8 Tempat Wisata di Jakarta, No 1 Wajib Dikunjungi!

8 Tempat Wisata di Jakarta, No 1 Wajib Dikunjungi!

Pasti sudah tak asing lagi bagi Anda bahwa Jakarta merupakan sebuah kota metropolitan yang penuh dengan keramaian dan polusi, serta pusat bisnis yang menjadi ciri khasnya. Namun, apakah terdapat tempat yang dapat memberikan ketenangan dan hiburan sementara dari segala kesibukan tersebut? Jawabannya pasti ada, terdapat beragam atraksi utama yang dapat dijelajahi di Jakarta, Indonesia.

Sebenarnya, terdapat puluhan destinasi wisata yang dapat ditemukan di Jakarta, terutama di daerah luar kota. Tempat-tempat ini masih mempertahankan kealamian dan keindahan yang terjaga dengan baik. Hal ini pastinya menjadi kabar gembira bagi masyarakat Jakarta yang tengah mencari tempat untuk bersantai dan menenangkan diri. Tertarik untuk mengetahui apa saja tempat wisata terpopuler yang dapat dikunjungi di Jakarta, Indonesia? Berikut ini adalah daftar lengkapnya.

1. Monas (Monumen Nasional)

Monumen Nasional atau yang biasa disebut Monas adalah sebuah menara setinggi 132 meter yang dibangun untuk memperingati perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan Monas dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 atas perintah dari Presiden Sukarno dan baru dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Monumen ini menjadi semakin menarik karena terdapat api berlapis emas yang melambangkan semangat perjuangan yang berkobar-kobar.

Anda akan terkejut mengetahui bahwa Monas juga memiliki ruangan bawah tanah yang berada di kedalaman 3 meter dari permukaan tanah dan didalamnya terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Museum ini memiliki ruangan besar berukuran 80 x 80 meter dan mampu menampung sekitar 500 pengunjung. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Monas, tiket masuk yang harus dibayar adalah Rp5.000,- untuk dewasa dan Rp3.000,- untuk anak-anak ditambah dengan biaya lift sebesar Rp10.000,- untuk mencapai platform puncak Monas.

Monas memiliki ruangan besar berlapis marmer yang dilengkapi dengan 48 diorama di keempat sisinya dan 3 diorama di tengahnya, total ada 51 diorama. Diorama ini menampilkan sejarah Indonesia dari zaman prasejarah hingga Orde Baru. Monas adalah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi karena terdapat banyak hal menarik yang bisa dilihat dan dieksplorasi. Jadi, jika Anda ingin mengenal lebih dalam tentang sejarah Indonesia, jangan lupa untuk mengunjungi Monas!

2. TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII), merupakan kawasan taman wisata yang memadukan nilai budaya Indonesia. Lokasinya berada di wilayah Jakarta Timur dan memiliki luas sekitar 1,5 kilometer persegi atau 150 hektare. TMII menjadi miniatur Negara Kesatuan Republik Indonesia, di mana pengunjung dapat merasakan berbagai keunikan budaya dari Sabang hingga Merauke melalui miniatur pulau yang dihadirkan di tengah danau.

Selain itu, di sini terdapat juga pameran pakaian adat, area tari, berbagai museum, rumah ibadah dari agama resmi di Indonesia, dan masih banyak lagi. Melalui objek wisata ini, pengunjung dapat merasakan sensasi mengunjungi seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai keanekaragaman budayanya.

Baca Juga: Jelajahi 10 Destinasi Wisata Terbaik di Papua dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Tak hanya itu, TMII juga menawarkan tiket masuk dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp1.000,- hingga Rp30.000,- (dikenakan tiket masuk setiap kali masuk) dan buka setiap hari mulai pukul 07.00-22.00. Dengan segala keunikan yang dimiliki, TMII patut menjadi destinasi wisata wajib untuk dikunjungi.

3. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan, yang merupakan kebun binatang pertama yang dibangun di Indonesia, memiliki cerita yang menarik. Awalnya didirikan pada tahun 1864 dan terletak di daerah Cikini, Jakarta Pusat dengan luas 10 hektar. Namun, pada tahun 1964, kebun binatang ini dipindahkan ke kawasan Ragunan, selatan Jakarta dan diresmikan sebagai Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966 seluas kurang lebih 140 hektar. Lokasinya yang mudah dijangkau dengan kendaraan umum seperti bus atau bus Transjakarta karena berada tepat di sebelah Halte Busway Ragunan. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kendaraan pribadi, karena tempat parkir tersedia. Selama periode liburan tertentu seperti Natal, Tahun Baru atau libur panjang, pengunjung di kebun binatang ini begitu banyak. Oleh karena itu, pastikan untuk mengunjungi kebun binatang pada waktu yang tepat. Selain itu, harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp4.000,- untuk dewasa dan Rp3.000,0 untuk anak-anak. Kebun Binatang Ragunan buka pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 07.00-16.00.

Baca Juga: 10 Wisata Seru di Klaten untuk Liburan Keluarga yang Berkesan

4. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan salah satu kawasan wisata alam yang populer di Jakarta, ibu kota Republik Indonesia. Terletak tidak jauh dari pusat kota, Kepulauan Seribu kerap dijadikan tempat singgah untuk beristirahat bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Di sini terdapat ratusan pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni dan pemandangan yang sangat indah. Berbeda dengan pantai utara sekitar Jakarta yang terkenal dengan permukiman kumuh, kotor dan kurang terawat, Pulau Seribu sangat teratur, bersih, dan air lautnya sangat jernih. Tidak heran jika Kepulauan Seribu dijuluki sebagai "Maladiven van Java" yang merujuk pada keindahan pulau-pulau tropis yang berjejer seperti di Maladewa. Menjadi pengalaman yang patut dicoba untuk mengunjungi destinasi ini.

5. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta, atau yang dikenal dengan Batavia Lama, merupakan pusat perdagangan Asia pada masa kolonial Belanda. Kini, kawasan sebesar 139 hektar ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya bangunan dengan arsitektur bergaya Eropa dan Tionghoa yang memukau, Kota Tua Jakarta juga menyimpan sejarah yang kaya.

Dahulu, pedagang dari seluruh dunia berdatangan ke sini untuk melakukan transaksi, membuat kawasan ini dijuluki sebagai "Ratu Timur" serta "Permata Asia". Bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Kota Tua Jakarta sudah berdiri sejak abad ke-17 dan menjadi bukti kejayaan masa lalu.

Bagi Anda yang mencintai tempat-tempat bersejarah, Kota Tua Jakarta adalah tempat yang wajib dikunjungi. Tiket masuk ke kawasan ini tidak dipungut biaya, namun untuk museum yang ada di sana memiliki jam operasional tersendiri. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan sampai ketinggalan untuk merasakan suasana masa lalu yang masih terasa di Kota Tua Jakarta.

Baca Juga: 30 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Wajib Dikunjungi di Indonesia

6. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol, yang terletak di Jakarta Utara, menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi. Selain memberikan hiburan seni, budaya, dan pengetahuan yang berkualitas, tempat ini juga berkomitmen dalam menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik untuk mewujudkan komunitas 'Life Re-Creation' yang menjadi kebanggaan bangsa.

Dalam pengelolaannya, Taman Impian Jaya Ancol dikendalikan oleh anak perusahaannya, yaitu Taman Impian Jaya Ancol Corp ("TIJA") yang mengatur manajemen pariwisata seperti rekreasi, resor, hiburan, konvensi, dan belanja. Kawasan wisata terpadu seluas 552 Ha yang berada di dekat pantai ini menjadi lokasi terbaik di Jakarta dengan akses mudah melalui jalan tol, busway, dan kereta api. Tak heran jika tempat ini menjadi favorit bagi anak-anak.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Trenggalek yang Menghadirkan Pengalaman Liburan Keluarga yang Tidak Terlupakan

7. Dufan (Dunia Fantasi)

Dufan, sebuah tempat wisata yang tak asing lagi di kalangan masyarakat kota Jakarta. Berbagai wahana menarik dan permainan bisa Anda temukan di sana. Jika Anda bingung mencari tempat wisata yang menarik, maka Dufan Ancol merupakan pilihan yang sangat tepat. Anda dapat mengunjunginya bersama keluarga, kerabat, atau pasangan.

Meskipun ada banyak wahana yang tersedia di Dufan, tentu saja Anda tidak bisa mencobanya semua dalam satu hari. Namun, Anda dapat mencobanya satu persatu di kesempatan yang lain. Selain Dufan Ancol, ada pilihan lain seperti Ocean Dream Ocean, Atlantis Water Adventure, dan Ecopark yang juga menawarkan wahana yang menarik. Semua tempat tersebut dapat Anda nikmati untuk menghilangkan kepenatan setelah beraktivitas seharian.

8. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah atau Gedung Sejarah Jakarta yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat merupakan destinasi wisata yang sangat menarik. Museum yang memiliki luas lebih dari 1.300 meter persegi ini memiliki keunikan tersendiri. Arsitektur bangunan bergaya abad ke-17 dengan gaya neoklasik yang menjulang tinggi dengan tiga lantai yang dilengkapi dengan cat tanah kuning, kusen pintu dan jendela kayu jati menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Sejarah museum ini mencakup berbagai aspek kehidupan Jakarta dari masa ke masa. Didirikan oleh Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen pada tahun 1620 sebagai gedung balai kota ke-2 pada tahun 1626, museum ini memiliki nama resmi Gedung Sejarah Jakarta.

Setelah mengunjungi Kota Tua Jakarta, Museum Fatahillah harus menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi. Melihat arsitektur bangunan yang unik dan mengetahui sejarah Jakarta dari masa ke masa pastinya akan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan.



Pilihan Untuk Anda