Apakah Aman Makan Sebelum Tidur?

Apakah Aman Makan Sebelum Tidur?

Kamu mungkin sudah sering mendengar nasihat tentang makan sebelum tidur. Banyak orang mengatakan bahwa makan sebelum tidur bisa mengganggu metabolisme dan menyebabkan asam lambung naik. Menurut dokter, memang sebaiknya kita menghindari makan sebelum tidur. Namun, ahli diet Alexis Supan, RD, menyebutkan bahwa hal ini tidak selalu benar, meskipun umumnya kita memang disarankan untuk tidak makan menjelang tidur.

Jadi, Bolehkah Kita Makan Sebelum Tidur?

Baca Juga: Sering Sakit Pinggang? Cek Penyebab dan Cara Mencegahnya

Sebaiknya memang kita tidak makan sebelum tidur. Salah satu alasannya adalah karena fungsi tubuh akan terganggu. "Makan larut malam bertentangan dengan ritme sirkadian tubuh kita," kata Supan. Tubuh kita lebih sensitif terhadap insulin di pagi hari untuk memberi energi, sedangkan di malam hari resistensi insulin meningkat. Akibatnya, kalori dari makanan malam hari lebih cenderung disimpan sebagai lemak.

Baca Juga: Rahasia Kesehatan: 5 Minuman Terbaik untuk Diet dan Perlambat Penuaan

Makanan yang Disarankan Sebelum Tidur

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto Android dan iOS untuk Menghilangkan Objek Tertentu Maupun Background

Walaupun sebaiknya tidak makan sebelum tidur, terkadang hal ini tidak realistis. Jika kamu memang lapar, sayuran kukus atau mentah bisa menjadi pilihan terbaik. Jika ingin sesuatu yang manis, beberapa pilihan yang tidak terlalu merugikan antara lain:

Baca Juga: 10 Alasan Kacang Mete dapat Membantu Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

Sayuran (wortel, brokoli) dengan hummus.
Sayuran kukus atau mentah seperti tomat anggur atau kacang polong.
Sebuah apel dengan satu sendok makan selai kacang.
Beberapa buah dengan sepotong kecil coklat hitam.
Yogurt Yunani.

Selain jenis makanan, penting juga untuk memperhatikan porsinya. "Jangan makan dengan porsi besar sambil menonton TV atau bermain game. Ini bisa berbahaya," kata Supan. Jika ingin camilan manis, cukup ambil satu atau dua kue saja.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

Untuk tidur yang nyenyak, hindari makanan tinggi lemak dan gula seperti permen atau nasi goreng. Berhati-hatilah juga dengan minuman berkafein dan alkohol:

Kafein: "Selain mengganggu tidur, kafein juga berperan dalam penambahan berat badan jika diminum dalam bentuk kopi manis," jelas Supan.
Alkohol: Selain menambah kalori, alkohol juga dapat mengganggu tidur. Meskipun bisa membuat rileks, efeknya bisa mengganggu tidur.

Kapan Waktu Terbaik untuk Berhenti Makan?

Sebaiknya berhenti makan sekitar tiga jam sebelum tidur. Ini memberi waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan dan menghindari tidur dengan perut penuh atau lapar. Jika lapar sebelum tidur, camilan sehat seperti saran di atas bisa membantu tidur lebih nyenyak.

Label
tidur makan
Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda