15 Jurusan Kuliah IPS Terpopuler: Masa Depan dan Prospek Kerja Terjamin

15 Jurusan Kuliah IPS Terpopuler: Masa Depan dan Prospek Kerja Terjamin

Terungkap bahwa pilihan jurusan di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi tidak kalah menjanjikan masa depan dibandingkan dengan jurusan sains dan teknologi. Kendati demikian, sebagai calon mahasiswa IPS, kita harus mempertimbangkan dengan matang pilihan jurusan yang akan diambil karena banyaknya pilihan yang tersedia.

Tidak sedikit pilihan jurusan di bidang IPS yang tergolong sebagai favorit sehingga persaingannya sangat ketat. Namun, ada juga beberapa jurusan di bidang IPS yang masih belum banyak diminati namun tetap menjanjikan karir yang cemerlang di masa depan. Oleh karena itu, sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan matang sebelum memutuskan jurusan yang akan diambil.

Inilah daftar jurusan kuliah yang dapat dipertimbangkan oleh siswa SMA, MA, dan SMK yang memilih untuk mengambil konsentrasi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurusan-jurusan ini memiliki peluang karir yang cerah dan salah satunya mungkin sesuai dengan bakat dan minat Anda. Ayo, mari kita lihat daftar lengkapnya!

1. Hubungan Internasional

Jurusan hubungan internasional merupakan pilihan utama yang sangat menarik bagi para siswa jurusan IPS. Tidak hanya terkenal, jurusan ini juga menawarkan pembelajaran yang mendalam tentang interaksi antarnegara yang kompleks dan beragam. Anda akan mempelajari segala hal terkait dengan hubungan internasional secara detail melalui jurusan ini.

Tak hanya itu, lulusan jurusan ini juga memiliki prospek karir yang sangat menjanjikan. Berbagai profesi prestisius seperti diplomat, konsultan politik, wartawan internasional, dan konsultan imigrasi bisa menjadi pilihan untuk ditekuni setelah berhasil menyelesaikan pendidikan di jurusan ini. Dengan demikian, memilih jurusan hubungan internasional akan membawa Anda pada kesempatan karir yang cemerlang.

2. Jurusan Ilmu Komunikasi

Salah satu jurusan yang menarik untuk diikuti adalah ilmu komunikasi, di mana tidak hanya mempelajari tentang cara berkomunikasi saja, tetapi juga mengenai public speaking, keterampilan menulis, fotografi, desain, animasi, proses pembuatan iklan, dan lain sebagainya. Jurusan ini cukup populer dan banyak diminati oleh calon mahasiswa karena menawarkan masa perkuliahan yang menyenangkan dengan banyaknya mata kuliah yang menarik.

Setelah lulus, prospek karir dari jurusan ini pun cukup menjanjikan. Anda bisa mengembangkan karir sebagai public relation, hubungan masyarakat, manajer layanan sosial, reporter, dan lain sebagainya. Tentu saja, peluang kerja yang bervariasi ini menjadikan jurusan ini semakin menarik untuk diikuti.

3. Administrasi Bisnis

Apakah Anda senang dengan kegiatan administrasi? Jika iya, maka Jurusan Administrasi Bisnis atau yang juga dikenal dengan sebutan Administrasi Niaga mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Jurusan ini memberikan pemahaman mendalam mengenai kegiatan administrasi secara umum.

Namun, hal yang lebih menarik lagi adalah prospek kerja yang dapat Anda peroleh setelah lulus dari jurusan ini. Anda bisa meniti karir sebagai seorang ahli administrasi, sekretaris profesional, manajer produksi yang handal, dan bahkan agen pembelian yang kompeten. Tentunya kesempatan yang menjanjikan untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

4. Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi adalah salah satu pilihan yang sangat menarik untuk dipertimbangkan jika Anda berencana melanjutkan pendidikan di bidang IPS. Banyak orang menganggap jurusan ini sebagai pilihan favorit mereka. Namun, untuk bisa diterima di jurusan ini, Anda perlu mempersiapkan diri dengan belajar ekstra agar dapat lulus tes seleksi masuk.

Di jurusan psikologi, Anda akan belajar tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Anda akan dituntun untuk meneliti dan memahami pola pikir manusia yang membentuk perilaku mereka sendiri.

Baca Juga: Kenali 9 Jenis Sakit Kepala yang Sering Terjadi dan Penyebabnya

Tidak hanya menarik untuk dipelajari, jurusan ini juga menawarkan prospek karir yang menjanjikan. Setelah lulus, Anda dapat mengejar berbagai profesi menarik seperti menjadi psikolog klinis, psikolog konseling, psikolog organisasi industri, dan masih banyak lagi.

5. Ekonomi Pembangunan

Berikut ini adalah rekomendasi untuk jurusan kuliah IPS yang menarik dan menjanjikan, yaitu ekonomi pembangunan. Dengan mengambil jurusan ini, Anda akan belajar tentang berbagai persoalan yang terkait dengan pembangunan baik yang sedang terjadi maupun yang akan terjadi di suatu negara.

Jangan khawatir mengenai prospek kerja setelah lulus, karena Anda dapat bekerja sebagai pembuat kebijakan pemerintah, ekonom, perencana keuangan, atau menjadi pengajar seperti dosen ekonomi. Peluang karir yang menarik menanti Anda setelah menyelesaikan pendidikan di jurusan ini.

6. Administrasi Fiskal

Apakah Anda tertarik mempelajari seluk-beluk keuangan negara dan tata kelolanya? Jika iya, maka memilih jurusan administrasi fiskal saat kuliah bisa menjadi pilihan yang tepat. Jurusan ini akan memperkenalkan Anda pada dunia pengelolaan keuangan negara, terutama dalam hal pajak yang masuk ke kas negara.

Yang menarik, dalam jurusan ini terdapat banyak spesialisasi studi yang dapat dipilih. Mulai dari dasar perpajakan, pajak penghasilan, kebijakan fiskal, hingga keuangan negara.

Tidak hanya itu, setelah lulus dari jurusan administrasi fiskal, prospek kerja yang dapat diambil pun sangat beragam. Anda dapat menjadi ahli perencanaan pajak, pengawas imigrasi dan bea cukai, serta pegawai perpajakan. Ini adalah peluang kerja yang menarik untuk dikejar.

7. Akuntansi

Jurusan akuntansi tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Banyak yang tertarik dengan jurusan ini karena dikenal memiliki prospek yang sangat menjanjikan di masa depan. Bahkan, tak bisa dipungkiri bahwa akuntansi termasuk salah satu ilmu tertua di dunia yang mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan keuangan.

Baca Juga: 6 Manfaat Luar Biasa dari Rutin Berjalan Kaki

Mengambil jurusan ini akan membekali Anda dalam mengelola keuangan secara efektif dan efisien, serta mampu menyusun berbagai laporan keuangan dengan baik dan benar.

Menariknya, setelah lulus nanti Anda bisa memilih banyak karir yang bergengsi, seperti menjadi akuntan, pemeriksa keuangan, atau bahkan manajer keuangan. Tertarik untuk menjelajahi lebih dalam tentang jurusan akuntansi?

8. Manajemen Perhotelan

Apakah Anda penasaran dengan rahasia dibalik kesuksesan sebuah hotel dalam memberikan layanan terbaik bagi para tamunya? Jika iya, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan untuk mempelajari manajemen perhotelan di jurusan yang tepat. Dalam jurusan ini, Anda akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan perencanaan, produksi, dan pengawasan bisnis perhotelan. Dengan begitu, Anda akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengelola bisnis hotel atau layanan hospitality.

Setelah lulus dari jurusan ini, Anda akan memiliki kesempatan untuk menekuni berbagai profesi menarik, seperti manajer penginapan, chef dan kepala koki, perencana acara dan pertemuan, serta profesi lain yang berhubungan dengan dunia perhotelan. Peluang kerja yang menarik dan menjanjikan akan menanti Anda setelah menyelesaikan pendidikan di jurusan manajemen perhotelan.

Baca Juga: Mengenal 10 Jenis Diet Efektif untuk Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Kesehatan Tubuh

9. Perpajakan

Meskipun IPS seringkali dianggap sebagai jurusan yang mengandalkan hafalan, namun pada kenyataannya terdapat beberapa mata pelajaran yang membutuhkan keahlian dalam berhitung yang teliti. Jika Anda merasa menikmati tantangan tersebut, maka jurusan kuliah yang ideal untuk diambil adalah perpajakan.

Dalam jurusan perpajakan, Anda akan mempelajari segala hal terkait pajak dari berbagai perspektif, seperti hukum, ekonomi, dan akuntansi. Tidak hanya itu, setelah menyelesaikan studi, Anda dapat menekuni berbagai profesi menarik seperti penilai pajak dan keuangan, ahli perencanaan pajak, dan juga konsultan bea cukai. Prospek kerjanya pun sangat menjanjikan.

10. Manajemen Perbankan

Ingin meraih karir di industri perbankan? Salah satu pilihan jurusan kuliah di bidang IPS yang tepat untuk mewujudkan impian tersebut adalah manajemen perbankan. Di jurusan ini, Anda dapat mendalami pengetahuan tentang industri perbankan dengan lebih mendalam.

Baca Juga: 5 Aplikasi Browser Android Dengan Fitur VPN Bawaan Terbaik untuk Mengakses Situs Terblokir

Peluang kerja setelah lulus sangat menjanjikan, di mana lulusan dapat bekerja sebagai pegawai di berbagai perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Contohnya adalah sebagai teller bank, analis kredit, analis keuangan, serta berbagai profesi lain yang tersedia di dunia perbankan. Dengan mengambil jurusan ini, peluang Anda untuk memperoleh pekerjaan yang diidamkan di industri perbankan semakin besar.

11. Manajemen Pariwisata

Bagi Anda yang memiliki minat dalam industri pariwisata, jurusan manajemen pariwisata bisa menjadi pilihan menarik berikutnya. Jurusan ini akan memberikan Anda pemahaman tentang konsep penawaran dan permintaan di bidang pariwisata, serta teknik pembangunan dan pengembangan pariwisata yang dapat meningkatkan kualitas pariwisata.

Tidak hanya itu, kebanyakan mahasiswa yang memilih jurusan ini berasal dari daerah atau kawasan pariwisata, sehingga setelah lulus Anda dapat membantu mengembangkan pariwisata di daerah asal Anda. Prospek karir setelah lulus cukup luas, seperti menjadi pemandu wisata, pemandu tur, agen perjalanan, dan bahkan pemilik tempat wisata. Jadi, jika Anda memiliki minat dan passion dalam bidang pariwisata, jurusan ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda.

12. Penyiaran

Bagi Anda yang telah lulus dari jurusan IPS di sekolah, memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan public speaking lebih lanjut dengan masuk ke jurusan penyiaran di perguruan tinggi. Jurusan ini, yang juga dikenal sebagai broadcasting, merupakan salah satu cabang dari ilmu komunikasi yang sangat ideal bagi lulusan IPS.

Selama menempuh pendidikan di jurusan penyiaran, Anda akan mempelajari cara menghasilkan ide dan menyajikannya secara menarik agar dapat menjadi program yang diminati masyarakat. Jika program yang dihasilkan berhasil menarik perhatian, maka program tersebut akan diproduksi dan disiarkan untuk konsumsi publik.

Berkaitan dengan prospek kerja, lulusan jurusan penyiaran dapat bekerja sebagai sutradara, penyiar berita, atau presenter. Peluang karir yang menarik, bukan?

13. Kriminologi

Jika Anda tertarik dengan dunia kejahatan dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai seluk beluk tindakan kriminal, maka mungkin jurusan kriminologi akan menjadi pilihan yang menarik untuk Anda pertimbangkan. Selain menawarkan pengalaman belajar yang menarik, jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan setelah lulus menjadi sarjana.

Sebagai lulusan jurusan kriminologi, Anda memiliki peluang untuk mengejar karir sebagai analis intelijen, pegawai di kepolisian, atau bahkan sebagai detektif atau investigator swasta. Oleh karena itu, jika Anda tertarik pada dunia kejahatan dan ingin mengejar karir di bidang ini, pertimbangkan untuk memilih jurusan kriminologi sebagai pilihan kuliah Anda.

14. Sosiologi

Jika Anda tertarik dengan hubungan sosial antar individu, maka salah satu pilihan jurusan kuliah yang direkomendasikan di bidang IPS adalah sosiologi. Di jurusan ini, Anda akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan hubungan sosial di masyarakat, termasuk berbagai bentuk interaksi sosial dan dampaknya pada kehidupan individu dan masyarakat. Walaupun kuliah di jurusan ini menuntut banyak teori dan hafalan, tetapi dijamin akan seru dan menyenangkan.

Setelah lulus, Anda bisa bekerja sebagai sosiolog atau spesialis media sosial dengan prospek karir yang menjanjikan.

15. Jurusan Filsafat

Selanjutnya, terdapat jurusan yang menarik perhatian banyak orang yaitu jurusan filsafat. Walaupun dianggap sebagai jurusan yang sulit karena mempelajari sifat dasar manusia, namun banyak yang mengagumi jurusan ini. Sebenarnya, ilmu filsafat tidaklah menakutkan, apalagi jika Anda memiliki minat sejak awal.

Melalui jurusan ini, Anda akan belajar secara mendalam mengenai Hak Asasi Manusia, teologi, paradigma feminisme, dan topik menarik lainnya terkait manusia dan sifat dasarnya yang menarik untuk dipelajari.

Selain itu, setelah lulus dari jurusan filsafat, Anda memiliki prospek karir yang menjanjikan dengan berbagai profesi menarik dan gaji yang tinggi seperti menjadi pengamat, konselor, psikoterapis, atau bahkan pejabat pemerintahan. Jadi, jelas bahwa prospek karir dari jurusan ini sangat luas dan menjanjikan.



Pilihan Untuk Anda