10 Tips Mencuci Pakaian Hitam agar Terhindar dari Masalah Luntur

10 Tips Mencuci Pakaian Hitam agar Terhindar dari Masalah Luntur

Umumnya, setiap individu memiliki minimal satu helai pakaian atau celana dengan warna yang gelap, seperti hitam.

Tak jarang pakaian hitam menjadi pilihan favorit bagi sebagian orang yang ingin tampil trendi, lebih ramping, dan menghindari kerumitan.

Namun, tak jarang juga pakaian atau celana hitam akhirnya terabaikan saat warnanya memudar atau luntur.

Maka, apakah ada metode untuk menjaga warna pakaian tetap hitam dan menghindari kemungkinan pudarnya?

Baca Juga: Cara Membersihkan Sepatu Kotor Secara Benar dan Efektif

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencuci pakaian hitam agar tidak pudar:

Memastikan Waktu yang Tepat untuk Mencuci

Menurut informasi dari The Spruce, tidak seluruh pakaian harus langsung dicuci setelah digunakan sekali. Mengapa? Karena saat dicuci, serat kain bisa rusak dan warna kain, terutama pakaian hitam, bisa terpengaruh oleh sikat atau mesin cuci yang menggesek kain.

Oleh karena itu, pastikan bahwa pakaian hitam yang ingin dicuci sudah benar-benar kotor dan membutuhkan pembersihan. Jika masih cukup bersih, Anda bisa menggantungnya dan memberikan pewangi agar dapat digunakan kembali.

Memisahkan Pakaian

Pastikan untuk selalu memisahkan pakaian berdasarkan warna dan jenis kain sebelum mencucinya. Pakaian berwarna sebaiknya dipisahkan dari pakaian hitam atau putih.

Selain itu, juga pisahkan jenis pakaian yang membutuhkan perlakuan khusus dalam pembersihannya dari pakaian biasa. Sebagai contoh, pakaian yang terbuat dari asetat, triasetat, atau rayon.

Air dingin untuk cuci pakaian gelap

Penting untuk selalu menggunakan air dingin saat mencuci pakaian berwarna gelap. Air panas dapat memudarkan warna dan mempercepat kelunturan.

Saat mencuci baju hitam dengan tangan atau mesin cuci, pilihlah air dingin. Jika perlu, carilah air dengan suhu yang paling rendah.

Deterjen khusus untuk warna gelap

Jika memungkinkan, disarankan menggunakan deterjen yang dirancang khusus untuk menjaga warna gelap.

Baca Juga: Tips Make Up Natural untuk Perempuan

Gunakanlah deterjen dalam jumlah yang tepat, hanya satu atau dua sendok teh. Menggunakan terlalu banyak deterjen dapat menyebabkan warna pudar dan kain menjadi kusam.

Jika tidak ada pilihan deterjen khusus, dapat dipertimbangkan menggunakan deterjen cair daripada yang berbentuk bubuk.

Baca Juga: Seberapa Penting Menghemat Uang Bagi Seseorang yang Sedang Kuliah? Simak Bagaimana Caranya!

Deterjen cair akan membantu mencegah partikel yang tidak larut menempel pada kain dan membuatnya tampak kusam.

Balik pakaian

Untuk memastikan pakaian berwarna gelap tetap terlihat baik, disarankan untuk selalu membaliknya sebelum mencuci. Dengan melakukan tindakan ini, kita dapat mencegah serat yang terletak di permukaan pakaian menjadi rusak.

Jika menggunakan mesin cuci, penting untuk memastikan agar tidak mencuci pakaian melebihi kapasitas yang disarankan. Disarankan pula untuk menggunakan mode cuci yang paling lembut dan dalam waktu yang cukup singkat.

Hindari Matahari langsung

Seringkali kita mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari untuk mempercepat proses pengeringan. Namun, perlu diketahui bahwa paparan langsung sinar matahari dapat memudarkan warna pada kain.

Baca Juga: Cara Menghemat Listrik di Rumah Agar Tagihan Tidak Membengkak

Untuk menjaga keindahan pakaian hitam, sebaiknya hindari menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Jika memungkinkan, penggunaan mesin pengering otomatis dapat menjadi alternatif yang lebih baik.

Cuci dalam waktu singkat

Cleanipedia memberikan penekanan penting bahwa baju berwarna gelap sebaiknya dicuci dalam waktu yang sesingkat mungkin. Baik itu menggunakan tangan atau mesin cuci.

Tips ini memiliki manfaat luar biasa untuk melindungi pakaian hitam, menjaga keindahan warna yang tahan lama, dan menghindari kemungkinan pudarnya warna.

Rendam air dingin

Apabila baju terlalu kotor, disarankan untuk merendamnya dengan air dingin atau menggosoknya dengan kain lembab dan deterjen sebelum mencucinya.

Baca Juga: Inilah 6 Cara Ampuh untuk Menebalkan Rambut secara Alami

Metode ini akan menjaga keindahan warna pakaian tetap terjaga, sekaligus mencegah proses pencucian yang terlalu lama berlangsung.

Tambahkan pelembut kain

Cnet melaporkan bahwa pelembut pakaian memiliki kemampuan untuk menjaga keawetan serat kain saat dicuci. Ini membantu menghindari gesekan yang dapat merusak pakaian.

Bahan yang sering tergesek akan membuat warnanya semakin pudar seiring berjalannya waktu.

Tambahkan cuka atau garam

Tambahkan setengah cangkir cuka atau sekitar 118,3 mililiter ke setiap cucian untuk mencegah warna pakaian luntur. Cuka juga berperan sebagai pelembut alami yang aroma baunya akan hilang saat dibilas.

Baca Juga: 8 Tips Efektif untuk Menghilangkan Rasa Kantuk di Siang Hari

Selain itu, menambahkan garam dalam jumlah yang sama saat mencuci pakaian baru juga dapat menjaga warna tetap terkunci dan mencegah luntur.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda