4 Jenis Hormon untuk Tingkatkan Kebahagiaan dan Bagaimana Caranya!

4 Jenis Hormon untuk Tingkatkan Kebahagiaan dan Bagaimana Caranya!

Setiap individu pasti ingin merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Kebahagiaan tidak hanya bersifat pribadi dan spiritual, namun juga berkaitan dengan bahan kimia di dalam tubuh yang dapat dipengaruhi untuk meningkatkan kualitas hidup. Terdapat empat hormon utama yang berperan dalam memberikan kebahagiaan dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Bagaimana cara mengontrol hormon-hormon tersebut untuk mencapai kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari? Yuk, mari kita simak bersama-sama.

1. Endorfin

Endorfin, sebagai obat alami dalam tubuh yang dapat mengurangi rasa sakit, sangat menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Bahan kimia aktif ini dapat diproduksi oleh tubuh melalui berbagai stimulus menyenangkan dari luar, seperti makan cokelat, tertawa terbahak-bahak, atau bahkan mencium aroma yang wangi. Namun, olahraga merupakan cara yang paling efektif dalam memproduksi endorfin secara alami, seperti HIIT singkat, jalan cepat, yoga, atau lompat tali selama lima menit.

2. Serotonin

Serotonin adalah hormon yang memiliki peran ganda sebagai neurotransmitter dan pengatur sistem saraf dalam tubuh. Kehadirannya membantu meningkatkan suasana hati dan mempengaruhi banyak proses dalam tubuh, seperti mempermudah tidur, pencernaan, nafsu makan, ingatan, dan kemampuan otak untuk belajar. Dengan adanya serotonin, Anda dapat terhindar dari depresi dan kecemasan. Tak heran jika serotonin banyak dimanfaatkan dalam bidang psikiatri dan neurologi sebagai metode pengobatan.

Anda bisa meningkatkan kadar serotonin dengan cara mengubah pola makan menjadi lebih sehat, rajin berolahraga, memanjakan diri dengan pijat, mengelola emosi atau stres, tidur cukup, berinteraksi dengan orang terdekat, melakukan kegiatan sosial seperti membantu orang lain, dan tak lupa, tertawa lebih sering. Hal-hal tersebut dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh Anda dan membantu menjaga kesehatan mental dan fisikmu.

3. Dopamin

Tidak hanya serotonin, tetapi hormon dopamin juga berperan penting sebagai neurotransmitter yang berhubungan dengan perasaan bahagia. Otak akan melepaskan dopamin saat seseorang merasa diperhatikan dengan penuh perhatian. Kegiatan yang dapat memicu pelepasan dopamin dapat bervariasi, seperti menikmati makanan favorit, berhubungan intim, atau merasakan kegembiraan lainnya yang membuat seseorang ketagihan. Hormon dopamin dapat meningkatkan motivasi, memperbaiki suasana hati, meningkatkan perhatian dan kesadaran diri, mengatur gerakan tubuh, memperbaiki potensi belajar, serta meningkatkan kemampuan untuk mengekspresikan emosi.

Baca Juga: Menguak Prestasi: Indonesia Bersaing di Jajaran 5 Negara Produsen Ikan Terbesar di Dunia

Ternyata mudah untuk membuat seseorang ketagihan. Oleh karena itu, pastikan sumber dopamin yang didapatkan adalah hadiah yang baik untuk otak, seperti berolahraga dan menjaga keseimbangan. Cari sumber dopamin yang sehat untuk tubuh dengan melakukan tugas, merawat diri, atau kadang-kadang menikmati makanan yang disukai.

4. Oksitosin

Oksitosin, hormon yang dikenal sebagai hormon cinta dan kasih sayang, bisa memberikan kebahagiaan pada dirimu. Anda bisa merangsang hormon ini dengan cara bermain dengan hewan peliharaan kesayanganmu, tersenyum pada bayi, bergandengan tangan dengan orang yang Anda sukai, atau dengan pelukan yang panjang dan hangat.

Baca Juga: Sinopsis dan Link Streaming All That We Loved: Drakor Sehun EXO dengan Cerita Cinta Segitiga yang Tak Terlupakan

Hormon ini juga disebut sebagai hormon pengikat karena dirasakan saat Anda menjalin hubungan yang erat dengan seseorang atau sesuatu. Sebagai contoh, hormon oksitosin meningkat pada ibu yang sedang menyusui anaknya meskipun terkadang disertai rasa sakit, karena kebahagiaan yang didapatkan lebih besar.

Cara Bahagia

Baca Juga: 7 Keuntungan Mengejutkan dari Latihan Plank

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Bersyukur

Bersyukur atas apa yang dimiliki, baik kecil maupun besar, dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kebahagiaan. Coba untuk menulis tiga hal yang Anda syukuri setiap hari, dan fokus pada hal-hal positif dalam hidupmu.

2. Menjalin hubungan yang baik

Hubungan sosial yang baik dengan keluarga, teman, dan pasangan dapat memberikan rasa kebahagiaan yang besar. Coba untuk terlibat dalam aktivitas sosial dan terbuka pada orang-orang baru.

3. Lakukan hal-hal yang menyenangkan

Mencari waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda nikmati, seperti berkebun, membaca, atau bermain dengan hewan peliharaan Anda dapat membantu meningkatkan kebahagiaanmu. Jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk diri sendiri.

4. Lakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik, seperti berjalan kaki, berlari, atau yoga, dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kebahagiaan.

5. Belajar dari pengalaman

Melihat pengalaman hidup sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh dapat membantu mengubah pandangan Anda pada hidup dan meningkatkan kebahagiaanmu.

6. Membantu orang lain

Membantu orang lain dapat memberikan rasa bahagia yang besar. Coba untuk memberikan dukungan pada teman atau keluarga yang membutuhkan, atau terlibat dalam aktivitas sukarela di komunitasmu.

7. Ciptakan tujuan yang realistis

Menetapkan tujuan yang realistis dan merayakannya saat tercapai dapat memberikan rasa pencapaian dan kebahagiaan.

Baca Juga: Menikmati Hidangan Favorit Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

Mendapatkan kebahagiaan adalah proses, dan terkadang dapat membutuhkan waktu dan usaha. Namun, dengan mengadopsi kebiasaan yang sehat dan positif dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan Anda dan mencapai kehidupan yang lebih memuaskan.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda