6 Alasan Kenapa Belajar Bahasa Inggris Itu Penting

6 Alasan Kenapa Belajar Bahasa Inggris Itu Penting

Mengapa selalu ada orang yang menasihati Anda untuk mempelajari bahasa Inggris? Apa sebenarnya pentingnya belajar bahasa Inggris? Sebagai bahasa global, hampir seluruh negara di dunia mengakui bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda melihat posting di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat belajar bahasa Inggris.

1. Bahasa Inggris memberi Anda akses ke pengetahuan dunia

Menguasai Bahasa Inggris memberikan Anda kesempatan untuk memperluas wawasan tentang dunia. Bahasa ini merupakan bahasa utama dalam teknologi tinggi seperti ilmu komputer, genetika, dan kedokteran. Untuk membaca dokumen terkait bidang tersebut, Bahasa Inggris menjadi keharusan. Oleh karena itu, Bahasa Inggris menjadi alat penting untuk menambah pengetahuan dan memperluas pandangan dunia Anda. Tanpa Bahasa Inggris, akses Anda terhadap ilmu pengetahuan akan terbatas. Seperti pepatah Prancis mengatakan, "Anda menjalani kehidupan baru untuk setiap bahasa baru yang Anda gunakan. Jika Anda hanya tahu satu bahasa, Anda hanya hidup sekali". Selain itu, dengan menguasai Bahasa Inggris, Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mempelajari budaya lain melalui sastra. Sebagian besar buku asing populer diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris daripada bahasa lain. Bahkan, sebagian besar informasi di internet juga disajikan dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu, menguasai Bahasa Inggris dapat membuka jalan untuk mengeksplorasi dunia dengan lebih luas.

2. Bahasa Inggris memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk belajar di sekolah terbaik di dunia

Seperti yang diketahui semua, sekolah-sekolah terbaik yang terletak di negara-negara berbahasa Inggris seperti Harvard, Oxford, dan Yale, memiliki reputasi yang sangat baik di seluruh dunia. Selain itu, karena bahasa Inggris digunakan di berbagai negara, Anda dapat menemukan banyak sekolah di seluruh dunia yang menawarkan kursus bahasa Inggris yang menarik. Jika Anda belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, Anda akan menemukan lebih banyak peluang untuk memperdalam pengetahuan Anda. Lebih jauh lagi, kemahiran dalam berbahasa Inggris akan membuka peluang besar untuk mendapatkan beasiswa internasional. Ada banyak organisasi internasional yang memberikan kesempatan beasiswa kepada siswa yang pandai berbahasa Inggris.

Namun, jika Anda belum tertarik untuk belajar bahasa Inggris, ada beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya mempertimbangkannya. Siapa tahu, kemampuan bahasa Inggris akan membuka peluang baru bagi Anda.

3. Anda dapat bepergian ke mana saja di dunia dengan mudah dengan bahasa Inggris

Ludwig Wittgenstein, seorang filsuf Austria terkenal, menyatakan bahwa "batas dunia Anda bergantung pada batas bahasa Anda." Artinya, kemampuan Anda dalam memahami dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris akan sangat memudahkan perjalanan Anda di seluruh dunia. Bahasa Inggris akan membantu Anda merasa lebih percaya diri dan aman ketika berada di negara yang tidak menggunakan bahasa asli Anda. Selain itu, bahasa Inggris juga memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pelancong lain atau penduduk setempat saat bepergian, sehingga membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan dan bermanfaat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari dan memahami bahasa Inggris agar dapat menikmati pengalaman perjalanan yang lebih berharga.

4. Bahasa Inggris akan membuka peluang kerja yang lebih baik untuk Anda

Bagi mereka yang bekerja di organisasi internasional atau multinasional, kemampuan berbahasa Inggris memiliki keuntungan besar. Selain kemampuan untuk berkomunikasi dengan klien atau mitra bisnis dari negara lain, bahasa Inggris juga dapat membantu meningkatkan karier Anda. Terlebih lagi, bagi mereka yang ingin mengejar karir di bidang ilmu kedokteran, ilmu komputer, dan teknologi, belajar bahasa Inggris menjadi suatu keharusan yang tak terelakkan.

5. Anda bisa mendapatkan teman baru

Bahasa Inggris memiliki pengguna sebanyak 400 juta orang di seluruh dunia, yang membuatnya menjadi bahasa pertama atau bahasa ibu yang populer. Bahasa ini bahkan diakui sebagai bahasa resmi di ratusan negara di seluruh dunia dan diprediksi sekitar 565 juta orang menggunakannya di Internet. Dengan mahir berbahasa Inggris, Anda bisa berteman dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Selain dapat membantu perkembangan pribadi, mengenal teman baru bisa menjadi inspirasi untuk meraih kesuksesan.

6. Dapat melatih otak Anda

Kini, meskipun Anda telah menolak ke lima alasan di atas, alasan berikut ini tak dapat Anda tolak. Sebab, ini berkaitan dengan kesehatan Anda. Siapakah yang tak ingin memiliki daya ingat yang tajam dan otak yang fokus serta mampu memproses informasi dengan baik?

Baca Juga: Rekomendasi 10 Ide Jualan Makanan Kekinian yang Enak dan Dijamin Laris

Penelitian membuktikan bahwa orang yang lancar berbicara lebih dari satu bahasa cenderung memiliki daya ingat yang lebih baik, kreativitas kognitif yang lebih tinggi, dan lebih fleksibel secara mental dibandingkan dengan orang yang hanya menguasai satu bahasa. Belajar bahasa baru pun terbukti mampu mencegah penyakit Alzheimer dan demensia dini. Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan kesehatan otak Anda dengan mempelajari bahasa baru.

Baca Juga: Rahasia Sukses: 10 Cara Memulai Bisnis Tanpa Harus Mengeluarkan Modal

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda