10 Metode Ampuh Mengusir Semut di Dalam Rumah: Mudah dan Efektif

10 Metode Ampuh Mengusir Semut di Dalam Rumah: Mudah dan Efektif

Semut merupakan hama yang sangat mengganggu ketika mereka berkeliaran dalam jumlah yang banyak di dalam rumah. Ada beberapa alasan mengapa semut sering berkumpul di dalam rumah. Mungkin mereka mencari sisa-sisa makanan, mencari sumber air, atau mencari tempat perlindungan yang nyaman. Semut cenderung lebih menyukai rumah yang kotor dan lembap, terutama di dapur dan kamar mandi.

Agar dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, menjaga kebersihan rumah sangatlah penting. Rumah yang bersih dan harum akan bebas dari semut dan serangga, sehingga membuat banyak orang merasa nyaman. Jika semut masih terus mengganggu, berikut ini adalah 10 cara mudah untuk mengusir semut dari dalam rumah.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki kegunaan yang menarik dalam mengusir semut. Anda hanya perlu mengupas dan mengiris bawang putih, lalu letakkan potongan tersebut di pojok ruangan dan area yang sering didatangi oleh semut. Jangan lupa juga untuk meletakkan potongan bawang putih di sekitar toples gula, agar hewan kecil tersebut tidak memakan gula yang ada di dapur.

Kapur Anti Serangga

Kapur anti serangga adalah solusi pembasmi semut yang sangat ampuh dan mudah ditemukan. Kapur ini terbuat dari karbonat, sehingga hewan-hewan tersebut dan serangga tidak menyukai aromanya. Pastikan untuk membuat garis dengan kapur di sekitar lubang keluar semut, tembok, dan area-area yang sering dilalui oleh mereka.

Tepung Terigu

Tepung terigu dapat digunakan untuk mengusir semut dengan cara yang efektif. Anda hanya perlu menaburkan tepung terigu sepanjang sarang mereka, yang biasanya membentuk garis atau lingkaran. Metode ini terkenal ampuh karena hewan kecil tersebut tidak dapat menembus atau melewati batas tepung yang telah ditebarkan.

Lemon

Jika ingin mengusir semut dengan cara yang menarik, coba gunakan aroma segar dan asam dari buah lemon. Dengan menyiapkan jus lemon dalam botol semprot, semprotkan di celah pintu, jendela, dan area berlubang yang sering dijadikan persembunyian semut. Agar semut semakin tidak betah dan pergi dari rumah, hancurkan kulit lemon menjadi irisan kecil dan sebarkan di sekitar area rumah.

Lada

Buat semut tidak berani mendekati area tertentu dengan menggunakan lada hitam bubuk atau cabai bubuk. Rasa panas dan pedas yang dihasilkan akan membuat semut enggan naik ke permukaan. Pastikan untuk menaburkan lada bubuk pada area yang sering dilalui semut agar mereka terusir.

Garam

Teras rumah yang ditaburi garam akan mengganggu akses keluar masuk semut. Jika garam juga masuk ke sarang semut, mereka akan kesulitan bertahan hidup. Menggunakan garam secara luas di area teras rumah dapat menjadi cara menarik untuk mengusir semut dan mengurangi populasi mereka.

Bubuk Kopi

Tahukah Anda bahwa bubuk kopi dapat menjadi senjata rahasia dalam menghadapi serangan semut di rumah? Dengan menempatkan bubuk kopi di area sarang semut, Anda dapat memaksa mereka untuk meninggalkan sarang lama dan mencari tempat baru. Jumlah semut yang berlebihan bisa sangat mengganggu, bahkan hingga menggigit Anda dan mengganggu makanan di rumah. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan rumah secara rutin agar tidak menjadi sasaran semut yang mengganggu.

Cuka Putih

Coba Anda bayangkan, bagaimana jika ada cara yang praktis dan efektif untuk mengusir semut dari rumah? Nah, cuka putih adalah jawabannya! Anda hanya perlu mencampurkan cuka putih dengan air dalam perbandingan 1 banding 1, lalu tempatkan campuran tersebut di area yang sering didatangi semut. Dengan trik sederhana ini, semut akan pergi dengan mudah dari rumah Anda.

Kayu Manis

Selain memberikan aroma harum yang menggugah selera, kayu manis juga ternyata dapat menjadi musuh bagi semut. Jika Anda ingin mengusir semut yang mengganggu, cukup letakkan kayu manis di area yang kerap dihuni oleh semut. Mereka akan segera pergi menjauh dengan sendirinya, takut akan aroma kayu manis yang mereka benci.

Asam Borat

Jika Anda sedang mencari cara yang sangat efektif untuk membasmi semut di rumah, tidak ada yang lebih ampuh daripada menggunakan asam borat. Namun, perlu diingat bahwa asam borat adalah bahan kimia, jadi pastikan untuk membelinya di toko bahan kimia yang terpercaya. Selain itu, hindari kontak dengan hewan peliharaan dan pastikan anak-anak kecil tidak dapat mengaksesnya.

Baca Juga: Beberapa Tips Untuk Wanita! 6 Cara Menjaga Tubuh Tetap Sexy dan Langsing

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda