Jauhi 7 Jenis Kain Ini Saat Cuaca Terik, Bikin Badan Makin Gerah

Jauhi 7 Jenis Kain Ini Saat Cuaca Terik, Bikin Badan Makin Gerah

Pemilihan bahan pakaian sangat penting untuk kenyamanan, terutama di tengah cuaca panas. Berikut ini adalah beberapa jenis kain yang sebaiknya dihindari saat cuaca terik.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca panas di Indonesia saat ini disebabkan oleh posisi semu matahari yang berada dekat dengan Khatulistiwa. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga Agustus 2024.

Bahan Pakaian yang Harus Dihindari Saat Cuaca Panas

Berikut beberapa bahan pakaian yang sebaiknya dihindari saat cuaca panas, dilansir dari Elle:

1. Poliester

Poliester adalah bahan yang terkenal karena sifatnya yang anti kusut. Namun, bahan ini tidak direkomendasikan saat cuaca panas karena tidak dapat menyerap kelembapan dan membuat pemakainya mudah berkeringat. Meskipun memiliki keunggulan seperti awet dan anti kusut, poliester tidak nyaman dipakai di cuaca terik.

Baca Juga: 10 Alasan Utama Mengapa Menurunkan Berat Badan Menjadi Sulit

2. Nilon

Nilon adalah bahan sintetis yang biasa digunakan untuk pakaian olahraga karena kemampuannya menyerap keringat. Namun, bahan ini tidak ideal untuk cuaca panas karena bisa menahan bau, menyebabkan lecet, dan memiliki kemampuan bernapas yang rendah, sehingga terasa panas saat dipakai.

3. Acrylic

Seperti nilon, bahan acrylic juga terasa panas dan bersifat abrasif. Bahan sintetis ini memiliki sirkulasi udara yang buruk, membuatnya tidak nyaman dipakai di cuaca panas.

4. Denim

Bahan denim cocok untuk gaya santai, tetapi tidak ideal untuk cuaca panas karena tidak dapat bernapas atau melar. Memakai denim di tengah terik matahari bisa menyebabkan keringat berlebih dan kulit lecet.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Skincare Lokal di Bawah Rp 100.000 yang Wajib Dicoba

5. Fleece

Fleece, yang dibuat dari poliester, tidak dapat menyerap kelembapan dan tidak bernapas, sehingga tidak nyaman dipakai saat cuaca panas.

6. Kulit

Bahan kulit cukup tebal dan tidak cocok untuk cuaca panas. Jika ingin memakai bahan kulit, pilihlah yang bergaya vintage, longgar, dan ringan seperti celana pendek atau kulot.

7. Rayon

Rayon adalah bahan yang ringan namun terbuat dari serat sintetis. Meskipun nyaman, bahan ini tidak mampu menyerap air dengan baik, sehingga tidak ideal untuk cuaca panas.

Baca Juga: Waspada! 5 Faktor Ini Dapat Memicu Handphone Cepat Panas

Dengan mengetahui jenis bahan yang sebaiknya dihindari, kamu bisa memilih pakaian yang lebih nyaman dan tetap stylish di tengah cuaca panas.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda