Cara Melepas Stiker dan Menghilangkan Bekasnya di Motor

Cara Melepas Stiker dan Menghilangkan Bekasnya di Motor

Salah satu hal yang menarik tentang menggunakan stiker untuk menghias sepeda motor Anda adalah keleluasaan untuk menggantinya kapan saja dengan usaha yang sedikit, tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Nah, jika Anda berencana untuk mengganti stiker lama dengan yang baru, penting untuk melakukan proses pelepasan dengan aman. Berikut adalah 5 langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk melepas stiker lama dengan aman sebelum memasang stiker yang baru.

Alat/Item yang Anda perlukan:
  • Pelumas multiguna seperti WD-40
  • Pistol panas atau pengering rambut
  • Scraper plastik atau kartu kredit lama/kartu ID
  • Lap atau kain kering
  • Sedikit kesabaran
  • Lilin (opsional)

Baca Juga: Cara Mudah Menghemat Air di Rumah

1. Mengendorkan Stiker dengan Pelumas yang Tepat

Setelah berlalu beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun, stiker yang Anda gunakan mungkin akan menjadi sulit untuk dilepaskan, terutama jika perekatnya sangat kuat. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan cara yang mudah dan efektif untuk mengendorkan stiker dengan cara menyemprotkan dan meratakan pelumas multiguna, seperti larutan WD-40 dengan hati-hati. Kemudian, biarkan pelumas meresap ke dalam stiker selama beberapa menit. Setelah itu, cobalah untuk melepaskan stiker yang sudah basah kuyup, kemungkinan besar stiker tersebut akan lepas dengan mudah. Namun, jika stiker masih sulit untuk dilepaskan, Anda bisa mencoba tahap kedua.

2. Menghangatkan Stiker

Untuk menghangatkan stiker, Anda dapat menggunakan pistol panas atau pengering rambut. Namun, perlu diingat bahwa keduanya dapat menjadi sangat panas jika terlalu dekat atau terlalu lama di tempat yang sama. Oleh karena itu, sebaiknya dilakukan secara bertahap dan dengan hati-hati selama beberapa detik pada suatu waktu. Hangatkan stiker agar perekatnya meleleh dan mudah dilepas. Namun, Anda harus berhati-hati saat menghangatkan bagian yang mudah rusak karena suhu yang tinggi. Pastikan untuk tidak menggunakan api atau menempatkan stiker terlalu dekat dengan benda panas karena dapat membahayakan keselamatan Anda dan merusak sepeda Anda.

Baca Juga: 7 Cara Memenangkan Giveaway dan Mendapatkan Hadiah di Instagram

3. Mulai Membuka Stiker

Setelah bahan perekat mencair, Anda akan menemukan sudut-sudut pada stiker menjadi lebih mudah untuk dibuka. Gunakan kuku atau benda yang tumpul serta permukaannya rata, seperti kartu kredit lama, agar sepeda motor Anda tidak rusak saat membuka stiker dengan hati-hati. Angkat perlahan-lahan tepi stiker dengan hati-hati dan buka secara perlahan dari tepi. Jika stiker masih menempel dan lengket di tengah jalan, ulangi langkah memanaskan stiker. Tetap diingat, hindari menggunakan benda tajam atau keras yang bisa merusak sepeda motor saat membuka stiker.

Baca Juga: Cara Membuat Rambut Menjadi Tebal secara Alami: Panduan Lengkap

4. Penggunaan Pelumas Tambahan

Setelah selesai mengupas stiker, pastinya akan ada sisa-sisa perekat yang menempel. Oleh karena itu, gunakan pelumas yang sama seperti saat merendam stiker dan aplikasikan pada sisa-sisa tersebut. Kemudian, gosok secara perlahan menggunakan kain. Di sini, dibutuhkan kesabaran yang tinggi karena seluruh usaha Anda akan terbayar dengan hasil yang memuaskan. Jika sisa-sisa tersebut masih belum mau lepas, Anda bisa mencoba menggunakan penghapus cat kuku apapun yang akan bekerja seperti magis.

Baca Juga: Beberapa Tips Untuk Wanita! 6 Cara Menjaga Tubuh Tetap Sexy dan Langsing

5. Memberikan Sedikit Lilin untuk Pemakaian Tambahan (Opsional)

Terkadang, ketika kita melepas stiker baru pada sepeda motor, permukaannya terlihat tidak rata. Oleh karena itu, di tahap ini, kami merekomendasikan untuk memberikan lilin pada permukaan tersebut agar terlihat lebih serasi dengan sepeda motor lainnya dan memberikan efek kilau yang lebih maksimal. Anda juga dapat memberikan lilin pada seluruh permukaan sepeda motor untuk memperindah tampilannya. Jadi, mengapa tidak mencoba langkah ini?

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda