Waktu Berolahraga yang Sesuai Dengan Kebutuhan Badan

Waktu Berolahraga yang Sesuai Dengan Kebutuhan Badan

Hallo InfokanAja Lovers! Salam Olahraga!

Tahukah Anda jika semua sel yang terdapat dalam tubuh memiliki jam dan jadwal tersendiri untuk melakukan masing-masing tugasnya? Jam tubuh alami yang juga disebut sebagai ritme sirkadian memiliki fungsi untuk mengatur waktu tubuh kapan harus makan, tidur, bangun, atau melakukan berbagai fungsi lainnya. Sehingga, dengan waktu 24 jam dalam sehari, tubuh akan mengatur dan menentukan secara otomatis waktu makan dan kegiatan lainnya. Semua sel tubuh memiliki ritme sirkadian, termasuk otot yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Sebuah studi oleh para peneliti yang berasal dari Northwestern University, menyatakan bahwa ritme sirkadian yang dimiliki otot membuat semua gerakan yang dihasilkannya menjadi lebih efektif. Oleh karena itu, untuk menentukan waktu terbaik untuk berolahraga salah satunya penting untuk mengetahui jam alami otot.

1. Olahraga Pagi

Photo by Emma Simpson on Unsplash

Baca Juga: Menikmati Hidangan Favorit Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

Usahakan di pagi hari dengan melakukan lari pagi atau jogging selama 10 menit, dengan keadaan perut kosong. Karena itu cara terbaik untuk membakar lemak yang tersimpan, menurunkan berat badan dan menjadi lebih ideal. Sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Physiology menemukan bahwa berolahraga pada jam 7 pagi dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar atau fresh. Sehingga di malam hari menjadi lebih cepat lelah di bandingkan tidak berolahraga di pagi hari. Keringat pagi juga dapat menyebabkan kesehatan mental dan produktivitas yang lebih baik sepanjang hari, karena olahraga sangat baik untuk mengurangi stres. Tetapi jika Anda bukan orang yang terbiasa untuk berolahraga di pagi hari, jangan memaksakannya. "Anda mungkin berolahraga, tetapi mungkin pada tingkat intensitas rendah sehingga Anda tidak menghabiskan banyak energi," kata Hackney.

Baca Juga: Lirik Lagu Flying High JKT48

2. Olahraga Sore

Olahraga di pagi hari lebih ideal untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan, tetapi sama halnya dengan olahraga di sore hari juga akan menyehatkan paru-paru. Selain itu, dengan olahraga sore juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menghindari kadar lemak di tubuh. Studi Journal of Physiology menemukan bahwa berolahraga antara jam 1 sampai jam 4 dapat membuat tubuh menjadi lebih fresh dengan cara yang sama seperti olahraga di pagi hari. Bahkan berolahraga dengan berjalan di sore hari dapat membantu bersemangat dan fokus kembali.

Baca Juga: 15 Jurusan Kuliah IPS Terpopuler: Masa Depan dan Prospek Kerja Terjamin

3. Olahraga Malam

Photo by Nourdine Diouane on Unsplash

Baca Juga: 10 Lagu Kpop Terpopuler Sepanjang Masa

Bagi banyak orang, berolahraga paling nyaman setelah bekerja. Tetapi ada kepercayaan umum bahwa olahraga malam sangat membuat Anda lelah sehingga sulit untuk tertidur di kemudian hari. Journal of Physiology menemukan bahwa berolahraga antara jam 7 malam sampai jam 10 malam, tidak akan membuat kurang optimal untuk beristirahat. "Bukti menunjukkan bahwa, selama berolahraga, kemudian mandi, dan langsung beristirahat, itu sama sekali tidak mengganggu pola tidur Anda ." katanya.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda