Nikmati 5 Manfaat Pisang yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh!

Nikmati 5 Manfaat Pisang yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh!

Buah pisang adalah salah satu jenis buah yang sangat populer dan sering dikonsumsi oleh banyak orang. Tidak hanya enak, tetapi juga terkenal memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh Anda. Pisang mengandung nutrisi protein yang tinggi, sehingga sering menjadi pilihan para atlet sebagai makanan pendamping mereka. Ada banyak cara untuk menikmati pisang, baik itu langsung dikonsumsi atau diolah menjadi smoothie yang menyegarkan.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi pisang bagi tubuh:

Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi pisang sebelum melakukan olahraga dapat meningkatkan kekuatan tubuh Anda?

Baca Juga: Apakah Baju Oversized Cocok untuk Orang Bertubuh Kurus?

Menurut penelitian, pisang dapat dijadikan alternatif pengganti minuman olahraga yang biasanya kita konsumsi untuk menggantikan elektrolit yang hilang.

Baca Juga: 9 Bahan Alami yang Dapat Mengusir Kecoa dengan Efektif

Hal ini disebabkan karena kandungan kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B6 alami yang terdapat pada pisang sangat baik untuk tubuh kita.

Menjaga Kesehatan Jantung

Pisang termasuk salah satu jenis buah yang kaya akan serat. Kandungan serat pada pisang dapat membantu menurunkan berat badan karena memberikan rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: 10 Peralatan Mendaki Gunung yang Harus Anda Bawa, Jangan Sampai Terlewatkan!

Tidak hanya itu, serat juga dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan kita, termasuk usus. Kandungan serat pada pisang juga sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol stabil.

Baca Juga: 6 Buah dan Sayuran yang Harus Dikonsumsi oleh Penderita Kolesterol

Jika Anda mengonsumsi dua buah pisang yang mengandung 6 gram serat, itu akan memenuhi sekitar 23 persen dari kebutuhan harian tubuh Anda.

Melindungi dari Risiko Serangan Jantung

Ternyata, pisang kaya akan mineral mangan yang sangat berguna bagi tubuh. Mineral ini membantu proses metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino.

Tidak hanya itu, mangan juga memiliki manfaat lainnya seperti mencegah migrain, menurunkan risiko komplikasi kehamilan, serta menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung.

Menstabilkan Tekanan Darah

Ingin menjaga tekanan darah agar tetap stabil? Konsumsilah pisang! Buah yang satu ini mengandung kalium yang sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.

Menurut American Heart Association (AHA), orang yang mengalami hipertensi disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya kalium untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Tetapi, manfaat dari pisang hanya akan dirasakan secara optimal jika kita juga mengurangi konsumsi makanan yang kaya akan garam dan lemak.

Menurunkan Risiko Stroke

Pisang mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan risiko stroke, lho! Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi kalium dapat membantu menurunkan risiko stroke pada wanita usia lanjut pasca menopause. Jadi, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi pisang ya!

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda