5 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Handphone Android dan iOS Tahun 2023

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Handphone Android dan iOS Tahun 2023

Saat ini, tidak hanya para fotografer profesional yang dapat menggunakan aplikasi pengeditan foto terbaik. Bahkan aplikasi tersebut tidak hanya dirilis eksklusif untuk komputer, tetapi dapat dengan mudah diakses melalui ponsel cerdas Anda yang memiliki kamera berkualitas. Hal ini memungkinkan Anda, sebagai fotografer casual, influencer dengan banyak pengikut atau bahkan fotografer profesional untuk mengedit foto di ponsel cerdas Anda dengan mudah dan menjadikannya terlihat profesional.

Aplikasi pengeditan foto terbaik seharusnya intuitif dan mudah digunakan. Terlebih bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan aplikasi tersebut, pastinya tidak ingin bingung dengan serangkaian menu yang rumit. Sementara bagi Anda yang sudah terbiasa mengedit foto melalui komputer, pastinya ingin pengalaman pengeditan yang sesuai dengan layar smartphone yang lebih kecil. Oleh karena itu, Anda pasti tidak ingin membuang-buang waktu hanya untuk mencari pengaturan yang sulit ditemukan.

Namun, aplikasi pengeditan foto terbaik tetap harus menawarkan berbagai alat canggih yang memungkinkan Anda menyesuaikan foto secara detail sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, aplikasi tersebut harus memudahkan Anda untuk berbagi foto dengan kolega, keluarga, atau teman Anda.

Salah satu pilihan kami untuk aplikasi pengeditan foto terbaik adalah PicsArt. Hal ini karena PicsArt menawarkan seperangkat alat yang hebat, efek foto AI, stiker, hamparan teks, dan latar belakang. Namun, ini bukan satu-satunya pilihan yang tepat untuk Anda, karena kami telah menguji berbagai aplikasi pengeditan foto secara ekstensif dan memberikan saran terbaik untuk Anda. Oleh karena itu, berikut adalah rekomendasi kami untuk aplikasi pengeditan foto terbaik.

1. PicsArt

Pilihan terbaik untuk aplikasi pengeditan foto saat ini adalah PicsArt. Menariknya, aplikasi ini mudah digunakan dan mencakup hampir semua basis untuk fotografi seluler konsumen. PicsArt menyediakan alat pengeditan gambar yang sangat baik dan berbagai macam filter yang menarik, sehingga Anda dapat dengan mudah membuat stiker yang menyenangkan dan menggabungkan gambar menjadi kolase yang sangat dapat disesuaikan. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan teks artistik dan berbagi hasil editan ke media sosial.

Pengguna PicsArt dapat menggunakan Remix Chat untuk berbagi dan mengedit foto secara kolaboratif dengan 150 juta pengguna bulanan. Selain itu, tutorial dalam aplikasi sangat mudah diikuti dan tantangan yang ditawarkan akan mendorong pengguna untuk berkreasi sesuai jenis pengeditan atau tema tertentu. Pemenang akan dipilih melalui pemungutan suara komunitas.

Namun, kelemahan PicsArt adalah iklan yang muncul pada saat pengeditan. Untuk menonaktifkannya, pengguna harus membeli langganan premium seharga $11,99 per bulan atau $55,99 per tahun, dengan diskon khusus untuk pelajar. PicsArt menawarkan koleksi alat pengeditan foto dan kolase yang kaya dan sangat mudah diakses, sehingga dapat memberikan banyak kontrol kreatif sambil menjaga semuanya tetap menyenangkan dan hidup.

2. Snapseed

Snapseed merupakan aplikasi pengeditan foto yang tidak hanya untuk pengguna umum, tetapi lebih ditujukan untuk fotografer serius yang ingin menciptakan gambar terbaik dalam setiap perjalanan. Dalam aplikasi ini, terdapat beragam alat pengeditan terbaik yang mencakup kuas pengeditan selektif serta koleksi filter terkait film yang sangat baik seperti Lens Blur, Retrolux, dan Double Exposure.

Baca Juga: 6 Kesalahan Umum Orangtua dalam Menghadapi Anak yang Tantrum

Bagi fotografer yang memperhatikan detail, Snapseed bukan hanya menyenangkan tetapi juga adiktif. Dengan berkeliling di berbagai eksposur, warna, masking, serta membentuk kembali alat, kuas, dan filter, kita dapat bereksperimen dengan pengaturan yang berbeda. Kelebihan pengeditannya yang tidak merusak, memberikan kebebasan untuk masuk ke Stack (lapisan pengeditan) dan menyesuaikan atau menghilangkan pengeditan apa pun, termasuk mengoreksi teks yang salah eja. Atau menggunakan kuas Stacks untuk menerapkan efek hanya pada sebagian gambar Anda. Anda bahkan dapat menyimpan Tumpukan pengeditan yang telah Anda terapkan ke gambar sebagai "Lihat," yang dapat diterapkan ke foto lain dan dibagikan dengan pengguna lain.

Snapseed menawarkan alat tradisional yang luar biasa dan pengeditan yang tidak merusak. Oleh karena itu, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pengeditan foto terbaik bagi fotografer serius yang ingin atau perlu menghabiskan waktu untuk menyempurnakan gambar mereka. Selain itu, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan tidak memiliki versi premium.

3. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom Mobile (iOS dan Android) merupakan bagian dari alur kerja berbasis cloud yang memungkinkan Anda menyimpan seluruh perpustakaan foto dan mengakses file resolusi penuh (asli dan diedit) di semua perangkat Anda. Dengan Lightroom, Anda membeli ekosistem pemrosesan foto yang kuat dan berkualitas profesional, yang dapat Anda gunakan dengan membayar mulai dari $9,99/bulan. Namun, jika Anda hanya membutuhkan aplikasi foto terbaik untuk ponsel atau tablet Anda, maka Lightroom Mobile dapat diunduh secara gratis atau dengan membayar $4,99/bulan untuk langganan Premium yang memberikan 100GB ruang penyimpanan.

Baca Juga: 20 Keyword Tools Riset Kata Kunci Terbaik dan Gratis

Lightroom Mobile juga merupakan platform pembelajaran yang hebat. Dengan perpustakaan tutorial interaktif yang terus berkembang, Anda dapat mempelajari cara mengedit gambar Anda seperti seorang profesional. Terdapat lusinan alat untuk bekerja dengan eksposur, warna, pengeditan selektif, filter, dan semacamnya. Pengeditan gambar melibatkan kontrol penggeser dengan responsivitas cepat sehingga Anda dapat melihat secara langsung bagaimana penyesuaian memengaruhi gambar Anda. Selain itu, pengeditan tidak akan merusak gambar asli Anda sehingga Anda selalu dapat kembali ke gambar aslinya. Anda juga dapat berbagi gambar Anda dengan cara yang intuitif dan mudah.

Selain itu, Lightroom memiliki area Discover, di mana Anda dapat melihat animasi dari langkah-langkah yang digunakan oleh fotografer dan seniman lain dalam menciptakan gambar terbaik mereka. Anda juga dapat menyumbangkan gambar yang telah Anda edit ke dalam Lightroom Discover.

Baca Juga: Jerawat Punggung Bikin Tidak Percaya Diri? Simak 8 Penyebab dan Cara Mengobatinya

Jadi, jika Anda serius ingin mendapatkan hasil terbaik dari foto Anda, Lightroom Mobile adalah aplikasi foto terbaik untuk digunakan. Namun, jika Anda hanya ingin melakukan pengeditan gambar sederhana seperti mencerahkan, memotong, atau menambahkan efek khusus, Lightroom mungkin akan terlalu berlebihan.

4. Instagram

Dengan lebih dari 850 juta pengguna, Instagram memang layak mendapat perhatian. Platform media sosial yang fokus pada berbagi foto dan video yang cepat dan mudah ini memiliki antarmuka yang intuitif dan memberikan banyak kemudahan, mulai dari mengambil gambar atau video hingga memposting secara bersamaan di beberapa jejaring sosial.

Instagram menjadi semakin populer karena aktivitas utamanya, yakni menyukai dan berbagi postingan, mengirim dan menerima pesan langsung, serta terlibat dengan orang lain. Hal ini juga dipengaruhi oleh metrik yang penting bagi bisnis dan influencer, yaitu tingkat keterlibatan pengguna. Oleh karena itu, banyak fitur baru ditambahkan untuk meningkatkan tingkat keterlibatan, termasuk kemampuan untuk menghapus "pengikut hantu" dan melacak tagar yang paling menarik perhatian.

Baca Juga: 10 Alasan Kacang Mete dapat Membantu Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

Selain itu, Instagram juga menawarkan fitur keamanan yang lebih baik, seperti mencantumkan semua email yang dikirimkan kepada Anda untuk memastikan keamanan akun Anda. Jangan khawatir jika Anda tergila-gila dengan aplikasi ini, karena Instagram bahkan memberi tahu Anda berapa banyak waktu yang dihabiskan setiap hari.

Meski terkadang menambah atau menghapus fitur dan alat, namun popularitas Instagram terus meningkat dan tetap stabil di antara para penggunanya.

5. VSCO

VSCO fokus pada fotografi tradisional dan menawarkan koreksi dan penyesuaian foto yang menghasilkan hasil berkualitas baik, termasuk filter tipe emulsi film. Meskipun tidak sekomprehensif aplikasi pengeditan foto terbaik lainnya, VSCO dapat mengimpor file RAW dan menawarkan fitur pengeditan pra-pengambilan yang bagus. Selain itu, Anda dapat menyimpan hingga 10 "resep" untuk digunakan pada gambar lain.

Selain itu, VSCO memiliki komunitas pengguna dan influencer, meskipun jenis interaksi yang Anda miliki di sana berbeda dengan Instagram atau jejaring sosial lainnya. Anda dapat memposting foto dari VSCO ke jaringan apa pun di ponsel Anda, meskipun hanya satu per satu. Setiap foto yang diposting ke profil VSCO bersifat publik bahkan bagi mereka yang tidak memiliki akun VSCO.

Meskipun tersedia secara gratis dengan alat edit dasar dan sepuluh preset, VSCO menawarkan akses ke editor video, lebih dari 200 preset, alat pengeditan lanjutan, alat montase diam dan animasi, tantangan foto mingguan, dan dukungan pembelajaran yang lebih kuat dengan biaya $ 19,99/tahun. Dengan alat yang ditawarkannya, VSCO adalah alat yang cocok bagi fotografer yang menciptakan hasil berkualitas.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda