Cara Efektif Mengurangi Rambut Rontok Saat Tidur

Cara Efektif Mengurangi Rambut Rontok Saat Tidur

Menghadapi rambut rontok memang bisa sangat mengganggu, terutama saat aktivitas sehari-hari seperti menyisir, keramas, dan tidur justru memperparah kondisi tersebut. Faktanya, banyak kerusakan rambut terjadi saat kita tidur karena gesekan dengan bantal, penataan rambut yang tidak tepat, atau kondisi lingkungan yang tidak mendukung seperti suhu dan kelembapan yang tidak pas.

Mengubah beberapa kebiasaan sebelum tidur bisa memberikan perbedaan besar. Karena sel induk folikel rambut epitel bekerja saat kita tidur, perawatan yang tepat sangat penting untuk membantu pertumbuhan rambut secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rambut rontok saat tidur:

1. Pilih Sarung Bantal Sutra atau Satin

Sarung bantal sutra memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan dengan katun, sehingga mengurangi gesekan antara rambut dan bantal. Selain itu, bahan katun cenderung menyerap kelembapan dari rambut, membuatnya kering, kusut, dan mudah patah. Sutra tidak memiliki efek tersebut, sehingga lebih baik untuk menjaga kesehatan rambut.

2. Hindari Tidur dengan Rambut Basah

Rambut basah berada dalam kondisi paling rentan. Jadi, jika kamu sering mandi malam, pastikan rambut benar-benar kering sebelum tidur. Berikan waktu sekitar satu atau dua jam agar rambut mengering secara alami, karena penggunaan hair dryer yang berlebihan juga dapat merusak rambut.

Baca Juga: Ikuti Cara Ini Untuk Melunasi Hutang yang Begitu Banyak

3. Gunakan Masker Rambut

Masker rambut yang digunakan semalaman memberikan hidrasi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Seperti penggunaan serum malam pada wajah, masker rambut semalaman membantu meningkatkan elastisitas, keutuhan, dan kilau rambut. Hal ini juga membuat rambut lebih mudah diatur keesokan harinya.

4. Aplikasikan Perawatan Kulit Kepala

Selain masker rambut, perawatan kulit kepala juga penting. Mengoleskan krim atau minyak alami seperti lidah buaya atau minyak kelapa dapat merangsang pertumbuhan sel rambut yang sehat. Krim perawatan kulit kepala dari berbagai merek juga bisa menjadi pilihan.

5. Sisir Rambut Sebelum Tidur

Menyisir rambut sebelum tidur dapat mengurangi kusut yang bisa berubah menjadi rambut gimbal saat tidur. Menyisir rambut dengan lembut membantu menjaga rambut tetap rapi dan mengurangi kerontokan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Tips Merawat Kulit Wajah agar Sehat dan Indah

6. Hindari Mengikat Rambut Saat Tidur

Gaya rambut yang diikat atau dikepang terlalu ketat bisa merusak rambut, terutama jika dilakukan saat tidur. Ketegangan ini dapat menyebabkan traksi alopecia, yaitu kerontokan rambut akibat tarikan yang berlebihan. Sebagai alternatif, pilihlah kepang longgar dengan ikatan lembut untuk mengurangi tarikan dan mencegah kusut.

Selain itu, hindari penggunaan topi tidur yang ketat kecuali terbuat dari sutra. Topi tidur yang ketat dapat memberikan tekanan berlebih pada kulit kepala dan merusak folikel rambut.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda