7 Cara Mudah agar Lemari Dapur Tahan Lama

7 Cara Mudah agar Lemari Dapur Tahan Lama

Menjaga kebersihan dapur adalah suatu hal yang penting karena dapat membuat aktivitas memasak menjadi lebih menyenangkan. Tidak hanya itu, untuk memastikan dapur tetap bersih, diperlukan pembersihan secara teratur. Salah satu area di dapur yang harus diperhatikan adalah lemari dapur karena rentan terhadap penumpukan minyak dan kotoran yang dapat terjadi dengan cepat pada permukaannya. Oleh karena itu, menjaga kebersihan lemari dapur menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan seluruh dapur secara keseluruhan.

Berikut adalah 7 cara merawat lemari dapur agar tetap bersih dan tahan lama:

1. Lakukan pembersihan harian

Mempertahankan kebersihan dan penampilan lemari dapur sangatlah penting. Untuk itu, membersihkannya setiap hari dengan kain katun yang lembut, air hangat, dan cairan pembersih sangat disarankan.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Jangan lupa untuk menggunakan air sabun setiap bulan pada kenop dan gagang yang sering digunakan agar terjaga kebersihannya. Selain itu, untuk membersihkan lemari kayu, disarankan untuk menyeka searah dengan serat kayu.

Baca Juga: 10 Metode Ampuh Mengusir Semut di Dalam Rumah: Mudah dan Efektif

Agar kelembapan berlebih terabsorpsi dengan baik, setelah membersihkan lemari, seka dengan kain handuk kering. Hal ini akan membuat lemari Anda selalu terlihat bersih dan rapi.

2. Bersihkan secara menyeluruh dua kali setahun

Agar dapur Anda selalu bersih dan bebas noda, cobalah gunakan pembersih khusus yang dapat membersihkan noda berkerak yang membandel. Namun, jika Anda mengalami noda pada dapur, jangan khawatir! Anda bisa membuat pasta pembersih menggunakan soda kue dan air yang dapat mengangkat noda dengan mudah menggunakan spons.

Baca Juga: Cara Merawat Handphone dalam Pemakaian Sehari-hari

Selain itu, jika Anda ingin membersihkan minyak dan kotoran pada bagian luar lemari, gunakan campuran cuka dan air untuk hasil yang lebih maksimal. Jangan lupa untuk juga membersihkan bagian dalam kabinet dan bagian atas kabinet dengan cara yang tepat, agar dapur Anda selalu bersih dan terawat. Tak perlu khawatir, meskipun harus membutuhkan beberapa jam, membersihkan dapur secara menyeluruh hanya perlu dilakukan dua kali setahun untuk hasil yang lebih optimal.

3. Hindari produk pembersih yang keras

Ada beberapa produk pembersih yang ternyata dapat merusak lapisan akhir pada lemari dapur Anda. Namun, ada juga produk pembersih yang tidak dianjurkan untuk digunakan di dekat makanan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari penggunaan produk pembersih seperti pemutih, amonia, sikat plastik atau logam, wol baja, spons abrasif, scouring pads, penghapus cat kuku, pengencer cat, deterjen, dan sabun yang memiliki kandungan yang terlalu kuat. Jadi, pastikan Anda memilih produk pembersih yang aman dan tidak merusak untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lemari dapur Anda.

4. Jauhkan dari air dan kelembapan

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di dapur, penting untuk memperhatikan kebersihan lemari dapur. Sebaiknya gunakan handuk lembap daripada handuk basah saat mencuci lemari dapur. Selain itu, ada beberapa tips lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kekeringan lemari dapur, yaitu dengan menambahkan pelapis pada bagian dalam lemari, memastikan piring kering sebelum disimpan, dan menggunakan splatter screen untuk mencegah minyak memercik ke lemari dapur. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, dapur akan terjaga kebersihannya dan makanan pun menjadi lebih sehat.

5. Mencegah kerusakan akibat sinar matahari

Anda mungkin tidak menyadari bahwa paparan langsung sinar matahari dapat merusak tampilan lemari dapur Anda, sehingga mengakibatkan warnanya menjadi pudar dan tidak menarik lagi. Namun, jangan khawatir, ada solusi yang sederhana untuk mengatasi masalah ini. Anda bisa menambahkan tirai pada jendela untuk mengurangi dampak paparan sinar matahari pada lemari dapur Anda, sehingga tetap terlihat indah dan tahan lama. Jadi, mulai sekarang jangan biarkan sinar matahari merusak tampilan dapur impian Anda!

6. Memoles lemari kayu

Anda akan terkejut mengetahui bahwa kilau dan keindahan lemari kayu Anda dapat dikembalikan hanya dengan satu bahan yang aman digunakan di sekitar makanan dan bahkan telah tersedia di dapur Anda - yaitu minyak zaitun. Tak hanya itu, minyak zaitun juga terbukti efektif dalam membantu memecahkan lemak dan noda yang membandel. Jadi, jangan ragu lagi untuk mencoba cara ini dan saksikan bagaimana lemari kayu Anda akan kembali bersinar seperti baru.

7. Atur lemari dapur

Mengatur penyimpanan di dalam lemari dapur secara efisien dapat menjadi kunci penting dalam mencegah kerusakan pada barang-barang dapur Anda. Dalam hal ini, letakkanlah barang-barang yang berat di bagian bawah rak penyimpanan, serta susunlah dengan rapi agar memudahkan pengambilan. Selain itu, jangan lupa untuk membuang cangkir dan piring yang telah retak, serta menyisihkan wadah penyimpanan yang tidak memiliki penutup yang rapat. Anda juga bisa menyumbangkan peralatan dapur kecil yang tidak pernah digunakan untuk membantu mengurangi kerumitan dan memberikan ruang lebih untuk penyimpanan barang-barang yang sering digunakan.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda