7 Jenis Bahasa Cinta dan Artinya, Kamu Termasuk yang Mana?

7 Jenis Bahasa Cinta dan Artinya, Kamu Termasuk yang Mana?

Bahasa cinta adalah cara seseorang mengekspresikan dan menerima kasih sayang dalam suatu hubungan. Istilah ini sering kita dengar sehari-hari, baik dari percakapan langsung maupun media sosial.

Melansir dari Verywell Mind dan Mind Body Green, konsep bahasa cinta pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992 oleh Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts. Chapman, seorang penulis dan konselor keluarga, menyadari bahwa setiap orang memiliki cara berbeda dalam mengkomunikasikan cinta. Hal ini sering menjadi sumber kesalahpahaman dalam hubungan karena masing-masing pasangan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Menariknya, bahasa cinta tidak hanya berlaku untuk pasangan, tetapi juga bisa diterapkan pada keluarga, teman, rekan kerja, atasan, bahkan diri sendiri.

7 Jenis Bahasa Cinta

Dalam bukunya, Chapman mengidentifikasi lima jenis bahasa cinta: kata-kata penegasan, waktu berkualitas, menerima hadiah, tindakan, dan sentuhan fisik. Seiring waktu, berdasarkan penelitian terhadap orang dewasa di AS yang dirangkum dalam E-Harmony 2023 Dating Trends Report, muncul dua jenis bahasa cinta baru. Jadi, total ada tujuh bahasa cinta, sebagai berikut:

1. Pujian Melalui Kata-Kata

Bahasa cinta pertama adalah kata-kata penegasan. Orang yang memiliki bahasa cinta ini merasa dicintai ketika menerima pujian atau apresiasi dari pasangan, keluarga, atau teman. Sebaliknya, mereka juga senang memberikan pujian untuk menunjukkan cinta dan perhatian mereka.

2. Waktu yang Berkualitas

Orang dengan bahasa cinta waktu berkualitas merasa dicintai ketika pasangannya meluangkan waktu untuk bersama-sama tanpa gangguan. Mereka menghargai momen kebersamaan yang diisi dengan kegiatan bermakna dan percakapan mendalam.

Baca Juga: Dampak Buruk Menonton Film Tak Sesuai Usia untuk Anak

3. Menerima Hadiah

Bahasa cinta ini membuat seseorang merasa dicintai saat menerima hadiah. Bagi mereka, hadiah adalah simbol visual dari cinta dan perhatian. Bukan nilai material dari hadiah yang penting, tetapi usaha dan perhatian di baliknya.

4. Tindakan

Orang dengan bahasa cinta ini merasa dihargai melalui tindakan baik yang dilakukan pasangan. Tindakan kecil seperti membuatkan kopi atau membantu pekerjaan rumah bisa sangat berarti bagi mereka.

5. Sentuhan Fisik

Sentuhan fisik seperti memegang tangan, memeluk, atau mengelus kepala adalah cara utama untuk mengekspresikan cinta bagi mereka yang memiliki bahasa cinta ini. Sentuhan fisik memberikan rasa nyaman dan kehangatan emosional.

Baca Juga: Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

6. Berbagi Pengalaman

Bahasa cinta ini melibatkan menciptakan kenangan bersama. Orang dengan bahasa cinta ini menghargai waktu berkualitas yang dihabiskan bersama, seperti menonton film atau jalan-jalan ke taman.

7. Keamanan Emosional

Orang dengan bahasa cinta ini merasa dicintai ketika mereka bisa menjadi diri sendiri dan berbicara terbuka tanpa takut dihakimi. Keamanan emosional tercipta melalui percakapan intim dan penerimaan yang tulus.

Mengetahui bahasa cinta kita dan pasangan dapat membantu membangun hubungan yang lebih harmonis dan saling memahami.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda