Tips Ampuh Membedakan Kurma Asli dan Palsu: Wajib Tahu Sebelum Membeli!

Tips Ampuh Membedakan Kurma Asli dan Palsu: Wajib Tahu Sebelum Membeli!

Saat bulan suci Ramadhan tiba, kurma menjadi makanan yang wajib dikonsumsi. Namun, perlu diwaspadai ulah oknum yang kerap memanfaatkan situasi ini dengan menjual kurma palsu yang justru membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk membedakan kurma asli dan palsu sebelum mengkonsumsinya.

Buah kurma diperoleh dari pohon kurma (Phoenix dactylifera) dan biasanya berbentuk bulat atau oval dengan kulit yang halus dan mengilap. Kulitnya dapat berwarna kuning, merah, atau coklat, tergantung pada varietasnya. Daging buahnya terasa manis dan kenyal dengan biji-biji kecil di dalamnya.

Baca Juga: Pentingnya Mempelajari Keterampilan Baru Untuk Karir di Masa Depan Beserta Langkah Langkahnya

Kurma juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Konsumsi buah kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membantu pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan kanker.

Baca Juga: Tips Mudik Lebaran Terbaru untuk Perjalanan yang Aman dan Nyaman

Namun, agar tidak tertipu dengan kurma palsu, ada beberapa ciri-ciri yang dapat membedakan kurma asli dan palsu. Dalam ulasan ini, akan dijelaskan secara detail cara membedakan keduanya.

Lalu, bagaimana cara mengenali kurma palsu tersebut? Berikut ini adalah 7 ciri-ciri kurma palsu yang perlu Anda ketahui:

1. Tidak Memiliki Biji

Salah satu ciri utama kurma palsu adalah ketiadaan biji karena terbuat dari bahan atau buah yang berbeda dengan kurma. Meski begitu, tidak semua kurma asli memiliki biji, sehingga biji bukanlah satu-satunya penanda kurma palsu. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih kurma utuh yang masih memiliki biji untuk memastikan keaslian dan kualitasnya. Mari kenali lebih jauh tentang kurma asli agar bisa menikmati buah yang enak dan bergizi!

2. Tidak Berserabut

Menarik untuk diketahui bahwa kurma asli memiliki serabut dalam dagingnya. Oleh karena itu, kurma yang dibuat dari bahan lain tidak akan memiliki serabut sebanyak kurma asli. Anda dapat dengan mudah membedakan kurma palsu dari kurma asli dengan melihat tekstur dagingnya, karena kurma palsu akan terlihat lembek dan lembut. Apabila Anda ingin memastikan keaslian kurma yang dikonsumsi, sebaiknya memilih untuk membeli kurma asli dengan serabut yang jelas terlihat pada dagingnya.

3. Dikerubungi Semut

Kurma asli memiliki sifat unik yang menarik, yaitu sulit untuk diserbu semut karena kulitnya tidak mengandung gula yang manis. Sebaliknya, gula hanya terdapat di daging kurma yang dilindungi oleh kulitnya, sehingga semut tidak tertarik untuk mendekatinya. Namun, jika Anda menemukan kurma dengan rasa manis yang lebih kuat di kulitnya, perlu mewaspadai kemungkinan bahwa kurma tersebut palsu atau dicampur dengan gula tambahan yang berlebihan

4. Ukuran yang Tidak Konsisten

Kurma asli memiliki ciri khas ukuran yang relatif konsisten dan seragam, yang bergantung pada jenisnya. Jika Anda menemukan kurma sejenis dengan ukuran yang sangat berbeda-beda, kemungkinan besar itu adalah kurma palsu yang sebaiknya dihindari.

5. Rasa yang Aneh

Kurma yang asli biasanya memiliki rasa manis khas kurma dan sedikit rasa seperti karamel. Jika kurma terasa aneh atau tidak ada rasa manis, kemungkinan besar itu adalah kurma palsu.

6. Harga yang Terlalu Murah

Bagi pecinta kurma, pasti sudah tidak asing lagi dengan fakta bahwa kurma asli memiliki kualitas yang tinggi dan harganya pun relatif mahal. Namun tahukah Anda, bahwa proses produksi kurma yang memakan waktu juga berkontribusi pada harganya yang tinggi tersebut. Sebaliknya, jika Anda menemukan kurma dengan harga yang terlalu murah, maka patut untuk diwaspadai karena kemungkinan besar itu adalah kurma palsu.

7. Tidak Ada Label Halal

Kurma asli selalu memiliki label halal sebagai tanda bahwa kurma tersebut diproses sesuai standar kesehatan dan memenuhi syarat kehalalan makanan dalam Islam. Namun, kita harus berhati-hati saat membeli kurma yang tidak memiliki label, karena hal itu bisa menandakan bahwa kurma tersebut palsu atau berkualitas rendah. Mari belajar lebih lanjut tentang pentingnya memilih kurma yang berkualitas dan halal.

Bahaya Kurma Palsu

Mengonsumsi produk kurma palsu bisa membawa risiko kesehatan yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Tak Perlu ke Dokter, Coba 6 Cara Ini untuk Mengobati Diare di Rumah

Beberapa bahaya dari konsumsi produk kurma palsu antara lain:

1. Kandungan Gula yang Berlebihan

Menarik untuk diketahui bahwa beberapa produsen kerap menambahkan gula ekstra pada kurma palsu guna memperkuat rasa manisnya. Namun, konsumsi gula yang berlebihan dapat membawa risiko kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

2. Kandungan Zat Berbahaya

Mungkin Anda pernah tidak menyadari bahwa beberapa kurma palsu mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti pewarna dan pengawet sintetis yang bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

3. Gangguan Pencernaan

Mengonsumsi kurma palsu yang mengandung bahan kimia berbahaya bisa berakibat fatal pada kesehatan pencernaan, seperti mual, diare, dan sakit perut.

4. Alergi

Bagi beberapa orang, konsumsi kurma palsu yang mengandung bahan kimia atau bahan-bahan tak dikenal dapat memicu reaksi alergi yang tak diinginkan. Untuk menghindari hal tersebut, penting sekali bagi kita untuk memastikan keaslian produk sebelum membeli dan memakan kurma.

Baca Juga: Tips Membeli Hp Smartphone Baru

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda