Waspada! 5 Faktor Ini Dapat Memicu Handphone Cepat Panas

Waspada! 5 Faktor Ini Dapat Memicu Handphone Cepat Panas

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan handphone (HP) menjadi cepat panas, di antaranya adalah penggunaan yang berlebihan serta kondisi suhu lingkungan yang tidak mendukung. Kondisi HP yang cepat panas dapat memicu kerusakan pada komponen di dalamnya, bahkan yang bersifat permanen.

Masalah HP cepat panas memang sering dialami oleh pengguna. Hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih lagi ketika HP menjadi bagian penting dalam pekerjaan atau kegiatan lainnya.

Menurut informasi yang diperoleh dari laman avast, salah satu penyebab umum HP cepat panas adalah penggunaan yang berlebihan. Selain itu, CPU yang bekerja terlalu keras juga dapat menjadi faktor penyebab. Namun, masih terdapat beberapa penyebab lainnya yang mungkin dapat terjadi pada HP Anda.

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Handphone Android dan iOS Tahun 2023

Umumnya, terdapat 5 faktor penyebab HP cepat panas. Mari simak penjelasan mengenai penyebab-penyebab tersebut di bawah ini.

1. Sinar Matahari Langsung.

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan HP cepat panas adalah lingkungan sekitarnya, bukan hanya karena komponen internal dari HP itu sendiri. Paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat HP menjadi panas dan berakibat pada pengurasan baterai serta masalah kinerja lainnya. Dalam kasus yang lebih buruk, jika HP dibiarkan terpapar sinar matahari langsung, dapat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen internal. Bahkan, terdapat kasus di mana HP meledak akibat terlalu lama ditaruh di dashboard mobil yang terkena paparan sinar matahari. Oleh karena itu, perlu diperhatikan cara menyimpan HP agar tidak terkena paparan sinar matahari langsung, terutama jika Anda ingin memastikan kinerjanya tetap optimal.

2. CPU Kelebihan Beban

Bagaimana cara menjaga kesehatan CPU pada HP Anda? Anda bisa mengibaratkannya seperti otak manusia yang memproses segala aktivitas di HP. Jika terlalu banyak aktivitas yang dijalankan secara bersamaan, maka CPU akan terlalu bekerja ekstra dan bisa mengakibatkan HP Anda cepat panas. Jangan biarkan aplikasi terbuka begitu saja tanpa ditutup, karena hal itu dapat membuat CPU kelebihan beban dan berujung pada kerusakan permanen pada HP Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak sedang digunakan agar CPU dapat beristirahat dan HP Anda tetap dalam kondisi sehat.

3. Baterai atau Kabel Pengisi Daya Rusak

HP atau Handphone merupakan perangkat elektronik yang sering digunakan oleh banyak orang. Namun, ada beberapa masalah yang sering terjadi pada HP, salah satunya adalah cepat panas. Hal ini bisa terjadi ketika HP diisi daya atau di-charge. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut, salah satunya adalah baterai yang bermasalah atau rusak. Baterai yang rusak dapat mempengaruhi kinerja baterai dan menyebabkan bocornya baterai sehingga memicu HP menjadi cepat panas.

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga yang Efektif Menurunkan Stres

Tidak hanya itu, faktor lain yang dapat menyebabkan HP menjadi cepat panas adalah kabel pengisi daya yang bermasalah. Kabel yang rusak dapat menghambat aliran listrik menuju baterai HP dan menimbulkan masalah serius. Bahkan, terdapat kasus dimana HP meledak saat di charge karena baterai bermasalah. Oleh karena itu, perlu diperhatikan beberapa hal ketika menggunakan HP agar terhindar dari masalah tersebut.

4. Bermain Game Dalam Jangka Waktu Lama

Jika Anda merupakan penggemar game, pasti sudah tidak asing lagi dengan masalah HP cepat panas akibat bermain game dalam waktu yang lama. Namun, tahukah Anda bahwa intensitas tinggi dalam bermain game dapat berdampak buruk pada Graphic Processing Unit (GPU) yang dapat menyebabkan HP lebih cepat panas dari biasanya? Oleh karena itu, disarankan untuk tidak bermain game dalam waktu yang terlalu lama agar layar, RAM, dan komponen internal HP tidak bekerja ekstra dan HP Anda tetap terjaga dari panas yang berlebihan. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara menjaga kinerja HP saat bermain game, mari kita pelajari bersama-sama dalam bahasa Indonesia formal yang tepat.

5. Pembaruan Software

Salah satu alasan yang sering menyebabkan ponsel pintar menjadi cepat panas adalah pembaruan software. Ketika proses pembaruan software sedang berlangsung, ponsel Anda mungkin akan mengalami peningkatan suhu yang tidak diinginkan. Bahkan terkadang, ponsel masih tetap panas setelah proses pembaruan selesai.

Baca Juga: Sinopsis Film Terbaru Hello Ghost, Dibintangi oleh Enzy Storia yang Menawan

Hal ini biasanya terjadi karena adanya bug pada sistem operasi yang perlu diperbaiki melalui pembaruan. Terutama pada bug yang membutuhkan konsumsi daya yang berlebihan karena harus bekerja di latar belakang. Jika pembaruan tidak optimal karena adanya bug, hal ini dapat menyebabkan baterai cepat terkuras dan mengakibatkan ponsel pintar Anda menjadi cepat panas.

Baca Juga: 10 Alasan Kacang Mete dapat Membantu Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda