10 Metode Alami Menghilangkan Dahak untuk Tenggorokan yang Nyaman

10 Metode Alami Menghilangkan Dahak untuk Tenggorokan yang Nyaman

Batuk berdahak yang sulit dikeluarkan sering kali menjadi sumber ketidaknyamanan. Dahak atau lendir yang terbentuk untuk membersihkan saluran pernapasan dari debu, asap, dan virus dapat menyumbat saluran napas dan menyebabkan batuk berdahak. Meskipun telah dilakukan berbagai upaya, seperti mengonsumsi obat secara teratur dan menepuk dada secara perlahan dengan posisi badan tegak, namun dahak tetap tak kunjung keluar.

Menurut laporan dari Healthline, minum cairan dalam jumlah yang cukup, terutama yang hangat, dapat membantu melancarkan pengeluaran dahak. Air dan cairan lainnya dapat meredakan sumbatan dengan memperlunak lendir di tenggorokan Anda. Anda bisa mencoba mengonsumsi banyak cairan, seperti jus, kaldu bening, dan sup. Selain itu, teh tanpa kafein, jus buah hangat, dan air lemon juga merupakan pilihan minuman yang baik. Untuk mendapatkan kesembuhan dan kebugaran dengan cepat, berikut ini adalah 10 cara mengeluarkan dahak secara alami yang perlu Anda simak.

Jahe

Menyajikan minuman yang berasal dari air rebusan jahe dapat memberikan manfaat luar biasa dalam meredakan radang tenggorokan dan melancarkan dahak secara efektif. Kandungan gingerol dalam jahe terbukti mampu memberikan kenyamanan pada tenggorokan. Untuk menghidangkannya, rebuslah jahe dalam air selama 10 menit, kemudian minumlah selagi hangat.

Teh Hangat

Tidak hanya teh hijau, tetapi teh herbal seperti teh peppermint atau teh bunga telang juga menjadi pilihan yang tepat untuk meredakan sakit tenggorokan dan melonggarkan dahak. Pastikan teh herbal disajikan dalam keadaan hangat agar memberikan efek melegakan pada tenggorokan.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung antioksidan dan zat antiradang yang berperan penting dalam meredakan radang dan mengatasi penyumbatan saluran pernapasan. Caranya sangat sederhana, cukup tambahkan irisan jeruk nipis ke dalam air hangat atau teh jahe.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah tenggorokan dan membantu mengeluarkan dahak. Anda hanya perlu menggeprek dua siung bawang putih, campurkan dengan minyak zaitun, lalu oleskan pada area leher.

Air Putih Hangat

Air putih hangat adalah cara alami untuk membantu mengeluarkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan. Anda bisa mencoba minum air putih hangat secara teratur untuk membantu proses pengeluaran dahak dengan lebih cepat.

Kumur Air Garam

Cara alami mengeluarkan dahak adalah dengan menggunakan air garam, dan ternyata caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan garam dengan air hangat, lalu berkumur selama 30 detik. Air garam memiliki kemampuan yang terbukti ampuh dalam membunuh kuman dan meredakan rasa sakit pada tenggorokan.

Uap Hangat

Tak kalah menariknya, terdapat metode alami yang memanfaatkan penguapan untuk membantu memperbaiki pernapasan kita. Dengan menggunakan teknik ini, tenggorokan akan terasa lebih lembut dan dahak akan lebih mudah dibuang. Melakukan penguapan bisa dilakukan dengan cara tradisional seperti merebus air hingga panas atau menggunakan perangkat khusus berupa cool-mist humidifier.

Daun Sirih

Dalam penelitian terbaru, ternyata daun sirih memiliki manfaat luar biasa dalam meredakan dahak dan mengatasi ketidaknyamanan pada tenggorokan. Dalam penggunaannya, cukup ambil beberapa lembar daun sirih, lalu oleskan minyak telon di dada dan punggung. Setelah itu, letakkan daun sirih selama beberapa menit untuk mendapatkan efek terbaik.

Lobak

Tidak banyak yang tahu bahwa lobak memiliki khasiat yang luar biasa dalam mengatasi peradangan tenggorokan dan membantu penyembuhan flu. Untuk memanfaatkannya, cobalah menambahkan potongan lobak segar ke dalam sup hangat yang Anda masak. Dengan begitu, dahak yang mengganggu akan lebih mudah dikeluarkan, dan Anda akan merasakan manfaat luar biasa dari keajaiban lobak ini.

Daun Mint

Daun mint memiliki kandungan mentol yang dapat membantu mengeluarkan dahak secara cepat dan efisien. Anda hanya perlu mencampurkan beberapa lembar daun mint ke dalam segelas air hangat dan minumlah selagi masih hangat.

Baca Juga: Inilah 6 Cara Ampuh untuk Menebalkan Rambut secara Alami

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda