10 Cara Ampuh Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan Alami di Rumah

10 Cara Ampuh Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan Alami di Rumah

Kita semua ingin memiliki gigi yang bersih dan putih agar terlihat lebih percaya diri. Namun, tidak sedikit dari kita yang mengalami perubahan warna pada gigi, terutama ketika semakin bertambah usia. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan pada akhirnya gigi bisa menjadi kuning dan tidak menarik.

Tetapi, apakah ada cara untuk memutihkan gigi kuning tersebut? Mari kita cari tahu bersama-sama.

1. Merawat Kesehatan Gigi dengan Sikat Gigi dan Flossing

Kesehatan gigi yang optimal dapat dijaga dengan melakukan perawatan gigi yang benar, terutama untuk menghindari gigi menguning. WebMD merekomendasikan untuk rutin melakukan sikat gigi dan flossing. Saat menyikat gigi, lakukan dengan lembut untuk membersihkan noda pada gigi. Flossing juga sangat penting untuk membersihkan sisi gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

2. Hidrogen Peroksida sebagai Pemutih Gigi

Hidrogen peroksida dapat digunakan sebagai zat pemutih gigi yang ringan. Namun, penggunaan zat ini perlu dilakukan dengan hati-hati karena dapat meningkatkan sensitivitas gigi atau mengiritasi gusi, terutama pada orang yang telah memiliki gigi sensitif. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan dengan matang sebelum melakukan penggunaan zat ini dalam jangka panjang.

Baca Juga: 7 Tips Mencegah Anak Menangis saat Potong Rambut yang Harus Diketahui

3. Rahasia Memutihkan Gigi dengan Cuka Apel

Anda ingin memiliki gigi yang putih dan bersih? Cobalah menggunakan cuka apel! Namun perlu diingat, sebelum mengaplikasikan cuka apel pada gigi, pastikan untuk berkumur terlebih dahulu. Selain itu, perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak cuka apel karena kandungan asamnya dapat memperburuk kondisi gigi yang sudah gelap.

4. Kunyit: Bumbu Dapur yang Bisa Memutihkan Gigi

Siapa sangka kunyit yang sering digunakan sebagai bumbu kari ternyata bisa digunakan untuk memutihkan gigi! Cara penggunaannya pun mudah, cukup mengeringkan kunyit lalu menumbuknya hingga menjadi bubuk. Kemudian tambahkan sedikit air dan aplikasikan ke gigi. Selain memiliki rasa yang sedikit pahit, kunyit juga bisa menjadi pilihan yang lebih alami dan aman untuk memutihkan gigi Anda.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Tertentu

Makanan dan minuman tertentu dapat membuat gigi menjadi kuning. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kandungan tanin dan asam pada makanan tersebut. Beberapa minuman seperti wine, teh, kopi, atau jus mengandung tanin yang dapat memberikan efek kuning pada gigi. Selain itu, makanan asam seperti jeruk dapat mengikis lapisan enamel gigi sehingga terlihat kuning.

Baca Juga: 10 Tips Ampuh untuk Memanjangkan dan Memperkuat Rambut dengan Cepat

Untuk itu, sebaiknya mengurangi konsumsi makanan dan minuman tersebut guna menjaga keputihan gigi.

6. Berhenti Merokok

Rokok atau produk tembakau lainnya dapat membuat gigi menjadi kusam karena kandungan nikotin yang terkandung di dalamnya. Selain itu, rokok juga dapat merusak gigi dan memicu penyakit pada gusi. Oleh karena itu, berhenti merokok merupakan cara yang tepat untuk mengembalikan keputihan gigi.

Baca Juga: Tips Merawat Kulit Wajah agar Sehat dan Indah

7. Teknik Oil Pulling

Teknik oil pulling merupakan cara alami mencuci mulut dengan minyak untuk membersihkan kotoran, bakteri, dan plak. Namun, sebelum menggunakan teknik ini, sebaiknya sikat gigi terlebih dahulu selama 20 menit untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak bunga matahari merupakan beberapa jenis minyak yang cocok untuk digunakan dalam teknik oil pulling.

Baca Juga: Cara Mudah Menghindari Penipuan Saat Belanja Online, Hati-Hati dengan Konten AI!

8. Penggunaan Baking Soda

Soda kue atau baking soda dapat digunakan secara lembut dan perlahan untuk menghilangkan noda pada gigi. Selain itu, soda kue juga efektif dalam melawan bakteri sehingga dapat mengurangi plak dan mencegah kerusakan gigi yang lebih parah.

9. Rahasia Putih Gigi dengan Buah-buahan

Tahukah Anda bahwa buah-buahan seperti pepaya atau nanas mengandung papain dan bromelain yang dapat membantu memutihkan gigi? Kedua enzim tersebut mengandung gel pemutih yang efektif untuk memutihkan gigi. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati karena asam di dalam buah-buahan justru dapat membuat warna gigi Anda semakin buruk. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat jus sangat kental seperti gel atau krim dan mengoleskannya pada gigi Anda. 

10. Keajaiban Makanan Berserat Tinggi bagi Gigi

Mengunyah makanan berserat tinggi seperti sayuran dan kacang-kacangan dapat membantu menetralkan asam di mulut dan melindungi enamel gigi. Tak hanya itu, sayuran dan kacang-kacangan juga dapat merangsang produksi air liur yang membantu membersihkan mulut dari asam. Jadi, jangan ragu lagi untuk menambahkan makanan berserat tinggi pada menu makan Anda untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda