Mengungkap Fakta Menarik: 10 Negara dengan IQ Penduduk Tertinggi di Dunia

Mengungkap Fakta Menarik: 10 Negara dengan IQ Penduduk Tertinggi di Dunia

Indeks Kecerdasan (IQ) adalah pengukuran tingkat kecerdasan manusia melalui rangkaian ujian. Sebagian besar individu memiliki skor IQ antara 85 hingga 115. Semakin tinggi skor IQ seseorang, semakin cerdas pula orang tersebut. Skor IQ juga mencerminkan kualitas pendidikan dan sumber daya suatu wilayah atau negara.

Beberapa peneliti bahkan menggunakan IQ sebagai penentu negara-negara terpintar di dunia. Pada tahun 2019, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Richard Lynn dan David Becker dari Ulster Institute, mengungkapkan 10 negara dengan skor IQ tertinggi di dunia. Skor tersebut didapatkan dari rata-rata responden selama penelitian. Berikut adalah daftar 10 negara dengan tingkat IQ penduduk tertinggi di dunia yang dilansir oleh World Population Review.

1. Jepang

Negeri yang sering disebut sebagai "negeri matahari terbit" ini dikenal dengan prestasi teknologinya yang menakjubkan. Tidak mengherankan bahwa Jepang menempati peringkat teratas sebagai negara dengan penduduk ber-IQ tertinggi di dunia. Penduduk Jepang memiliki rata-rata IQ sebesar 106,49. Sistem pendidikan Jepang dianggap sebagai faktor kunci yang berperan dalam tingkat kecerdasan dan literasi yang tinggi di negara tersebut. Selain itu, terdapat pula faktor budaya dan sosial lain yang berkontribusi pada kesuksesan intelektual Jepang.

2. Taiwan

Sebagai negara dengan peringkat kedua tertinggi dalam hal kecerdasan penduduk, rata-rata IQ penduduk Taiwan mencapai 106,47. Selain dikenal dengan kemajuan dan inovasi teknologinya, angka rata-rata IQ yang tinggi di Taiwan membuktikan komitmen kuat negara ini terhadap pendidikan dan peningkatan intelektual.

Baca Juga: Tanda-tanda yang Tak Boleh Diabaikan: 6 Indikasi Kucing Betina Sedang Berahi

3. Singapura

Rerata IQ penduduk Singapura mencapai 105,89. Singapura, yang dikenal dengan gedung-gedung pencakar langitnya yang megah, keberagaman populasi, dan hidangan kuliner yang menggugah selera, merupakan negara yang sangat berfokus pada pendidikan. Sekolah-sekolah di negara ini secara konsisten menduduki peringkat teratas di seluruh dunia. Singapura telah membuktikan bahwa ukuran wilayah negara bukanlah hambatan bagi kecerdasan manusia.

4. Hong Kong (Tiongkok)

Hong Kong adalah bagian dari wilayah administrasi khusus Cina yang terkenal dengan pemandangan kota yang sibuk, budaya yang berwarna-warni, dan tingkat kecerdasan penduduknya yang menakjubkan. Rerata IQ penduduk Hong Kong mencapai 105,37. Penduduk Hong Kong terkenal memiliki pemikiran yang tajam dan cepat. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa Hong Kong terus menjadi salah satu kota paling dinamis dan inovatif di dunia.

5. China

Republik Rakyat Tiongkok menjadi salah satu negara yang paling menarik dan menantang di dunia. Dengan populasi yang besar dan padat, China bukan hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga merupakan tempat tinggal bagi beberapa pemikir brilian di dunia. Dengan IQ rata-rata 104,1, China berada di peringkat ke-5 negara dengan tingkat kecerdasan tertinggi di dunia. Sistem pendidikan yang sangat kompetitif di sana memberikan tekanan yang kuat kepada siswa untuk mencapai prestasi akademik yang tinggi. Namun, hal ini juga telah menghasilkan budaya ketekunan, kegigihan, dan keunggulan akademik yang terbukti melalui tingkat kecerdasan yang tinggi.

Baca Juga: 20 Keyword Tools Riset Kata Kunci Terbaik dan Gratis

6. Korea Selatan

Korea Selatan adalah negara yang sangat menarik dan memikat dengan tingkat kecerdasan rata-rata penduduk mencapai 102,35. Skor IQ yang tinggi ini menjadi bukti nyata bahwa Korea Selatan sangat mengutamakan pendidikan dan pengembangan intelektual. Selain itu, negara yang dinamis dan ramai ini terkenal dengan kemajuan teknologinya yang luar biasa dan sistem pendidikan berkualitas tingginya. Namun, kecerdasan bukanlah satu-satunya hal yang membuat orang Korea Selatan bangga, mereka juga terkenal karena kecintaan mereka pada makanan pedas, musik K-pop yang fenomenal, dan teknologi futuristik yang inovatif.

7. Belarusia

Belarusia merupakan negara di wilayah Eropa Timur yang terkenal akan warisan budaya dan sejarahnya yang kaya. Salah satu hal yang menarik perhatian adalah tingkat kecerdasan penduduknya yang luar biasa, mencapai rata-rata IQ 101,6. Negara ini dikenal memiliki sistem pendidikan dasar dan menengah yang kuat, serta jaringan perguruan tinggi dan sekolah kejuruan yang menyediakan beragam program pendidikan. Tak hanya itu, Belarusia juga memiliki warisan panjang dalam prestasi ilmiahnya. Para ilmuwan Belarusia telah memberikan kontribusi signifikan dalam bidang fisika, kimia, dan matematika, yang terus mendorong batas-batas pengetahuan ilmiah.

8. Finlandia

Perhatian masyarakat Finlandia terhadap sistem pendidikan yang mereka terapkan sungguh mengagumkan. Sistem pendidikan Finlandia diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia karena fokus pada pembelajaran yang berorientasi pada anak dan pelatihan guru yang menghasilkan prestasi akademik yang unggul. Pemerataan dan aksesibilitas menjadi prioritas utama dalam sistem pendidikan Finlandia, sehingga semua anak memiliki kesempatan untuk memperoleh pendidikan berkualitas tinggi. Tidaklah mengherankan bahwa penduduknya memiliki tingkat kecerdasan yang mengesankan. Finlandia menduduki peringkat kedelapan di antara negara-negara dengan IQ tertinggi di dunia, dengan rata-rata IQ mencapai 101,2.

9. Liechtenstein

Terletak di antara Swiss dan Austria, terdapat kerajaan Liechtenstein yang memikat di Eropa. Penduduknya memiliki IQ yang luar biasa, dengan rata-rata mencapai 101,07. Pendidikan menjadi fokus utama di Liechtenstein, yang tercermin dari tingkat melek huruf yang mencapai 100% di antara penduduknya. Negara ini memiliki sistem pendidikan yang kuat, meliputi sekolah umum, pelatihan kejuruan, dan universitas. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa pendidikan di Liechtenstein sangat mempersiapkan individu untuk mengejar berbagai karir dan berkontribusi pada kesuksesan ekonomi yang berkelanjutan.

10. Jerman

Jerman menjadi salah satu kekuatan ekonomi terkemuka di Eropa. Negara ini terkenal karena keahlian teknik presisi, universitas-universitas terkenal di dunia, serta warisan budayanya yang menakjubkan. Jerman juga menduduki peringkat ke-10 dalam daftar negara dengan IQ tertinggi di dunia, dengan rata-rata IQ mencapai 100,74. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata orang Jerman sangat terampil dalam menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan penalaran logis, pemikiran abstrak, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Selain Jerman, Belanda juga memiliki rata-rata IQ yang sama, yaitu 100,74.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda