6 Alasan Kulit Wajah Menjadi Kering dan Cara Mengatasinya

6 Alasan Kulit Wajah Menjadi Kering dan Cara Mengatasinya

Memiliki kulit wajah yang kering bisa sangat mengganggu karena menimbulkan rasa nyeri dan gatal. Kulit yang kering juga bisa mengelupas dan meninggalkan serpihan di pakaian. Selain itu, wajah bisa tampak merah dan bersisik, yang bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Masalah kulit kering bisa dialami siapa saja, tanpa memandang usia, dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Menurut dokter kulit Jennifer Lucas dari Cleveland Clinic, kulit kering bisa diatasi dengan beberapa tips perawatan kulit dan perubahan kecil dalam rutinitas harian. Berikut adalah beberapa penyebab umum kulit wajah menjadi kering dan cara mengatasinya:

Penyebab Kulit Wajah Kering

1. Faktor Lingkungan

Paparan terhadap iklim dingin dan kering atau sinar ultraviolet (UV) bisa merusak kulit seiring waktu.

2. Kondisi Kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan seperti diabetes, gangguan tiroid, dan penyakit ginjal dapat memengaruhi kondisi kulit, membuatnya menjadi kering.

3. Pengobatan

Penggunaan obat-obatan seperti statin untuk menurunkan kolesterol, diuretik untuk mengurangi cairan, dan kemoterapi dapat menyebabkan kulit kering.

4. Komposisi dan Warna Kulit

Menurut American Academy of Dermatology Association, kulit berwarna gelap, coklat, dan cerah cenderung lebih kering dibandingkan kulit dengan warna medium.

5. Kondisi Kulit

Kondisi kulit seperti dermatitis atopik, dermatitis seboroik, dan psoriasis juga bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

6. Merokok

Merokok dapat mempercepat tanda-tanda penuaan, termasuk membuat kulit wajah menjadi kering.

Baca Juga: Tips Merawat Kulit Wajah agar Sehat dan Indah

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Untuk merawat kulit wajah yang kering, pilihlah perawatan yang bertujuan untuk menenangkan, melembapkan, dan mencegah kekeringan kulit. Lucas menyarankan beberapa langkah perawatan berikut, yang bisa disesuaikan dengan seberapa kering kulit dan penyebabnya:

Menjaga Kelembapan Kulit: Hindari menggunakan air panas saat mandi atau mencuci wajah, jangan menggosok kulit terlalu keras, hindari produk yang dapat mengeringkan kulit seperti toner, retinol, dan astringen, serta produk anti-penuaan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Kunyit untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

Rutin Menggunakan Skincare: Gunakan pelembap secara rutin. Pilih produk yang tepat untuk kulit kering.

Rawat dengan Lembut: Tepuk-tepuk kulit kering dan gunakan sentuhan lembut saat mencuci dan melembapkan wajah.

Perhatikan Produk yang Digunakan: Baik kulitmu kering secara kronis atau baru saja mengalami kekeringan, perhatikan produk dan bahan yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: Cara Memilih Outfit yang Tepat untuk Pemilik Payudara Besar

Lindungi Kulit dari Cuaca Buruk: Gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan dan pelindung wajah untuk menghindari paparan sinar matahari langsung.

Label
wajah kering
Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda