10 Tips Ampuh untuk Memanjangkan dan Memperkuat Rambut dengan Cepat

10 Tips Ampuh untuk Memanjangkan dan Memperkuat Rambut dengan Cepat

Rambut biasanya tumbuh sekitar dua sentimeter per bulan atau sekitar 15 sentimeter dalam setahun. Namun, kerusakan rambut dapat menghambat pertumbuhannya. Jika rambut Anda kering, terpapar panas, atau rusak karena menyisir dan aktivitas sehari-hari, pertumbuhannya akan terhambat.

Menurut seorang Trichologist bernama Anabel Kingsley, gaya hidup Anda dapat mempengaruhi panjang rambut Anda. "Secara umum, apa pun yang memengaruhi kesehatan Anda juga berpotensi memengaruhi rambut Anda, termasuk stres dan pola makan yang buruk," katanya.

Oleh karena itu, langkah pertama untuk mendorong pertumbuhan rambut yang lebih panjang adalah memastikan bahwa Anda dan rambut Anda sehat. Ini berarti mengutamakan gaya hidup yang sehat dan merawat rambut Anda dengan baik, baik dari luar maupun dalam.

Baca Juga: 10 Metode Alami Menghilangkan Dahak untuk Tenggorokan yang Nyaman

Berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan rambut yang lebih panjang, lebih kuat, dan lebih cepat tumbuh.

Potong Rambut dengan Teratur untuk Rambut Lebih Sehat dan Lebih Tebal

Penata rambut terkenal, Michael Van Clarke, menjelaskan bahwa memotong rambut secara teratur tidak akan mempercepat pertumbuhannya. Namun, kebiasaan ini dapat membantu menjaga kualitas rambut, mencegah kerusakan yang serius, dan memberikan tampilan yang lebih tebal pada ujung rambut.

Temui Ahli untuk Perawatan Rambut Khusus

Apabila rambut Anda mengalami kerontokan atau menipis karena kerusakan yang parah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan ahli trikologi atau dokter umum. Setelah mengecualikan kemungkinan adanya kondisi medis, mereka kemungkinan akan menyarankan Anda untuk memeriksa ulang rutinitas perawatan rambut saat ini dan mungkin mempertimbangkan penggunaan suplemen penumbuh rambut.

Baca Juga: Cara Agar Channel Youtube Banyak yang Subscribe (Berlangganan) di Tahun 2023

Seperti yang diungkapkan oleh Kingsley, rambut tumbuh dengan baik jika kulit kepala dalam keadaan sehat. Mirip dengan wajah Anda, kulit kepala Anda juga membutuhkan perawatan rutin. "Lakukan keramas secara teratur untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan gunakan produk pengelupas kulit kepala sekali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati," kata Kingsley.

Perawatan Rambut Ekstra

Menerapkan perawatan rambut ekstra seperti minyak rambut adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh wanita di Asia Selatan. Caranya adalah dengan memijat lembut kulit kepala dan rambut menggunakan minyak yang kaya nutrisi, agar akar rambut terstimulasi dan folikel rambut menjadi lebih kuat. Disarankan untuk menggunakan minyak rambut ini satu atau dua kali dalam seminggu, dan biarkan minyak tersebut menyerap pada rambut selama satu hari atau semalam sebelum dicuci dengan sampo dan kondisioner.

Perawatan dengan Masker Rambut

Masker rambut juga dapat membantu mengurangi kerusakan rambut dengan cara memperkuatnya, mencegah ujung rambut dari kerusakan, serta memberikan kilau yang terlihat sehat. Anda dapat menggunakan masker rambut yang tersedia secara bebas dan sesuaikan dengan kebutuhan rambut Anda.

Menjaga keseimbangan nutrisi

Kingsley menjelaskan bahwa kesehatan rambut kita sejalan dengan kesehatan tubuh secara umum. Dengan menjalani diet yang sehat, kita dapat mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya satu porsi protein seukuran telapak tangan, seperti ikan, telur, atau kacang-kacangan, pada saat sarapan dan makan siang. Di sisi lain, perlu dihindari diet yang terlalu ketat karena dapat menghilangkan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh rambut.

Suplemen untuk rambut

Terkadang, meskipun menjalani diet seimbang, rambut kita dapat kekurangan nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan yang maksimal. Hal ini dikarenakan rambut dianggap sebagai "jaringan non-esensial" yang mendapat prioritas terakhir dalam pemberian nutrisi. Oleh karena itu, penggunaan suplemen khusus untuk rambut dapat memberikan bantuan yang diperlukan.

Mengelola stres

Saat ini, perhatikan tingkat stres dan kecemasan yang Anda alami. "Stres bisa berdampak buruk pada pertumbuhan rambut Anda," kata Kingsley. Anda bisa mengelola stres dengan melakukan yoga, meditasi, pilates, fokus, berenang, dan olahraga ringan hingga sedang.

Sisir rambut terbaik

Menyisir rambut Anda secara menyeluruh akan merangsang kulit kepala dan membantu pertumbuhan rambut. Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak melukai folikel rambut, yang bisa menyebabkan kerontokan dan kerusakan yang tidak perlu. Pilihlah sisir yang lembut. "Cari sisir dengan cabang plastik bulat dan alas berventilasi serta empuk," saran Kingsley. Selalu sisir dari ujung rambut dan gerakkan perlahan ke atas agar rambut Anda tidak tersangkut.

Ubah gaya mengikat rambut dengan scrunchies

Anda bisa mencoba mengganti cara Anda mengikat rambut dengan menggunakan scrunchies untuk mendapatkan rambut yang lebih panjang dan lebih kuat. Ikat rambut biasa dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan menghambat pertumbuhannya hingga mencapai panjang yang diinginkan. Namun, dengan menggunakan scrunchies sutra, Anda dapat mencegah kerusakan dan kerusakan pada rambut yang sering terjadi akibat ikatan rambut konvensional.

Lindungi rambut Anda dengan alat styling yang aman

Jika Anda sering menggunakan alat-alat penata rambut, panas yang dihasilkan dapat merusak rambut Anda dan menghambat pertumbuhannya. Untuk menjaga kesehatan rambut Anda, disarankan untuk memberikan istirahat pada rambut Anda. Namun, jika Anda tetap memerlukan penggunaan alat penata rambut, selalu gunakan semprotan pelindung panas dan pilih pengering rambut yang dirancang khusus untuk mengurangi kerusakan. Pastikan jarak antara perangkat dan rambut minimal dua sentimeter, dan berhenti menggunakan alat tersebut sebelum rambut sepenuhnya kering. Mengaplikasikan panas pada rambut yang sudah kering akan menghilangkan kelembapan penting di dalam batang rambut Anda, seperti yang dijelaskan oleh Kingsley.

Baca Juga: Merk dan Tipe Mobil yang Masih Layak Dibeli di Tahun 2022

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda