Tanda-tanda yang Tak Boleh Diabaikan: 6 Indikasi Kucing Betina Sedang Berahi

Tanda-tanda yang Tak Boleh Diabaikan: 6 Indikasi Kucing Betina Sedang Berahi

Saat memasuki masa berahi, kucing betina akan mengalami perubahan perilaku yang menarik perhatian.

Mereka akan menunjukkan lebih banyak kasih sayang dan memberikan tanda-tanda bahwa mereka siap untuk kawin. Kucing peliharaan Anda sedang mencari pasangan, entah siap atau tidak.

Perubahan hormonal yang terjadi saat berahi, juga dikenal sebagai estrus, dapat mempengaruhi perilaku kucing dengan kuat.

Meskipun setiap kucing betina dapat menunjukkan tanda-tanda dalam tingkat yang berbeda, siklus berahi umumnya mempengaruhi semua kucing betina.

Baca Juga: Tidak Perlu ke Gym, 5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Pria di Rumah Setiap Hari

Karena berahi terjadi beberapa kali setahun dan berlangsung selama tujuh hingga 10 hari, perilaku terkait dengan siklus ini dapat terlihat agak berlebihan.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda kucing betina yang sedang berahi.

Peningkatan kasih sayang

Salah satu perilaku awal yang dapat diperhatikan adalah kucing tiba-tiba menjadi sangat perhatian.

Baca Juga: Perhatikan 8 Tanda Kuku Tidak Sehat, Mulai dari Mengelupas hingga Berubah Warna

Kucing akan mendekat ke arah Anda, melingkari pergelangan kaki, dan menggosok-gosokkan tubuhnya dengan keras untuk memperoleh perhatian.

Ini merupakan salah satu tanda kucing betina sedang dalam masa birahi yang halus dan sering terjadi sebelum gejala lainnya.

Namun, setelah mengamati kucing peliharaan berperilaku seperti ini beberapa kali, Anda akan dapat mengetahui apa yang sedang terjadi.

Interaksi dengan perabotan

Selain bersentuhan dengan Anda, kucing peliharaan akan berinteraksi dengan perabotan atau furnitur dengan menggosok-gosokkan tubuhnya, terutama dengan bagian belakangnya.

Tujuannya adalah meninggalkan aroma untuk menarik perhatian kucing jantan yang cocok untuk berkembang biak.

Baca Juga: Nikmati 5 Manfaat Pisang yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh!

Tindakan ini kadang-kadang merupakan tanda untuk menandai perilaku, jadi sebaiknya bersiaplah menghadapi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Panggilan kawin kucing

Kucing betina yang sedang dalam masa kawin akan memancarkan suara yang keras dan mengganggu dengan frekuensi yang tinggi. Kucing peliharaan akan terus menerus mengeluarkan raungan hingga larut malam dalam upaya mencari pasangan. Bahkan setelah berhasil kawin, kucing betina ini akan terus memanggil hingga birahinya mereda.

Sikap berahi

Ketika kucing betina sedang berahi, teman sejatinya akan menunjukkan sikap kawin yang menarik, yaitu dengan menundukkan kepalanya dan menekuk kaki depannya, serta mengangkat bagian belakang dan ekornya.

Dengan posisi ini, vulva kucing betina dapat dijangkau oleh kucing jantan yang ingin kawin.

Menyemprotkan air seni

Dalam situasi yang paling parah, beberapa kucing betina yang sedang berahi dapat menyemprotkan air seni dengan bau yang tajam di dalam rumah. Tindakan ini bertujuan untuk mengkomunikasikan hasratnya kepada kucing jantan yang lewat. Perilaku ini dapat menimbulkan frustrasi karena kucing yang sebelumnya ramah dan mudah beradaptasi tiba-tiba menyemprotkan air seni di tempat yang tidak terduga saat memasuki musim berahi.

Baca Juga: Mengungkap Fakta Menarik: 10 Negara dengan IQ Penduduk Tertinggi di Dunia

Jangan marahi kucing jika dia melakukan hal ini. Ini bukan kesalahan kucing yang sedang berahi, kecuali jika Anda berencana untuk mengkastrokannya. Mengkastro atau memandulkan kucing dapat menghentikannya dari tindakan menandai wilayah dan melindungi perabotan serta rumah Anda.

Buang air besar yang tak lazim

Terakhir, salah satu tanda keinginan kawin pada kucing betina adalah perubahan perilaku buang air besar yang menyebabkan mereka buang air besar di luar kotak pasirnya.

Dapat diibaratkan sebagai sinyal tambahan yang diberikan kucing betina kepada pejantan yang tertarik dan berharap bisa menarik perhatiannya melalui aroma yang ditandai.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda