5 Cara Merawat Bulu Kucing Agar Sehat, Bersih dan Tidak Rontok

5 Cara Merawat Bulu Kucing Agar Sehat, Bersih dan Tidak Rontok

Hallo InfokanAja Lovers! Salam Meow!

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari karena sikapnya yang lucu dan menggemaskan. Dengan memiliki sifat yang manja sangat cocok jika dijadikan teman sehari-hari di rumah, ia juga merupakan hewan yang cukup independen.

Bagi para pecinta kucing, memelihara kucing tentunya menjadi satu kesenangan tersendiri. Meski menyenangkan, tetap dibutuhkan komitmen bagi mereka yang memutuskan untuk memeliharanya.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan mulai dari pemberian makanan serta minum yang cukup, pembersihan kotoran yang memadai, wajib menjaga kebersihan kucing, hingga memeriksakan kucing ke dokter saat ia mengalami gangguan kesehatan. Namun, yang menjadi masalah adalah bulu kucing yang mudah rontok, kotor dan kasar jika tidak dirawat dengan benar.

Baca Juga: Tips Make Up Natural untuk Perempuan

Nah, dari pada bingung bagaimana merawat bulu kucing agar tetap sehat dan terawat, mari simak 5 tips berikut ini:

1. Memberikan minyak ikan

Baca Juga: Tips Mudik Lebaran Terbaru untuk Perjalanan yang Aman dan Nyaman


Image by Freepik

Memberikan minyak ikan secara teratur adalah salah satu cara untuk membantu menjaga kelembapan kulit dan memberikan nutrisi yang diperlukan dan sangat penting. Minyak ikan yang baik harus mengandung asam lemak Omega-3 seperti EPA dan DHA.

Baca Juga: Beberapa Tips Untuk Wanita! 6 Cara Menjaga Tubuh Tetap Sexy dan Langsing

Berikut beberapa produk minyak ikan:

  • Calibest Mix Oil for Cats & Set Murah (Rp. 95.000)
  • RinaCat Catfish Oil (Rp. 79.000)
  • Pet-Tirin Catfish Oil (Rp. 71.000)
  • Pet-Tal Catfish Oil (Rp. 85.000)
  • Catfish Oil from CrazyPet (Rp. 78.000)
  • Pet-Coconut Catfish Oil (Rp. 75.000)
  • Pet-Zest Catfish Oil (Rp. 69.000)
  • DL Cats & Dog Catfish Oil (Rp. 75.000)
  • Sari Ikan Basic Catfish Oil (Rp. 65.000)
  • 10. ELSINOR Catfish Oil (Rp. 79.000)

2. Menyisir bulu dengan rutin


Image by prostooleh on Freepik

Baca Juga: Merk dan Tipe Mobil yang Masih Layak Dibeli di Tahun 2022

Menyisir bulu dengan rutin adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa kucing tetap dalam kondisi yang baik. Penggunaan sisir yang tepat penting untuk dilakukan. Pakai sisir dengan bahan metal dan dapat menghilangkan kotoran. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sisir khusus untuk mengeluarkan bulu mati.

3. Hindari kucing agar tidak stres

Baca Juga: Penanganan Pertama Saat Kucing Mencret


Hindari kucing agar tidak stres itu penting karena stres dapat membuat mental dan fisik sakit. Mereka akan stres ketika dipaksa untuk menghadapi situasi yang menakutkan. Jadi pastikan kucing mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat, bermain dan menjalani aktivitas favorit mereka. Anda juga harus memastikan bahwa lingkungannya selalu aman dan tidak dekat dengan ancaman atau hal-hal yang bisa menyebabkan stres. Dengan cara ini, diharapkan dapat membantu menjaga kesehatan kucing secara mental dan fisik.

4. Mandikan kucing secara rutin

Mandi secara rutin adalah penting untuk kesehatan kucing. Mandi bukan hanya bermanfaat untuknya, tetapi juga dapat membantu menjaga kebersihan dan kehalusan bulu kucing. Mandikan dengan shampoo dan scrub untuk membantu menghilangkan bau dan kotoran. Setelah mandi, bersihkan bulu dengan sisir dan sikat untuk menghilangkan bulu mati dan meningkatkan kehalusan bulu. Selain itu, lakukan pijatan setelah mandi untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah di sekitar kulit.

Baca Juga: Cara Agar Channel Youtube Banyak yang Subscribe (Berlangganan) di Tahun 2023

5. Mendapatkan sinar matahari yang cukup

Mendapatkan sinar matahari yang cukup penting bagi kesehatan. Ini membantu meningkatkan sistem kekebalan dan penyakit kulit. Oleh karena itu, pastikan kucing mendapatkan cukup sinar matahari dengan mengizinkan mereka untuk berjalan-jalan di luar atau bersantai di luar ruangan. Pastikan untuk menempatkan kasur atau tempat tidurnya di luar sehingga kucing dapat memilih tempanya yang nyaman.


Kesimpulannya, dengan mengikuti cara di atas diharapkan bulu kucing tidak mudah rontok dan tetap sehat ya. Dengan demikian, kucing dapat lebih bahagia dan penuh semangat, seperti yang diharapkan setiap pemilik.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda