15 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Jika bicara mengenai tempat wisata di Jawa Tengah, mungkin Solo dan Yogyakarta sudah menjadi tujuan populer bagi para wisatawan. Namun, tak disangka, Semarang juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Mulai dari taman bermain terbesar di Jawa Tengah hingga wisata alam yang indah dan cocok dijadikan bahan foto Instagram, Semarang memiliki semuanya.

Bagi Anda yang tertarik berlibur ke Semarang, kami telah mengumpulkan 15 rekomendasi tempat wisata yang patut dikunjungi. Perlu diperhatikan bahwa tidak semuanya terletak di dalam Kota Semarang, melainkan ada yang berada di luar kota atau di sekitar Kabupaten Semarang.

1. Lawang Sewu

Anda pasti penasaran dengan tempat wisata yang paling ikonik di Semarang, bukan? Tidak bisa dipungkiri bahwa Lawang Sewu adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Semarang. Bangunan ini dulunya merupakan kantor pusat Perusahaan Kereta Hindia Belanda dan telah mengalami beberapa perubahan fungsi, seperti menjadi kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia dan Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer. Kini, Lawang Sewu telah direvitalisasi dan dijadikan museum serta tempat wisata yang populer di Semarang.

Bangunan Lawang Sewu juga terkenal dengan jumlah pintunya yang banyak, meskipun sebenarnya tidak sampai seribu. Oleh karena itu, tidak heran jika bangunan ini dijuluki sebagai "Seribu Pintu". Jika Anda penasaran dengan jumlah pintu sebenarnya, jangan ragu untuk mengunjungi Lawang Sewu saat berwisata ke Semarang. Lokasinya yang strategis di Jalan Pemuda, dekat dengan Simpang Lima sebagai pusat kota, membuat Lawang Sewu mudah dijangkau.

Bagi Anda yang baru pertama kali ke Semarang, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Lawang Sewu. Selain bersejarah, tempat wisata ini juga menawarkan pengalaman yang berbeda dan menarik. Untuk harga tiket masuk, Lawang Sewu menawarkan kisaran harga Rp 10.000 - Rp 30.000.

2. Saloka Theme Park

Tak ingin melewatkan pengalaman bermain yang luar biasa? Yuk kunjungi Saloka Park, sebuah taman bermain raksasa di Kabupaten Semarang yang tak hanya menyuguhkan wahana ramah anak, tetapi juga wahana ekstrem yang bisa bikin adrenaline Anda naik! Terletak hanya sejam perjalanan mobil dari Kota Semarang, taman bermain terbesar di Jawa Tengah ini berada dekat dengan Danau Rawa Pening dan dapat dicapai dengan mudah dari Ungaran dan Salatiga. Anda bahkan akan menemukan 5 bagian dengan tema yang berbeda di taman yang luas ini! Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Saloka Park di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah 50773 dan jangan lupa menikmati pemandangan indah Rawa Pening dari atas wahana yang cukup tinggi!

3. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong, yang merupakan klenteng tertua di Semarang, menawarkan cerita yang menarik dan menakjubkan tentang sejarah Indonesia. Klenteng ini dibangun untuk mengenang kedatangan Laksamana Cheng Ho, seorang muslim Tiongkok yang terkenal, dan dikenal juga dengan nama Zheng He. Terletak di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148, klenteng ini memiliki bentuk yang sangat menawan dan menjadi tujuan wisata yang populer di Semarang. Selain itu, di area klenteng juga sering digelar festival dan acara keagamaan secara reguler yang menarik minat wisatawan. Jangan lupa untuk mengambil foto di sini karena banyak wisatawan dari luar Semarang yang juga berburu spot foto di klenteng ini. Harga tiket masuk yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 17.000 hingga Rp 55.000. Yuk, jangan lewatkan kunjungan ke klenteng yang kaya akan sejarah dan keindahan arsitekturnya ini!

4. Kota Lama Semarang

Terletak di Kota Semarang, Kota Lama Semarang adalah tempat yang terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarahnya yang memukau. Di sinilah pusat perdagangan terletak pada abad 19-20. Selain gedung-gedung tua bergaya Eropa yang unik dan dipertahankan melalui proses konservasi dan revitalisasi, Anda juga bisa menikmati Taman Srigunting yang indah di tengah-tengahnya.

Menariknya, tidak ada biaya tiket masuk untuk menikmati keindahan Kota Lama Semarang. Anda bisa berfoto di depan gedung-gedung bergaya Eropa yang menawan atau sekadar bersantai di taman yang nyaman. Tidak hanya itu, jangan lewatkan untuk mengunjungi Gereja Blenduk, gereja Kristen tertua di Jawa Tengah, yang memiliki kubah atau dome yang sangat ikonik. Di sini, Anda juga bisa menikmati minuman kopi di salah satu kafe yang ada.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Kota Lama Semarang yang terletak di Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137. Dan yang terbaik, Anda bisa menikmati semua ini tanpa harus membayar tiket masuk!

Baca Juga: 5 Air Terjun Terkenal di Probolinggo, Termasuk Air Terjun Tertinggi di Jawa

5. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara, merupakan bangunan pagoda yang paling tinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 45 meter. Bangunan ini termasuk salah satu dari dua bangunan utama yang ada di Vihara Buddhagaya Watugong, di mana Pagoda Dhammasala merupakan bangunan utama yang lain. Namun, di antara kedua bangunan tersebut, Pagoda Avalokitesvara lah yang lebih terkenal dan dianggap sebagai ikonik.

Hal ini dikarenakan, selain memiliki status sebagai pagoda tertinggi di Indonesia, Pagoda Avalokitesvara memiliki keindahan yang sangat menawan, bahkan saat malam tiba. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Vihara ini menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, setidaknya untuk mengabadikan momen dengan latar belakang pagoda yang sangat indah ini!

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Pagoda Avalokitesvara, alamatnya berada di Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50265. Sementara itu, untuk masuk ke dalam area Vihara tidak memerlukan tiket masuk, namun para pengunjung dapat memberikan donasi seikhlasnya sebagai bentuk dukungan kepada Vihara.

6. Kampung Pelangi

Tidak hanya Malang, Jawa Timur yang memiliki tempat wisata menarik, namun Semarang juga tidak kalah menarik dengan Kampung Pelangi-nya! Nama Kampung Pelangi sesuai dengan kenyataannya karena kampung ini memiliki warna-warni yang cerah seperti pelangi. Kampung ini telah mengalami transformasi total dari kampung yang dulunya dianggap kumuh menjadi kampung yang indah dan cerah. Warna-warni yang terdapat di tembok, atap, dan bahkan jalanan di Kampung Pelangi memberikan kesan yang unik dan cerah. Tak heran jika kampung ini menjadi salah satu destinasi wisata Instagramable yang banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Semarang! Alamat Kampung Pelangi Semarang terletak di Jl. DR. Sutomo No.89, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244.

7. Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita, salah satu museum terkenal di Jawa Tengah, menyimpan banyak koleksi benda-benda bersejarah baik geologi maupun budaya dengan gedung dan fasilitas yang terawat dengan baik. Museum ini sangat cocok sebagai tempat edukasi anak-anak, karena berbagai pelajaran sejarah tentang perkembangan bumi dan manusia, budaya, serta sejarah kemerdekaan terdapat dengan rapi di dalamnya. Jika ingin berkunjung ke museum ini, alamatnya berada di Jalan Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Kalibanteng Kidul, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50149. Tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

8. Brown Canyon Semarang

Salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Semarang belakangan ini adalah Brown Canyon. Terletak di daerah dataran tandus yang berpasir, tempat ini menjadi daya tarik yang menarik banyak wisatawan karena kepopulerannya di media sosial. Anda akan terpesona dengan panorama unik yang dihasilkan dari pertambangan pasir, tanah, dan batu padas di Brown Canyon. Tidak heran jika banyak foto Instagramable yang diambil di sana. Terlihat seperti lokasi pengambilan gambar film Mad Max: Fury Road! Jangan lewatkan kunjungan ke Brown Canyon Semarang di alamat Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50279.

Baca Juga: 10 Tempat Terbaik yang Wajib Dikunjungi di Korea Selatan

9. Dusun Semilir Eco Park

Dusun Semilir Eco Park merupakan objek wisata terbaru di Semarang yang dibuka pada awal tahun 2019. Meskipun baru dibuka, tempat wisata ini langsung menjadi salah satu destinasi favorit bagi warga Semarang dan sekitarnya karena memiliki desain bangunan yang unik dan menarik baik dari segi eksterior maupun interior. Dengan mengadopsi bentuk stupa pada Candi Borobudur dan bahan bangunan kayu yang mendominasi, Dusun Semilir Eco Park menyuguhkan banyak spot foto yang instagramable dan menjadi favorit wisatawan. Selain itu, terdapat restoran dengan view yang memukau serta beragam aktivitas menarik seperti seluncuran warna-warni yang menjadi ikon tempat ini. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jawa Tengah yang tersedia di sini. Harga tiket masuk yang terjangkau mulai dari Rp 20.000 pada weekdays hingga Rp 25.000 pada weekends. Dengan segala kelebihannya, Dusun Semilir Eco Park merupakan destinasi wisata yang lengkap dan sayang untuk dilewatkan!

10. Umbul Sidomukti

Mari jelajahi salah satu tempat wisata di Semarang yang sangat menarik, Umbul Sidomukti! Terletak di kaki Gunung Ungaran, tempat ini menawarkan udara segar dan pemandangan indah alam Semarang dari ketinggian yang mengagumkan. Tak hanya itu, Umbul Sidomukti memiliki berbagai aktivitas outbound yang menyenangkan, kolam renang dengan air sejuk yang khas pegunungan, dan kafe dengan pemandangan indah yang pasti membuat liburan Anda di Semarang menjadi tak terlupakan.

Bahkan, jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di sini, Umbul Sidomukti juga memiliki villa dan resort yang siap menyambutmu. Jangan khawatir tentang lapar, karena Anda dapat menikmati hidangan di Pondok Lesehan yang memiliki area makan berbentuk pondok pribadi dengan pemandangan indah yang menakjubkan.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Cirebon Mulai dari Keraton hingga Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi

Jangan lewatkan juga untuk berkunjung ke Pondok Kopi Umbul Sidomukti yang memiliki pemandangan magis dari ketinggian 1.700 mdpl! Tak perlu khawatir dengan harga tiket masuk, Anda hanya perlu membayar Rp 15.000 untuk menikmati semua fasilitas yang tersedia di Umbul Sidomukti. Yuk, kunjungi Umbul Sidomukti saat liburan Anda di Semarang!

11. Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo, sebuah tempat yang menawarkan spot-spot menarik untuk berfoto dan pastinya akan membuat feed Instagram Anda semakin kece. Selain balon udara, Anda juga bisa berfoto di bubble tent, hammock, kursi ayunan, dan masih banyak lagi. Semua spot tersebut sangat Instagramable dan pastinya akan membuat hasil foto Anda layak untuk dipamerkan di media sosial.

Namun, untuk berfoto di tempat tersebut, ada biaya tambahan yang harus Anda bayar selain harga tiket masuk. Sebagai contoh, jika Anda ingin berfoto di bubble tent, Anda akan dikenakan biaya tambahan mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 40.000 tergantung pada ukurannya.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat ini, karena tempat ini sangat cocok untuk Anda yang suka berfoto dan pastinya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Lokasinya terletak di Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614 dengan harga tiket masuk sebesar Rp 20.000.

12. Museum Kereta Api Ambarawa

Tak hanya di pusat kota, namun di luar Kota Semarang terdapat banyak tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Jika Anda mencari destinasi wisata yang menarik dan edukatif seputar sejarah kereta api, maka Museum Kereta Api Ambarawa bisa menjadi pilihan yang tepat. Museum ini sebenarnya dulunya merupakan stasiun kereta api yang telah diubah fungsinya menjadi museum yang menarik.

Selain dapat melihat benda-benda antik seputar kereta api, Anda juga bisa menikmati pengalaman berbeda dengan ikut tur perjalanan menggunakan kereta uap yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain. Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa yang beralamat di Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614. Harga tiket masuk pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 hingga Rp 70.000.

13. Cimory On The Valley

Untuk para penggemar susu sapi, kunjungan ke Cimory On The Valley sungguh sangat direkomendasikan. Tempat wisata yang dibangun oleh perusahaan produk olahan susu sapi ini menawarkan banyak varian olahan susu yang tak boleh dilewatkan seperti susu segar, yogurt, dan beragam jenis makanan beku. Di samping itu, Cimory On The Valley juga menawarkan fasilitas mini zoo yang menarik serta replika landmark dunia yang dapat dijadikan latar belakang foto yang sangat menarik.

Baca Juga: Tips Liburan Lebih Santai dan Minim Stres Selama Perjalanan

Lokasinya berada di Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Semarang, Jawa Tengah 50552. Jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung karena harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, yaitu berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000.

14. Pasar Semawis

Jika sedang dalam suasana liburan, jangan terlalu khawatir tentang diet. Pasalnya, Anda harus mencoba nikmati beragam kuliner khas Semarang yang dihidangkan di Pasar Semawis. Pasar ini sangat cocok untuk mengisi perut Anda setelah seharian berkeliling tempat wisata di ibu kota Jawa Tengah. Pasar Semawis beroperasi mulai pukul 18.00 WIB dan menawarkan berbagai macam makanan kaki lima. Anda dapat menikmati hidangan tradisional khas Semarang, makanan rebusan, makanan bakar-bakaran, dan bahkan makanan kekinian. Namun, perlu diingat bahwa Pasar Semawis hanya buka pada akhir pekan, yakni dari hari Jumat hingga Minggu. Lokasinya terletak di Jl. Gg. Warung No.50, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139. Jangan khawatir, Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk masuk ke pasar ini.

15. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia memang menjadi primadona wisata di kawasan Gunung Ungaran. Walaupun namanya Taman Bunga Celosia, namun taman ini memiliki banyak jenis bunga yang indah seperti hebras, lavender, dan krisan yang siap memikat hatimu. Tidak hanya itu, taman ini juga memiliki tiga area yang memukau dan sangat instagramable. Anda bisa mengunjungi Celosia Happy & Fun serta Museum Selfie Celosia yang pastinya akan membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera terbaik Anda karena banyak sekali spot foto cantik yang bisa Anda temukan di Taman Bunga Celosia ini. Ada miniatur landmark, White Marine Park, rumah Hobbit, Piramida Kaca, Little Amsterdam, Little Korea, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuknya juga terjangkau, yaitu sekitar Rp 20.000 - Rp 25.000 saja. Jangan sampai melewatkan momen indah di Taman Bunga Celosia, yuk berkunjung ke sana!



Pilihan Untuk Anda