10 Tempat Terbaik Wajib Dikunjungi di Filipina

10 Tempat Terbaik Wajib Dikunjungi di Filipina

Filipina, sebuah negara kepulauan yang berlokasi di Pasifik Barat, menawarkan keindahan garis pantai terpanjang di dunia dengan tujuh ribu pulau tropis yang tersebar di seluruh wilayahnya. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan terumbu karang yang spektakuler serta melakukan penyelaman di tengah satwa liar seperti hiu paus dan duyung yang menakjubkan. Pulau-pulau Filipina juga menawarkan pemandangan indah dari hutan hujan tropis pegunungan yang masih alami.

Namun, tidak hanya itu saja yang membuat Filipina menarik, orang-orangnya yang ramah, hangat dan murah hati, pastinya akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Untuk perjalanan yang mudah, tersedia berbagai pilihan transportasi seperti pesawat, mobil, kereta api, atau feri untuk menjelajahi antarpulau. Tak ketinggalan, berikut adalah beberapa tempat yang wajib dikunjungi selama di Filipina.

1. Vigan

Kunjungan ke wilayah Crisologo St di kota ini akan membawa Anda merasakan sensasi langkah mundur ke zaman kolonial yang megah. Di sana, Anda dapat melihat kuda-kuda menarik gerobak di sepanjang jalan berbatu, serta rumah-rumah kayu gelap yang mengapit sisi-sisinya. Semua ini menjadi pengingat akan kehidupan megah yang dinikmati banyak orang di pos perdagangan kolonial Spanyol, di mana banyak barang seperti lilin lebah dan emas diperdagangkan ke Cina untuk memperoleh barang-barang Asia yang eksotis.

Meskipun saat ini pendapatan utama untuk pelabuhan ini berasal dari pariwisata, namun kemegahan dari sejarah perdagangannya masih dapat terasa. Kota Vigan memiliki dua sisi yang berbeda, yaitu pusat perbelanjaan di Utara dan kawasan bisnis di Selatan. Wisatawan dapat menikmati museum yang terletak di beberapa rumah besar, Katedral St. Paul, serta distrik Mestizo yang menawan. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan sensasi unik kunjungan ke Vigan, kota dengan sejarah yang kaya dan tak terlupakan!

2. Bohol

Dengan mata oranye yang besar dan jari-jari kecil yang menggemaskan, tarsius miniscule menjadi duta pulau Bohol yang mengundang rasa penasaran. Meskipun hanya berjarak singkat dari Cebu, tempat ini menjadi rumah bagi primata kecil yang langka. Keunikan geologi perbukitan coklat yang menawan adalah salah satu daya tarik utama bagi pengunjung yang ingin menjelajahi wilayah ini tanpa harus menyelam.

Konon, perbukitan ini terbentuk dari lempengan batu besar yang dihempaskan oleh raksasa yang marah, namun legenda tersebut tidak menghalangi keinginan wisatawan untuk menikmati keindahan yang ditawarkan. Selain itu, wilayah ini juga merupakan titik awal untuk menjelajahi cagar laut di lepas pantai Pulau Pangalo dan Pamlican yang menawarkan pengalaman menyelam yang luar biasa.

3. Manila

Manila, sebuah kota besar di Asia yang menjadi ibu kota Filipina, menyuguhkan keindahan dan keseruan yang sayang untuk dilewatkan. Banyak wisatawan yang terbang ke kota ini untuk merasakan pengalaman budaya yang kaya dan beragam. Dari gedung-gedung megah yang berkilauan hingga landmark pergantian abad yang menakjubkan, ada banyak tempat menarik yang dapat dilihat di Manila.

Selain keindahan arsitektur dan pemandangan yang menakjubkan, kuliner di Manila juga tidak kalah menariknya. Makanan dari gerobak jalanan hingga restoran kelas atas tersedia dengan beragam cita rasa. Perpaduan warisan Spanyol, pribumi, dan Cina di negara ini membuat kuliner di Manila semakin menarik.

Selain itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Manila saat festival tahunan digelar. Dengan hampir dua lusin festival yang diselenggarakan setiap tahun, kota ini selalu meriah dan menarik untuk dikunjungi kapan saja.

4. Donsol

Desa nelayan Donsol yang terletak di provinsi Sorsogon menawarkan keindahan alam yang masih asli. Terdapat pantai yang mempesona, air terjun yang menakjubkan, dan gua-gua yang belum pernah dijelajahi. Tidak hanya itu, tempat ini juga merupakan habitat yang ideal bagi hiu paus yang menyukai perairan tropis di Teluk Donsol. Terdapat spesies hiu paus yang dilindungi yang melakukan migrasi melalui Donsol pada bulan November hingga Juni, dan jumlahnya mencapai puncaknya pada bulan Februari hingga Mei. Melihat ikan besar ini sangat mengesankan karena mereka tidak segan mendekati perahu, bahkan beberapa di antaranya membawa bekas luka dari pertemuan dengan baling-baling. Oleh karena itu, menjadikan Desa Donsol sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

5. Tagaytay

Gunung berapi Taal yang menjulang tinggi di atas kota Tagaytay menyajikan pemandangan kawah aktif dan punah yang memukau serta menakjubkan. Terletak di dalam kawah gunung berapi Taal tua, Danau Taal menampilkan air murni yang jarang ditemukan di tempat lain, sementara pulau tengahnya merupakan kawah gunung berapi yang masih aktif, mengepul dan menunjukkan kekuatan alamnya pada hari-hari tertentu.

Kota Tagaytay yang menyebar di punggung bukit gunung berapi menawarkan suasana yang bersih, santai, dan menjadi surga bagi para penikmat kuliner. Selain itu, tempat wisata populer di kota ini antara lain mercusuar Punta de Santiago, Kuil St Anne, dan peternakan bunga lokal yang besar. Bagi yang belum pernah mengunjungi tempat ini, keindahan alam yang ditawarkan sangatlah memukau dan patut untuk dilihat.

6. Cebu

Provinsi Cebu merupakan sebuah pulau di Filipina yang terdiri dari pulau utama serta 167 pulau di sekitarnya. Kota Cebu sebagai ibukotanya merupakan kota tertua di Filipina dan memiliki bandara internasional kedua di negara tersebut.

Kota ini menawarkan pengalaman serupa seperti di Manila, namun dengan skala yang lebih kecil dan sibuk yang sama. Cebu menawarkan manfaat perkotaan baru dan lama, mutakhir dan budaya yang kaya. Salah satu daya tarik utama Cebu adalah Pulau Mactan, yang memiliki situs penyelaman perdana yang dapat dijangkau dengan perjalanan singkat dari bandara internasional. Selain itu, Pulau Malapascua yang berjarak sekitar empat jam perjalanan dari kota pelabuhan Maya, juga menjadi salah satu tempat penyelaman terbaik di negara ini dan dianggap sebagai situs penyelaman nomor satu. Walaupun harus diakses dengan perahu, tempat ini patut dikunjungi karena keindahan dan pesona yang dimilikinya.

7. Mindoro

Mindoro merupakan sebuah pulau yang terdiri dari dua wilayah yang berbeda, yakni Mindoro Oriental dan Mindoro Occidental. Kedua wilayah ini terpisah oleh pegunungan yang tinggi. Di bagian utara wilayah ini, terdapat suku Mangayan primitif yang menjadikan wilayah ini sebagai tempat tinggal mereka. Namun, bagi para penyelam, perjalanan ini sangatlah istimewa karena kota Sablayan merupakan pintu masuk ke pulau Pangan dan Taman Alam Laut Apo Reef yang masih alami dan indah.

Meskipun hanya ada satu resor di pulau tersebut, namun disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Di Mindoro Oriental, terdapat kota pariwisata utama yang dinamakan kota Puerto Galera. Kota ini memiliki pantai pasir putih dan resor yang cocok bagi pecinta air. Selain itu, tersedia juga perjalanan jip, hutan hujan yang dipenuhi dengan anggrek, sungai kayak, dan air terjun yang cocok untuk para penggemar trekking dalam kelompok. Oleh karena itu, Mindoro adalah destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi.

8. Banuae

Keunikan kota adat Banuae yang terkenal dengan teras sawah berdinding lumpurnya bisa menjadi alasan yang cukup untuk melakukan perjalanan jauh dari Manila dengan menggunakan bus. Sistem pertanian yang telah ada selama 2000 tahun yang lalu dan diwariskan dari generasi ke generasi membuat kota ini layak untuk dikunjungi.

Selain pemandangan dataran yang indah dan tenang, pengunjung juga akan disuguhkan dengan penjaga beras berukir kayu yang spektakuler yang membuat perjalanan semakin berharga. Patung-patung kuno dan kasar yang mirip dengan tikis diyakini melindungi tanaman dari bahaya.

Meskipun kota ini semakin ramai dikunjungi wisatawan Barat, masih ada kesempatan untuk menikmati pengalaman yang lebih otentik dengan mengunjungi kota-kota yang kurang ramai wisatawan di mana tanaman padi masih menjadi sumber ekonomi utama mereka. Jadi, jika Anda mencari pengalaman yang lebih mendalam, jangan ragu untuk mengunjungi kota adat Banuae dan kota-kota sekitarnya yang masih mempertahankan keaslian budaya mereka.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

9. Boracay

Pulau ini dihiasi dengan pantai pasir putih yang tak berujung, perahu layar cadik berwarna-warni, dan resor indah yang menarik perhatian. Terbukti secara konsisten menjadi salah satu dari tiga pantai teratas di dunia oleh situs ulasan perjalanan. Wilayah yang paling ramai di Boracay terletak di bagian tengah White Beach, yang menawarkan peluang yang melimpah untuk menikmati makanan, petualangan, belanja, serta kegembiraan publik.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menemukan pilihan yang lebih jauh dengan bergerak lebih dalam ke pulau. Meskipun demikian, pilihan yang lebih jauh tersebut mungkin memiliki fasilitas yang lebih sedikit. Penginapan yang tersedia di pulau ini bervariasi mulai dari gubuk murah hingga resor layanan lengkap kelas atas. Namun, semua orang dapat menikmati pantai pasir putih, air pirus yang jernih, serta suasana romantis yang menyelimuti pulau tersebut.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Malam di Semarang, Beberapa Buka 24 Jam

10. Palawan

Palawan di Filipina merupakan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi, terutama provinsi pulau yang membentang dari Mindoro hingga Kalimantan, yang terletak di antara Cina Selatan dan laut Sulu. Kota Puerto Princesa, yang menjadi ibu kota provinsi, menawarkan pemandangan formasi karst besar dengan sungai bawah tanah yang mengagumkan.

Tak hanya itu, Pulau Busuanga yang terkenal dengan Coron Reefs juga menjadi tempat yang sangat populer bagi para penyelam yang ingin menjelajahi bangkai kapal Jepang dari Perang Dunia II. Sementara itu, El Nido, sebuah kota yang terjepit di antara tebing karst batu kapur yang menjulang tinggi dan Teluk Bacuit yang indah, juga menjadi tujuan populer yang wajib dikunjungi.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda