikan bahwa berenang efektif dalam menurunkan berat badan.

Baca Juga: Mau Diet Nasi? Inilah 5 Makanan Pengganti Nasi yang Wajib Dicoba

Gaya berenang seperti kupu-kupu, dada, dan gaya bebas mampu meningkatkan pembakaran kalori dengan cepat. Menurut WorldHealth, hanya dengan berenang selama 30 menit, seseorang bisa membakar sekitar 367 hingga 404 kalori, tergantung pada gerakan yang dilakukan. Aktivitas fisik ini mendorong tubuh untuk melawan resistensi, sehingga membantu membakar lemak dan membentuk otot. Dr. Goodson mengatakan, "Otot memiliki aktivitas metabolik yang lebih tinggi daripada lemak, sehingga membakar lebih banyak kalori saat sedang istirahat."

Zumba

Jika Anda mencari olahraga kelompok yang seru, Zumba bisa menjadi pilihan yang menarik untuk menurunkan berat badan. Olahraga aerobik intensitas tinggi ini melibatkan gerakan yang rumit dengan sekelompok orang yang memiliki minat yang sama terhadap tarian.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa Zumba efektif dalam mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan. Dalam satu sesi Zumba selama satu jam, Anda berpotensi membakar sekitar 500 hingga 800 kalori. Namun, faktor-faktor seperti usia, genetika, dan intensitas personal dapat memengaruhi jumlah kalori yang sebenarnya terbakar.

Bola basket

Bola basket adalah olahraga yang penuh kompetisi dan sangat menarik, serta merupakan pilihan sempurna untuk menurunkan berat badan. Dalam waktu 30 menit bermain, seseorang dengan berat 155 pon (sekitar 70,3 kilogram) dapat membakar sekitar 288 kalori, seperti yang dilaporkan oleh Harvard Health Publishing. Namun, ini hanya angka dasar, karena seseorang dengan berat badan lebih berat dapat mengeluarkan lebih banyak energi dan membakar lebih banyak kalori selama latihan.

Bola basket menggabungkan gerakan melompat dan latihan daya tahan yang melibatkan seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan suasana hati, memperkuat kesehatan tulang, mengurangi stres, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, serta memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, sesuai dengan informasi dari WebMD.

Panjat Tebing

Jika Anda mencari latihan yang menyenangkan dan efektif untuk membantu penurunan berat badan, maka panjat tebing adalah jawabannya. Menurut WebMD, panjat tebing adalah olahraga yang melibatkan semua bagian tubuh, mulai dari inti, kaki, lengan, glutes, hingga punggung. Dengan melibatkan hampir seluruh tubuh, panjat tebing menggabungkan kekuatan dan kerja aerobik, sehingga membantu meningkatkan pembakaran kalori sepanjang hari.

Penelitian bahkan memperkirakan bahwa Anda dapat membakar sekitar 480 hingga 660 kalori per jam saat beraktivitas panjat tebing. Namun, penting untuk diingat bahwa tingkat intensitas olahraga ini tinggi, sehingga mungkin diperlukan waktu untuk menyesuaikan diri. Jadi, jika Anda mencari tantangan baru yang tidak hanya membakar kalori, tetapi juga meningkatkan kebugaran tubuh secara menyeluruh, panjat tebing adalah pilihan yang sempurna.

Bersepeda

Ingin menjaga kebugaran fisik Anda dan menurunkan berat badan? Bersepeda adalah aktivitas yang patut Anda pertimbangkan. Sebuah studi menemukan bahwa bersepeda dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan kebugaran tubuh Anda, meningkatkan sensitivitas insulin, serta menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan bahkan kematian.

Baca Juga: 6 Kesalahan Umum Orangtua dalam Menghadapi Anak yang Tantrum

Tidak peduli apakah Anda pemula atau seorang profesional, bersepeda memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk membakar kalori. Menurut Harvard Health Publishing, dalam sesi bersepeda selama 30 menit, seseorang dapat membakar antara 210 hingga 441 kalori, tergantung pada berat badan dan intensitas latihan mereka. Bersepeda bukan hanya olahraga yang membantu menurunkan berat badan dengan cepat, tetapi juga meningkatkan kebugaran fisik secara keseluruhan.

Sepak bola Amerika

Sepak bola Amerika adalah olahraga tim yang bisa memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh dalam membakar kalori, karena melibatkan latihan intensif dengan berbagai jenis gerakan, seperti yang dinyatakan oleh Virtua Health. Meskipun ada periode istirahat dalam permainan tim, olahraga ini tetap melibatkan kerja otot yang kuat.

Dalam dua babak sepak bola Amerika yang berlangsung selama 20 menit, dengan total waktu permainan 40 menit, seseorang yang memiliki berat badan 150 pon (68 kilogram) dapat membakar sekitar 363 kalori. Sementara itu, seseorang dengan berat badan 200 pon (90,7 kg) dapat membakar sekitar 484 kalori, dan orang dengan berat badan 250 pon (113 kg) dapat membakar sekitar 605 kalori, seperti yang dilaporkan oleh MyFitnessPal. Para pemain dituntut untuk berlari, melompat, dan melakukan perubahan arah dengan cepat.

Baca Juga: 15 Jurusan Kuliah IPA Berdasarkan Banyak Peminatnya

Jadi, jangan tunggu lagi! Segera lakukan olahraga dan latihan ini untuk membakar kalori, mendukung penurunan berat badan, serta meningkatkan kesehatan Anda. Nikmati manfaat luar biasa ini sekarang juga!

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda