5 Ciri Kucing Hamil yang Jarang Diketahui dan Cara Merawatnya

5 Ciri Kucing Hamil yang Jarang Diketahui dan Cara Merawatnya

Kehadiran kucing dalam kehidupan kita begitu dekat. Tak jarang mereka menjadi teman yang akrab karena kelucuan dan kebaikan sikapnya. Sebagai makhluk hidup, kucing sering kali mengalami proses reproduksi. Masa kehamilan kucing berlangsung sekitar 65 hari atau sekitar 2 bulan sebelum mereka melahirkan.

Namun, tidak mudah untuk mengetahui apakah kucing betina sedang hamil atau tidak, karena perubahan pada perutnya baru terlihat setelah 30 hari dari proses perkawinan. Oleh karena itu, bagi para pemilik kucing, penting untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan dan cara merawat kucing saat sedang hamil. Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda ketahui!

1. Muntah-muntah

Seperti halnya manusia, kucing juga mengalami fenomena yang menarik saat sedang mengandung. Tahap mual-mual ini umumnya terjadi pada awal kehamilan dan disebabkan oleh perubahan hormon di dalam rahim kucing. Dampaknya, kucing juga terlihat kurang bersemangat dan kehilangan nafsu makan.

2. Puting membesar dan berwarna gelap

Selain memperbesar perutnya, kucing juga akan mengalami perubahan pada putingnya. Bagian ini akan mengalami pembesaran selama 2 hingga 3 minggu sejak awal kehamilan, menandakan bahwa kucing tersebut akan segera melahirkan.

Baca Juga: 15 Jurusan Kuliah IPA Berdasarkan Banyak Peminatnya

Tidak hanya itu, puting kucing juga akan mengalami perubahan warna menjadi merah muda gelap yang mencolok. Hal ini membuatnya lebih mencolok dibandingkan dengan warna pucat pada perutnya.

3. Berat badan bertambah

Membesar dan bertambah berat badan perut kucing adalah hal yang menarik untuk disimak. Meskipun awalnya kucing mengalami penurunan nafsu makan saat muntah-muntah, setelah melewati fase tersebut, kucing menjadi sangat rakus. Alasannya adalah karena kucing membutuhkan lebih banyak energi untuk dirinya sendiri dan untuk merawat anak yang ada di dalam kandungannya. Sebagai akibatnya, kucing membutuhkan 1,5 kali lebih banyak makanan dari sebelumnya.

4. Manja

Terdapat perubahan perilaku yang menarik pada beberapa kucing ketika sedang hamil. Meskipun ada yang menjadi lebih penyayang terhadap majikannya, tak sedikit pula yang terlihat lebih tertutup. Hal ini merupakan hal yang biasa, maka sebagai pemilik kucing, penting bagi Anda untuk sensitif terhadap keadaan kucing Anda dan terus memantau kondisinya.

5. Mencari tempat melahirkan

Pada fase akhirnya, terutama menjelang saat persalinan, kucing akan sering menjelajahi rumah dan mencari tempat yang cocok untuk melahirkan. Lazimnya, mereka akan memilih lokasi yang terpencil dan gelap.

Tindakan ini dilakukan dengan tujuan agar tidak ada gangguan atau pengawasan saat proses kelahiran berlangsung. Anda dapat menyiapkan alas yang nyaman untuk kucing tersebut.

Cara merawat kucing yang sedang hamil

Baca Juga: Sering Sakit Pinggang? Cek Penyebab dan Cara Mencegahnya

Setelah kita mengetahui tanda-tanda kucing yang sedang mengandung, berikut ini terdapat beberapa panduan yang perlu Anda terapkan dalam merawat kucing hamil.

1. Perhatikan nutrisinya

Tidak berbeda jauh dengan manusia, kucing pun membutuhkan asupan nutrisi tambahan saat sedang mengandung untuk menjaga kesehatan janinnya. Penting untuk memastikan bahwa kesehatan janinnya tetap optimal dan kebutuhan makan kucing terpenuhi dengan baik selama masa kehamilan yang penuh nafsu makan yang tinggi.

Baca Juga: 6 Jenis Sepatu yang Harus Dimiliki Setiap Perempuan

2. Pisahkan dari kucing lain

Jika di rumah Anda terdapat kucing lain sebagai peliharaan, disarankan untuk memisahkan mereka terlebih dahulu. Mengapa demikian? Hal ini bertujuan agar tidak terjadi situasi yang tidak diharapkan, karena kucing yang sedang hamil cenderung lebih sensitif dan memiliki perilaku yang lebih agresif dari biasanya.

3. Mandikan kucing

Salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan kucing hamil adalah dengan rutin memberikan mandi kepada kucing. Tindakan ini sangatlah penting untuk mencegah penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan janin yang dikandung oleh kucing tersebut. Selain itu, dengan melakukan hal ini secara teratur, kucing juga akan terhindar dari serangan kutu yang bisa membahayakan kesehatannya.

4. Perhatikan kondisi kesehatan kucing

Seperti halnya manusia, perhatian yang sungguh-sungguh terhadap kesehatan kucing hamil sangat penting. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan yang tidak diharapkan terjadi. Kucing seringkali mengalami penurunan nafsu makan, tampak tegang, dan mengalami keputihan yang dapat membahayakan kesehatan kehamilannya. Oleh karena itu, perlu memiliki kepekaan terhadap berbagai masalah yang mungkin timbul pada kucing ini.

Baca Juga: 5 Aplikasi Browser Android Dengan Fitur VPN Bawaan Terbaik untuk Mengakses Situs Terblokir

5. Tahu waktu kelahiran kucing

Saat kucing Anda akan melahirkan, ada beberapa tanda yang menarik perhatian untuk Anda perhatikan. Anda akan melihatnya terengah-engah, mengunjungi tempat kelahiran, dan menggaruk bagian tubuh pentingnya. Kucing memang memiliki kemampuan untuk melahirkan tanpa bantuan manusia. Namun, jika terdapat masalah serius, Anda dapat memberikan bantuan yang diperlukan.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda