Rahasia Kesehatan: 5 Minuman Terbaik untuk Diet dan Perlambat Penuaan

Rahasia Kesehatan: 5 Minuman Terbaik untuk Diet dan Perlambat Penuaan

Bertambahnya usia dapat membawa perubahan pada penampilan kita, seperti penambahan berat badan atau proses penuaan. Namun, ada cara untuk mengurangi jumlah keriput dan lemak tubuh dengan menjaga pola makan yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu seperti camilan bergula, makanan yang digoreng, dipanggang, atau dibakar dapat mempercepat penuaan dan merusak kulit. Selain itu, konsumsi makanan seperti roti putih, minuman manis, karbohidrat olahan, dan lemak jenuh dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut.

Meski demikian, kita masih dapat menikmati makanan yang kita sukai dengan seimbang. Ada beberapa minuman yang dapat membantu membakar lemak perut dan memperlambat penuaan. Minuman-minuman ini mengandung nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu melawan penuaan dan meningkatkan penurunan berat badan serta menjaga hidrasi tubuh karena rendah gula dan kalori.

Berikut adalah daftar minuman terbaik untuk membantu proses diet dan memperlambat penuaan:

1. Air putih

Katie Tomaschko, MS, RDN, seorang ahli gizi di Sporting Smiles, mengungkapkan bahwa air memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh kita. Selain memberikan hidrasi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, air juga dapat membantu mendukung metabolisme yang sehat dan memperlambat efek penuaan seperti gangguan kognitif dan penurunan integritas kulit.

Hasil penelitian dari Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology menunjukkan bahwa minum banyak air dan tetap terhidrasi dapat menjaga kulit tetap sehat dan terlihat lebih muda. Oleh karena itu, menjaga hidrasi tubuh dengan minum banyak air adalah salah satu cara untuk mempertahankan gaya hidup sehat dan manajemen berat badan.

2. Kombucha

Anda ingin membakar kalori dan mencegah tanda-tanda penuaan? Cobalah minuman yang satu ini: Kombucha! Ternyata, rahasia keberhasilan Kombucha terletak pada fermentasinya. Dalam fermentasi ini, tercipta probiotik atau bakteri baik yang akan membantu menjaga kesehatan mikrobioma usus dan membantu menjaga berat badan dan penuaan yang sehat.

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa mikrobioma usus yang sehat dan beragam dapat membantu menurunkan lemak visceral atau lemak di sekitar organ perut. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua kombucha sama. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jenis kombucha yang tepat untuk Anda.

Baca Juga: 10 Pilihan Hadiah Pernikahan yang Berguna dan Praktis di Tahun 2023

3. Kopi hitam

Apabila Anda biasa memulai hari dengan secangkir kopi hitam yang panas, ternyata minuman ini dapat membantu mengurangi lemak di perut serta menjaga kulit agar tetap terlihat muda. Ahli gizi, Dana Ellis Hunnes, PhD, MPH, RD, menyatakan bahwa kopi hitam adalah minuman yang bebas kalori dan kaya akan antioksidan, antiinflamasi, serta zat yang dapat menghidrasi tubuh. Selain dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, antioksidan dan antiinflamasi juga membantu menjaga kulit tetap kenyal dan terhidrasi.

Sebuah penelitian besar di Jepang juga menemukan bahwa konsumsi kopi setiap hari dapat berhubungan dengan penurunan lemak di perut. Jika Anda kurang suka dengan penyajian kopi hitam, pastikan untuk memperhatikan jumlah gula yang ditambahkan ke dalam setiap cangkir. Sebuah penelitian yang diterbitkan di European Journal of Preventive Cardiology menemukan bahwa semakin banyak gula yang ditambahkan, maka semakin banyak lemak di perut yang akan terbentuk.

Baca Juga: Waktu Berolahraga yang Sesuai Dengan Kebutuhan Badan

4. Teh hijau

Walaupun kopi hitam memang terdengar menggoda, namun ternyata banyak orang memilih teh hijau sebagai pengganti secangkir kopi di pagi hari, terutama bagi mereka yang ingin membakar lemak di perut. Tidak hanya itu, teh hijau juga memiliki manfaat yang serupa dengan kopi hitam.

Menurut Hunnes, ahli gizi, teh hijau mengandung antioksidan yang dapat menghentikan peradangan dan memastikan tubuh tetap terhidrasi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Research and Public Health bahkan menemukan bahwa konsumsi teh hijau yang tinggi dapat menurunkan risiko obesitas perut.

Baca Juga: 11 Strategi Jitu Menabung agar Bisa Beli Rumah Impian

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa partisipan yang rutin minum teh hijau selama dua belas minggu memiliki lebih sedikit lemak visceral dibandingkan mereka yang tidak minum teh hijau. Selain itu, sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa polifenol yang terkandung dalam teh hijau dapat memiliki efek anti-penuaan pada kulit.

Oleh karena itu, kombinasi manfaat teh hijau ini dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah timbulnya garis-garis penuaan, keriput, serta lemak perut. Meskipun penelitian tentang teh hijau dan penuaan kulit masih terbatas pada hewan, namun manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh telah terbukti dari banyak penelitian pada manusia.

5. Teh hitam

Hunnes, seorang ahli gizi terkemuka, merekomendasikan teh hitam sebagai minuman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Bahkan, ia menempatkannya setara dengan teh hijau dalam membakar lemak perut dan memperlambat penuaan. Ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam teh hitam yang dapat membantu melawan peradangan dan keriput serta menurunkan berat badan.

Sebuah laporan di Molecules bahkan menunjukkan bahwa teh hitam mengandung polifenol yang dapat membantu mengatur berat badan dan mengurangi risiko obesitas. Selain itu, teh hitam juga bermanfaat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi saat kita merasa kekurangan cairan dan ingin menjaga kesehatan tubuh kita.

Oleh karena itu, minuman ini patut dicoba sebagai pilihan sehat dalam rutinitas minum kita sehari-hari.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda