Rekomendasi 7 Website Pasang Iklan Gratis untuk Mengembangkan Bisnis Online

Rekomendasi 7 Website Pasang Iklan Gratis untuk Mengembangkan Bisnis Online

Bagi para pelaku usaha atau penggiat bisnis, Anda pasti sudah mengetahui bahwa tren berbelanja berubah di era digital saat ini. Belanja online semakin digemari karena semakin banyaknya e-commerce yang hadir dan semakin mudah proses pengirimannya.

Perubahan tren berbelanja ini juga berdampak pada kegiatan promosi. Seperti yang kita ketahui, promosi sangat penting bagi pebisnis untuk menjangkau pasar baru dan meningkatkan penjualan sehingga keuntungan yang didapatkan semakin besar. Kini, belanja secara online membuat promosi lebih banyak dilakukan secara online pula.

Salah satu metode promosi online yang paling efektif adalah dengan memasang iklan secara gratis di situs-situs listing ternama dan e-commerce terkemuka. Cara ini pastinya lebih efektif dibandingkan promosi konvensional seperti brosur, pamflet, atau spanduk. Jangkauan pasar pun akan semakin luas.

Yang menarik, memasang iklan di situs-situs dan e-commerce tersebut adalah gratis alias tanpa biaya tambahan. Metode promosi ini sangat cocok bagi para pemilik bisnis kecil atau yang baru memulai usahanya karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk promosi. Berikut ini adalah daftar 7 situs yang menyediakan jasa pasang iklan gratis agar bisnis Anda semakin laris dan sukses!

1. OLX

Nama OLX pasti tidak asing lagi di telinga kita. OLX merupakan situs listing online atau situs pasang iklan gratis secara online pertama di Indonesia dan dunia. Dulu, OLX dikenal dengan nama Tokobagus yang sekarang berubah menjadi Online Exchange atau OLX. OLX kini menjadi platform iklan baris terbesar di dunia dengan ratusan marketplace yang tersebar di seluruh dunia. Ini menunjukkan bahwa OLX menjadi pilihan utama masyarakat untuk memasang iklan secara gratis. Anda dapat memasang iklan gratis di OLX dengan kuota tertentu. Jika Anda ingin mengiklankan dalam jumlah banyak, Anda dapat membayar. Namun, jangan khawatir, bagi bisnis kecil atau yang baru memulai, listing gratis dari OLX sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan promosi Anda!

Baca Juga: Mengungkap Fakta Menarik: 10 Negara dengan IQ Penduduk Tertinggi di Dunia

2. Kaskus Forum Jual Beli (FJB)

Forum Kasak Kusuk atau Kaskus merupakan situs forum terkemuka dan tertua di Indonesia yang telah dikenal luas masyarakat. Kaskus FJB, yang merupakan bagian dari forum Kaskus, masih menjadi pilihan utama banyak orang untuk membeli dan menjual barang secara online.

Bagi Anda yang ingin mempromosikan barang dagangan secara gratis, Kaskus FJB adalah tempat yang tepat. Mudah sekali untuk memasang iklan dengan cara login atau sign up di situs ini. Selain itu, Anda juga dapat berdiskusi langsung dengan calon pembeli di dalam lapak yang telah dibuat. Fasilitas ini tentunya sangat memudahkan proses jual beli Anda di Kaskus FJB.

Baca Juga: Perhatikan 8 Tanda Kuku Tidak Sehat, Mulai dari Mengelupas hingga Berubah Warna

3. Tokopedia

Tokopedia, situs belanja online atau e-commerce tertua di Indonesia, memiliki ciri khas dengan logo dan warna hijaunya yang terkenal. Banyak orang memilih Tokopedia sebagai pilihan utama dalam berbelanja. Selain itu, Anda juga dapat memasang iklan gratis di Tokopedia dengan login dan verifikasi rekening bank Anda. Tidak seperti situs listing lainnya, Tokopedia menyediakan fasilitas pembayaran melalui aplikasi langsung (rekening bersama) yang membuat dana pembeli aman dan resiko penipuan pun dapat diminimalisir. Bahkan, Tokopedia memiliki fitur Power Merchant / Official Store yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha dalam jumlah yang besar. Dengan komisi sebesar 10 - 15% dari harga barang yang terjual, Tokopedia juga menawarkan keuntungan berupa peningkatan profit yang semakin meningkat melalui peningkatan kemunculan toko pada kolom pencarian.

4. Sejasa.com

Apabila Anda memiliki bisnis jasa yang sulit dipasarkan di situs e-commerce atau listing, tak perlu khawatir! Solusinya adalah Sejasa.com, situs khusus promosi bisnis di bidang jasa seperti jasa menulis, jasa fotografi, jasa pengiriman barang, dan lain sebagainya. Di sini, Anda dapat membuat profil dan portofolio yang menarik untuk menarik perhatian dan kepercayaan pelanggan terhadap layanan jasa yang telah Anda tawarkan sebelumnya. Jadi, tunggu apalagi? Manfaatkan Sejasa.com untuk mempromosikan bisnis jasa Anda!

5. Bukalapak

Prinsip dasar Bukalapak sebenarnya mirip dengan Tokopedia, yakni sebagai e-commerce yang menyediakan ribuan produk dari berbagai penjual dengan fitur rekening bersama (rekber) yang aman dan nyaman untuk berbelanja. Namun, terdapat perbedaan yang membuat Bukalapak lebih menarik bagi konsumen yang mencari barang hobby atau barang bekas dengan kualitas terbaik. Sementara Tokopedia lebih berfokus pada penjualan barang-barang baru dan kebutuhan pokok. Jika Anda memiliki bisnis yang menjual barang hobby atau barang bekas dengan harga yang kompetitif, Bukalapak dapat menjadi media promosi yang sangat efektif. Yuk, coba sekarang!

6. Shopee

Seperti halnya Bukalapak dan Tokopedia, Shopee juga menawarkan fasilitas rekber yang aman bagi para pengguna e-commerce. Akan tetapi, Shopee memiliki keunikan dengan fokus pada bidang fashion pria dan wanita, serta barang-barang FMCG yang memikat. Tak heran jika Shopee telah menjadi tempat yang banyak dipilih oleh perusahaan-perusahaan ternama dalam industri FMCG untuk membuka Official Store mereka.

Jika Anda memiliki bisnis di sektor tersebut, Shopee dapat menjadi platform yang tepat untuk meningkatkan jangkauan bisnis Anda secara gratis dan menambah profit. Tidak ada salahnya untuk mencoba dan meraih kesuksesan dengan Shopee!

Baca Juga: Apasih itu IPO? Berikut Penjelasannya

7. Facebook Marketplace

Facebook merupakan salah satu platform sosial media yang memiliki fitur lengkap, terutama untuk bisnis. Selain fitur profile, Facebook juga menyediakan fitur page yang sangat bermanfaat untuk kegiatan usaha. Tidak hanya itu, fitur marketplace yang baru saja diperkenalkan oleh Facebook, memberikan kemudahan bagi Anda untuk memasang iklan secara gratis atau berbayar. Fitur ini sangat menarik karena Anda dapat mempromosikan bisnis Anda dan menjual produk dengan mudah melalui satu platform. Anda bisa membuat Page Official perusahaan Anda dan memasang iklan di fitur Marketplace dengan informasi lokasi, nama, profil Facebook penjual serta gambar yang interaktif. Tidak perlu bingung lagi mencari platform yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda secara online. Pilih Facebook dan manfaatkan fitur lengkapnya!

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda