7 Keuntungan Mengejutkan dari Latihan Plank

7 Keuntungan Mengejutkan dari Latihan Plank

Sekilas, latihan plank mungkin terlihat mudah. Apa hebatnya menahan tubuh tanpa bergerak? Ternyata, di balik kesederhanaannya, posisi plank menyimpan manfaat yang luar biasa. Latihan plank menantang seluruh tubuh dan memberikan hasil yang maksimal.

Latihan ini sangat efektif untuk melatih otot inti, yang penting untuk mobilitas dan mengurangi rasa sakit. Plank juga bermanfaat untuk menghilangkan nyeri, meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan masih banyak lagi.

Pastikan kamu melakukan plank dengan benar untuk menghindari cedera. Setelah menguasai gerakan dasar, kamu bisa merasakan manfaat plank yang luar biasa, seperti berikut ini:

1. Plank Menguatkan Seluruh Tubuh

Apakah kamu suka latihan yang multitasking? Dengan plank, kamu bisa menargetkan beberapa otot sekaligus. Latihan ini memperkuat otot bokong dan paha depan, yang penting untuk mendukung gerakan kita sehari-hari, terutama jika kamu seorang pelari. Otot-otot ini membantu menstabilkan panggul dan lutut, memastikan gerakan yang nyaman.

Selain itu, plank juga menargetkan bahu, lengan, dan otot inti, kata Ashley Dean, pelatih pribadi dan pendiri situs kebugaran Apartemen 3R. “Saat melakukan plank, tulang belakang kita dalam posisi netral,” jelasnya. Ini memaksa otot inti untuk terlibat dan memberikan stabilitas, yang membuatnya semakin kuat.

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga yang Efektif Menurunkan Stres

2. Plank Memperbaiki Postur Tubuh

Selain memperkuat otot inti, plank juga membantu memperbaiki postur tubuh. Ini sangat penting jika kamu sering membungkuk atau duduk di depan meja sepanjang hari. Otot inti kita bertugas menopang tulang belakang dan menjaga tubuh tetap tegak. Melakukan plank menjaga otot-otot ini tetap sehat dan kuat, memastikan mereka bisa menopang tulang belakang dengan baik.

Menurut Rhodes, inti yang kuat menjaga tulang belakang tetap sejajar, yang semakin membantu postur tubuh kita.

3. Plank Mengurangi Nyeri Punggung Bawah

Latihan plank mendukung kita dalam mengurangi nyeri punggung bawah. Dengan memperkuat otot inti dan memperbaiki postur, beban tidak lagi dialihkan ke otot-otot di sekitarnya yang mulai memberikan kompensasi berlebihan. Plank membantu menstabilkan otot inti dan mengurangi nyeri pinggang.

Melakukan plank juga meningkatkan kesadaran akan keselarasan dan postur tulang belakang, yang disebut kesadaran postural, dan ini dikaitkan dengan pereda nyeri punggung.

Baca Juga: 10 Pilihan Makanan Rendah Kalori yang Mudah Ditemukan di Pasar

4. Plank Membantu Mencegah Cedera

Manfaat lain dari menstabilkan otot inti adalah berkurangnya risiko cedera. Inti yang kuat membantu mendistribusikan beban dengan baik selama bergerak, mencegah tekanan berlebih pada otot di sekitarnya. Postur tubuh yang baik juga membantu kita tetap aman dengan mendistribusikan berat badan secara merata.

5. Plank Meningkatkan Keseimbangan

Saat melakukan plank, kita harus menahan seluruh beban pada jari kaki dan lengan, yang meningkatkan kemampuan menyeimbangkan tubuh. Keseimbangan yang baik membantu kita bergerak dengan aman dan mencegah cedera, baik saat beraktivitas sehari-hari maupun berolahraga.

Jika keseimbanganmu belum sempurna, ada banyak cara untuk memodifikasi latihan plank, seperti dengan menempatkan lutut di lantai atau tangan di atas permukaan yang lebih tinggi untuk dukungan tambahan.

6. Plank Meningkatkan Fleksibilitas

Meski plank tidak terasa seperti peregangan biasa, latihan ini dapat meningkatkan fleksibilitas. Plank klasik memanjangkan dan meregangkan paha belakang serta otot-otot di punggung kaki bagian atas, sementara plank samping meregangkan otot oblique.

7. Plank Membantu Pernapasan

Plank memberikan kesempatan untuk melatih teknik pernapasan yang sehat. Karena posisi tubuh saat plank, pernapasan menjadi lebih dangkal, ini adalah saat yang baik untuk melatih pernapasan diafragma. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan dua detik, lalu hembuskan napas melalui mulut. Ulangi beberapa kali selama posisi plank.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda