Menikmati Hidangan Favorit Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

Menikmati Hidangan Favorit Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

Makanan favorit seringkali menjadi godaan utama saat mencoba menjaga berat badan tetap ideal. Namun, dengan sedikit kreativitas dan pengetahuan tentang cara bijak mengonsumsinya, kita dapat tetap menikmati hidangan favorit tanpa merasa bersalah.

Pizza

Pilih kulit pizza yang tipis untuk mengurangi asupan kalori dan menambah kandungan serat, sehingga meningkatkan rasa kenyang. Kurangi jumlah keju untuk mengurangi kalori dan lemak jenuh. Pilih topping sehat seperti sayuran dan jamur daripada daging merah atau daging olahan.

Burger

Pilih burger ayam atau vegetarian untuk mengurangi lemak jenuh dan kalori. Roti gandum menyediakan lebih banyak serat, membantu mengendalikan nafsu makan. Sajikan burger dengan bungkus selada untuk mengurangi karbohidrat dan kalori.

Pasta

Pilih pasta gandum atau buncis yang lebih banyak mengandung serat dan protein, membuat kita kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori keseluruhan.

Ice Cream

Pilih low-fat atau Greek frozen yogurt yang mengandung lebih sedikit gula dan lemak dibandingkan es krim biasa.

Dark Chocolate

Baca Juga: 5 Ciri Kucing Hamil yang Jarang Diketahui dan Cara Merawatnya

Dark chocolate dengan kandungan kakao tinggi kaya akan antioksidan dan lebih rendah gula, sehingga bisa dinikmati tanpa mengganggu upaya penurunan berat badan.

Kentang Goreng

Panggang ubi jalar atau zucchini untuk mengurangi kandungan minyak dan kalori. Pertimbangkan menggunakan air fryer untuk mengurangi lemak sepenuhnya.

Macaroni and Cheese

Gunakan pasta gandum utuh dan kurangi saus keju untuk mengurangi kalori dan meningkatkan serat pada menu ini.

Baca Juga: 10 Kota dan Kabupaten Terkotor di Indonesia yang Perlu Diperhatikan

Ayam Goreng

Pilih metode memanggang atau air-frying untuk mengurangi penyerapan minyak dan kalori.

Tumisan

Pilih tumisan dengan banyak sayuran berwarna-warni, protein tanpa lemak seperti ayam atau tahu, dan sedikit saus rendah sodium.

Omelet

Isi omelet dengan sayuran seperti bayam, tomat, dan jamur serta sedikit keju rendah lemak atau salsa. Telur adalah sumber protein dan nutrisi penting, sementara sayuran menambah serat dan rasa kenyang.

Keripik Kentang

Pilih keripik yang dipanggang untuk mengurangi kandungan minyak dan kalori namun tetap memberikan kerenyahan yang memuaskan.

Kue

Gunakan pengganti sehat seperti saus apel atau Greek yogurt untuk menurunkan kadar lemak dan menambah rasa. Ganti gula dengan pemanis buatan untuk mengurangi karbohidrat dan kalori.

Baca Juga: 10 Jenis Kucing yang Terkenal di Dunia Serta Ciri Khas dan Kisaran Harganya

Nasi Goreng

Gunakan nasi kembang kol dan tambahkan sayuran untuk meningkatkan serat dan mengurangi kalori.

Cookies

Buat cookies dengan tepung almond, gandum, dan pemanis buatan untuk mengurangi gula dan meningkatkan kandungan serat.

Mashed Potatoes

Baca Juga: 10 Alasan Utama Mengapa Menurunkan Berat Badan Menjadi Sulit

Gunakan susu atau kaldu rendah lemak sebagai pengganti krim dan mentega untuk mengurangi kalori dan lemak. Cobalah mashed potato kembang kol untuk pilihan karbohidrat dan kalori yang lebih rendah.

Pancakes

Gunakan campuran biji-bijian dan kurangi gula tambahan. Tambahkan topping buah segar untuk pancake yang lebih tinggi serat dan protein serta rendah kalori.

Ikan Bakar

Memanggang atau membakar ikan mengurangi penyerapan minyak dan kalori, membuatnya menjadi pilihan lebih sehat.

Sayap Ayam

Memanggang atau membakar sayap ayam daripada menggoreng mengurangi kalori dan lemak. Sajikan dengan seledri dan saus ranch ringan untuk menambah serat dan mengurangi kalori.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda