Tidak Perlu ke Gym, 5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Pria di Rumah Setiap Hari

Tidak Perlu ke Gym, 5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Pria di Rumah Setiap Hari

Jika Anda ingin tetap sehat dan bugar, maka konsistensi dalam berolahraga adalah hal yang paling utama. Olahraga yang dilakukan secara sporadis dan intensitasnya tinggi saja tidak cukup. Terlebih lagi, ketika usia semakin bertambah, terutama pada pria, olahraga yang dilakukan setiap hari dengan durasi yang lebih pendek akan lebih efektif dalam menjaga kekuatan, fleksibilitas, dan kesehatan jantung.

Untuk merancang rencana olahraga harian yang tepat, disarankan untuk melakukan sedikit set latihan atau bahkan hanya satu atau dua set dengan repetisi sebanyak lima hingga 25 kali dalam lima hari seminggu atau lebih. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, baca artikel ini yang menjabarkan lima jenis olahraga yang disarankan untuk dilakukan oleh para pria setiap hari agar tetap bugar, seperti yang dilansir oleh Eat This Not That.

1. Squat

Melakukan squat secara teratur setiap hari memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kekuatan dan fleksibilitas otot tubuh kita. Tidak hanya itu, latihan squat juga membantu membangun kekuatan otot di awal latihan kebugaran. Namun, ketika kita sudah mampu melakukan squat sebanyak 25 kali dengan mudah, manfaat utamanya adalah ketahanan otot yang semakin meningkat.

Baca Juga: Apasih itu IPO? Berikut Penjelasannya

Untuk melakukan squat yang efektif, pastikan untuk menempatkan kaki lebih lebar dari jarak selebar bahu dan duduk dengan santai, sambil mempertahankan postur tubuh yang tegak. Jangan lupa untuk menemukan ritme yang tepat dengan setiap set, dan dorong kedua kaki untuk kembali ke posisi awal.

2. Push up

Push up merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat simpel tetapi memiliki manfaat yang luar biasa dalam membangun kekuatan otot pada bagian dada, bahu, dan trisep. Bagi para pria yang ingin menjaga kebugaran tubuh dan belum memiliki latihan khusus untuk membangun otot pada dada, disarankan untuk melakukan push up setiap hari.

Baca Juga: 10 Lagu Kpop Terpopuler Sepanjang Masa

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan posisi papan, dimana lengan ditempatkan di bawah bahu. Dalam melakukan gerakan push up, pastikan otot inti tetap kuat saat menurunkan dada ke lantai.

Baca Juga: 6 Aplikasi Handphone Untuk Menonton Film Secara Legal dan Gratis

Ketika tubuh sudah hampir menyentuh lantai, doronglah tubuh ke atas kembali menggunakan tangan. Jangan lupa untuk menggerakkan tangan lebih dekat ke tubuh guna meningkatkan penekanan pada trisep dan memberikan variasi dalam latihan push up.

3. Pull up

Berolahraga Pull-up adalah kegiatan harian yang sangat bagus bagi para pria untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Program latihan tubuh bagian atas yang tepat harus mencakup gerakan dorongan dan tarikan. Pull-up menjadi olahraga menarik karena memiliki berbagai alasan yang membuatnya menarik.

Baca Juga: 4 Jenis Hormon untuk Tingkatkan Kebahagiaan dan Bagaimana Caranya!

Selain itu, pull-up memungkinkan penggunaan beberapa genggaman yang berbeda untuk memvariasikan otot dan rangsangan yang ditargetkan sehingga tidak memerlukan modifikasi peralatan. Untuk memulainya, kita hanya perlu menggantungkan diri di pull-up bar dengan pegangan tengkurap, netral, atau terbalik dan pastikan lengan kita terentang dengan benar. Kemudian, tarik tubuh hingga dada mencapai bar dan turunkan secara perlahan ke posisi awal.

4. Dips

Bagi Anda yang mencari olahraga yang dapat membantu meningkatkan kekuatan dan mobilitas bahu, Dips bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat melakukan olahraga ini di sofa, kursi, atau bangku. Namun, untuk hasil yang lebih optimal, disarankan untuk menggunakan bar atau ring parallel jika Anda memilikinya.

Baca Juga: 5 Ciri Kucing Hamil yang Jarang Diketahui dan Cara Merawatnya

Penting untuk menjaga agar jari-jari tetap mengarah ke luar saat melakukan dips di kursi. Sedangkan, jika Anda melakukan dips di atas bar atau ring parallel, pastikan untuk menurunkan dada ke lantai saat membungkuk di siku dan bahu. Saat mencapai rentang gerakan terendah, dorong dengan kedua tangan untuk kembali ke posisi awal.

5. Lunges

Lunges merupakan gerakan yang sangat efektif untuk melatih seluruh bagian tubuh. Baik dilakukan dengan berjalan atau di tempat dengan langkah-langkah bergantian.

Baca Juga: Tanda-tanda yang Tak Boleh Diabaikan: 6 Indikasi Kucing Betina Sedang Berahi

Jika memiliki ruang yang cukup, disarankan untuk melakukan walking lunges atau berjalan saat melakukan gerakan ini.

Untuk memulai gerakan lunges, langkah pertama adalah mengambil satu langkah maju dengan salah satu kaki, kemudian turunkan lutut belakang ke arah tanah saat kita masuk ke posisi lunges bawah yang tepat.

Selanjutnya, dorong kaki depan dan angkat kaki belakang untuk melangkah ke gerakan lunges berikutnya.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda