Tak Perlu ke Dokter, Coba 6 Cara Ini untuk Mengobati Diare di Rumah

Tak Perlu ke Dokter, Coba 6 Cara Ini untuk Mengobati Diare di Rumah

Anda pasti pernah mengalami masalah pencernaan seperti diare, bukan? Ini adalah masalah yang sering terjadi dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Diare dapat membuat kita sering buang air besar dan terasa tidak nyaman di perut. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi diare, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Tidak hanya lebih aman, namun juga bisa membantu meringankan gejala dan mempercepat pemulihan. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Cara mengobati diare dengan pengobatan rumahan

Ternyata, pengobatan rumahan terbukti efektif dalam meringankan gejala dan mempercepat penyembuhan diare, seperti yang dilaporkan oleh Medical News Today. Meskipun begitu, penting untuk diingat bahwa diare yang terjadi dalam waktu lama memerlukan perawatan medis yang tepat. Oleh karena itu, metode pengobatan alami berikut ini hanya dapat diterapkan pada kasus diare yang masih tergolong ringan atau sedang. Yuk, simak cara-cara alami mengobati diare di bawah ini!

Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi Saat Mengalami Diare

Diare bisa membuat tubuh kekurangan cairan, yang bisa menyebabkan badan lemas dan lesu. Oleh karena itu, penting untuk mengobati diare dengan memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh dengan banyak minum air. Jangan sampai tubuh kehilangan elektrolit penting seperti natrium dan klorida karena kekurangan cairan. Memulihkan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup sangat dianjurkan agar pemulihan dari diare bisa lebih cepat. Jika tidak, risiko dehidrasi pada anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua sangat besar, jadi pastikan untuk selalu mendorong mereka untuk minum air saat mengalami diare.

Membuat Larutan Rehidrasi Oral

Baca Juga: Cara Mudah Menghemat Air di Rumah

Selain minum air putih, cara mengobati diare selanjutnya adalah dengan membuat larutan rehidrasi oral yang dapat membantu mengembalikan cairan tubuh lebih cepat. Untuk membuat larutan tersebut, campurkan setengah sendok teh garam dan enam sendok teh gula ke dalam satu liter air. Mengonsumsi larutan tersebut dapat membantu usus menyerap cairan dengan lebih efisien karena kandungan garam dan gula yang ada di dalamnya. Solusi ini lebih efektif dalam merehidrasi tubuh setelah mengalami diare dibandingkan hanya dengan minum air putih saja.

Manfaat Minum Jus dan Minuman Isotonik untuk Mengatasi Dehidrasi Akibat Diare

Jika Anda mengalami diare, minuman isotonik atau minuman olahraga dapat membantu merehidrasi tubuh dan mengembalikan kalium serta natrium yang hilang. Kandungan ion dalam minuman isotonik juga bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh. Selain itu, Anda dapat memulihkan kadar kalium dalam tubuh dengan minum jus buah. Namun, perlu dihindari minuman yang dapat membuat saluran pencernaan semakin teriritasi seperti minuman berkafein, alkohol, minuman berkarbonasi, dan minuman yang sangat panas.

Baca Juga: Cara Memilih Outfit yang Tepat untuk Pemilik Payudara Besar

Cara Mengobati Diare Secara Alami dengan Diet Pemulihan

Cara mengatasi diare secara alami selanjutnya adalah dengan melakukan diet makanan porsi kecil. Dalam diet ini, Anda perlu mengonsumsi makanan tertentu yang dapat mempercepat penyembuhan diare. Beberapa makanan yang dianjurkan adalah makanan yang kaya akan pektin seperti buah-buahan, makanan tinggi kalium seperti kentang dan ubi jalar, makanan dengan elektrolit seperti sup miso dan minuman isotonik, serta makanan yang mengandung serat dan protein tinggi. Beberapa orang juga menemukan bahwa melakukan diet pemulihan selama 24 jam pertama saat mengalami diare dapat membantu memulihkan sistem pencernaan.

Hindari Makanan Penyebab Diare

Baca Juga: Tips Membersihkan Kulkas yang Mudah dan Hemat, Tidak Perlu Khawatir Bau dan Kuman

Menurut artikel kesehatan di Healthline, salah satu cara mudah mengobati diare agar tidak semakin parah adalah dengan menghindari makanan-makanan yang bisa memicu diare. Beberapa makanan penyebab diare yang sebaiknya dihindari karena bisa merusak saluran pencernaan dan memperparah kondisi diare antara lain adalah makanan tinggi lemak, berminyak, pedas, mengandung pemanis buatan, serta fruktosa yang tinggi. Selain itu, beberapa dokter juga merekomendasikan untuk menghindari produk susu karena bisa memperburuk diare pada beberapa orang.

Perkuat Saluran Pencernaan dengan Konsumsi Makanan dan Minuman Mengandung Probiotik

Probiotik merupakan sumber bakteri baik yang dapat membantu menciptakan lingkungan saluran pencernaan yang sehat. Ada banyak makanan yang mengandung probiotik, seperti keju Swiss, keju cheddar, edam, cottage, jus bit kvass, coklat hitam, zaitun hijau, kimchi, kombucha, asinan kubis, miso, natto, acar, tempe, dan yogurt. Bakteri baik ini memiliki peran penting dalam melindungi saluran pencernaan dari infeksi dan juga membantu menyembuhkan diare dengan mengembalikan keseimbangan bakteri di usus.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda