10 Alasan Kacang Mete dapat Membantu Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

10 Alasan Kacang Mete dapat Membantu Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

Ketika berbicara tentang kacang mete, rasanya yang kaya dan teksturnya yang lembut seperti mentega memang sudah menjadi hal yang sangat terkenal. Namun, tahukah Anda bahwa kacang mete memiliki banyak manfaat yang tak boleh dilewatkan begitu saja? Menurut informasi dari Eat This Not That, ada sepuluh manfaat luar biasa yang dapat diperoleh dari mengonsumsi kacang mete. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat yang dimaksud dan memasukkan camilan yang satu ini ke dalam menu harian Anda.

Menjaga Kesehatan Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang mete memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Sejumput kacang mete, seberat satu ons, mengandung 10% dari jumlah zat besi harian yang disarankan. Menurut Pakar Nutrisi dan penulis buku Up Your Veggies: Flexitarian Recipes for the Whole Family, Toby Amidor, MS, RD, CDN, FAND, kandungan zat besi ini sangat bermanfaat dalam mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Antioksidan polifenol dan karotenoid yang tinggi dalam kacang mete sangat bermanfaat dalam mengurangi peradangan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kacang mete panggang, Anda dapat memperoleh manfaat ini secara maksimal. Dikutip dari Teknisi Diet dan Nutrisi Bersertifikat Sarah Garone, kandungan antioksidan yang lebih tinggi dalam kacang mete panggang dapat membantu mengurangi risiko terjadinya beberapa penyakit kronis.

Kesehatan tulang akan semakin terjaga

Baca Juga: Tidak Perlu ke Gym, 5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Pria di Rumah Setiap Hari

Satu ons kacang mete mengandung delapan persen dari jumlah vitamin K harian yang direkomendasikan oleh ahli nutrisi, sehingga dapat membantu melindungi dan menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat.

Sel tubuh akan terlindungi dari kerusakan

Kandungan antioksidan dalam kacang mete mampu menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan dalam tubuh. Hal ini akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan mengurangi peradangan secara keseluruhan.

Baca Juga: Makanan Lezat untuk Meningkatkan Stamina Seksual: 5 Pilihan Makanan yang Harus Dicoba oleh Pria

Penglihatan akan lebih sehat

Ternyata, kacang mete mengandung antioksidan bernama utein dan zeaxanthi yang sangat penting bagi kesehatan mata dan dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari polifenol dan karotenoid yang terkandung dalam kacang mete juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Baca Juga: Mengenal 10 Jenis Diet Efektif untuk Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Kandungan vitamin E dan magnesium dalam kacang mete memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan otak. Menurut Trista Best, MPH, RD, LD, seorang ahli diet bersertifikat di Balance One Supplements, vitamin E berfungsi untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif serta mengurangi risiko penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer. Sedangkan magnesium dapat meningkatkan fungsi otak, membantu meningkatkan suasana hati, serta mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Menurunkan Berat Badan

Studi yang diterbitkan di Nutrients pada tahun 2017 menemukan bahwa konsumsi kacang secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Kandungan protein, serat, dan lemak yang kuat dalam kacang mete membuatnya sangat mengenyangkan sehingga mampu mendorong penurunan berat badan. Selain itu, kacang mete memiliki lebih sedikit lemak dan kalori dibandingkan dengan kacang lainnya seperti kacang almond, kacang tanah, dan kenari.

Baca Juga: 4 Jenis Hormon untuk Tingkatkan Kebahagiaan dan Bagaimana Caranya!

Meningkatkan Kolesterol yang Baik

Kolesterol adalah senyawa yang terdiri dari dua jenis, LDL yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan HDL yang berfungsi sebagai kolesterol baik. Konsumsi kacang mete dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition, terungkap bahwa kacang mete dapat menurunkan kadar kolesterol LDL yang buruk. Selain itu, sebuah penelitian di Journal of Nutrition juga menunjukkan bahwa kacang mete dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik.

Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Current Developments in Nutrition pada tahun 2019 menunjukkan bahwa konsumsi kacang mete dapat menurunkan kadar trigliserida. Trigliserida adalah jenis lemak dalam darah yang dapat meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung ketika kadarannya tinggi. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kacang mete memiliki manfaat ini. Kacang mete yang diasinkan dan dikemas mengandung garam yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Fakta ini terbukti melalui hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition, dimana dinyatakan bahwa kemungkinan terkena penyakit jantung dapat berkurang hingga 37 persen pada individu yang mengonsumsi kacang sebanyak lebih dari empat kali dalam seminggu.

Penemuan serupa juga diperoleh dalam studi tahun 2018 yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition. Hasilnya menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 30 gram kacang mete mentah tanpa garam setiap hari selama 12 minggu, mengalami penurunan faktor risiko kardiovaskular seperti penurunan tekanan darah dan peningkatan kolesterol HDL.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda