10 Pilihan Makanan Rendah Kalori yang Mudah Ditemukan di Pasar

10 Pilihan Makanan Rendah Kalori yang Mudah Ditemukan di Pasar

Makanan dengan kalori rendah bermakna menyediakan sumber energi yang lebih sedikit bagi tubuh Anda. Oleh karena itu, banyak wanita yang berbondong-bondong mencari makanan rendah kalori untuk mencapai berat badan ideal melalui diet sehat. Selain membantu dalam mengontrol obesitas dan kompleksitas penyakit yang disebabkan oleh pilihan makanan yang tidak tepat, makanan rendah kalori juga memberikan manfaat ganda dalam membentuk pola hidup sehat.

Berdasarkan informasi yang diambil dari Harvard Edu, mereka mengungkapkan bahwa mereka yang secara teratur mengonsumsi makanan rendah kalori dan rendah lemak cenderung mempertahankan berat badan yang sehat dan stabil. Untuk itu, berikut adalah 10 jenis makanan rendah kalori yang baik untuk kesehatan Anda.

Yoghurt Yunani

Yoghurt Yunani atau Greek yoghurt merupakan jenis olahan susu yang sangat baik untuk kesehatan. Yoghurt ini berbeda dari jenis yoghurt lainnya karena rendah kalori dan kaya akan protein. Selain itu, yoghurt ini memiliki rasa asam yang unik dan terbukti secara ilmiah dapat memberi rasa kenyang perut sehingga dapat menahan nafsu makan Anda. Dalam 1 cangkir yoghurt Yunani tanpa lemak seberat 245 gram, terdapat 150 kalori dan 25 gram protein.

Agar-Agar

Agar-agar merupakan makanan bebas lemak dan rendah kalori yang sangat cocok untuk dijadikan makanan penutup atau camilan selama diet. Menurut Fatsecret, dalam 100 gram agar-agar rumput laut tanpa gula atau pemanis hanya mengandung 26 kalori saja. Tidak hanya rendah kalori, agar-agar juga merupakan sumber serat dan kalsium yang baik. Sehingga, agar-agar dapat menjadi camilan yang rendah kalori namun tetap dapat membuat Anda merasa kenyang.

Edamame

Ingin menikmati camilan sehat selama diet? Cobalah edamame rebus yang populer di Jepang dan kini diminati di Indonesia. Selain lezat, setengah cangkir edamame hanya memiliki 95 kalori, kaya serat dan protein, serta bermanfaat untuk otak dan tulang Anda.

Dada Ayam

Ingin makan daging saat diet tapi khawatir kalori dan lemaknya tinggi? Pilihlah dada ayam yang rendah kalori, rendah lemak, tapi tinggi protein. Selain itu, dada ayam juga mengandung nutrisi penting seperti niasin, selenium, dan vitamin B12 untuk kesehatan tubuh. Dalam 85 gram dada ayam hanya terdapat sekitar 100 kalori. Padukan dengan sayuran kukus seperti brokoli untuk hasil yang maksimal.

Terong

Apakah Anda ingin mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh? Terong bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda! Satu porsi terong (100 gram) mengandung 3 gram serat pangan, 1 gram protein, dan hanya 24 kalori. Namun, untuk memperoleh manfaat yang optimal, disarankan untuk merebus terong daripada menggorengnya, agar kandungan vitamin dan mineral di dalamnya tetap terjaga dengan baik.

Apel

Tidak semua buah memiliki efek mengenyangkan yang besar, tetapi apel termasuk salah satunya. Selain menyehatkan, apel juga rendah kalori dan baik untuk kesehatan. Setiap potong apel (125 gram) mengandung sekitar 57 kalori dan hampir 3 gram serat, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan usus. Tidak hanya itu, apel juga kaya akan vitamin C yang membantu memenuhi hampir 70 persen kebutuhan harian orang dewasa. Jadi, tunggu apa lagi? Segera nikmati manfaat kesehatan dari apel!

Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang memiliki nutrisi tinggi, tapi rendah kalori, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin menjaga berat badan. Sayuran ini kaya akan vitamin K, vitamin A, dan folat, serta mengandung protein lebih banyak daripada jenis sayuran hijau lainnya. Bahkan, hanya dengan satu porsi bayam seberat 30 gram, Anda hanya akan mengonsumsi sekitar 7 kalori. Di Indonesia, bayam kerap dijadikan bahan untuk sup sayur dengan tambahan jagung dan kaki ayam, rasanya pasti sangat lezat!

Udang

Ternyata, udang yang berukuran besar dan dimasak hanya mengandung sekitar 26 kalori per 4 ekor. Bagi Anda yang sedang dalam program diet, udang dapat menjadi pilihan yang tepat dengan menambahkan sayur-sayuran rebus. Tak hanya rendah kalori, udang juga kaya akan protein, selenium, niasin, dan vitamin B12. Sedangkan tahu, memiliki kandungan air dan mineral yang tinggi, namun sangat rendah kalori, sehingga sangat cocok bagi para pejuang diet. Yuk, mulai konsumsi udang dan tahu untuk mendapatkan nutrisi yang sehat!

Sup

Sup yang sering dianggap sepele ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, terutama bagi Anda yang ingin menjaga pola makan rendah kalori. Berdasarkan beberapa penelitian, sup dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama dibandingkan dengan makanan padat yang sejenis, meskipun jumlahnya sama. Bahkan, penelitian pada 12 orang menunjukkan bahwa sup lembut mampu memperlambat pengosongan perut dan lebih efektif dalam memberikan rasa kenyang daripada makanan padat atau sup kental. Selain itu, studi pada 60 orang menunjukkan bahwa makan sup sebelum makan siang dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 20%.

Popcorn

Popcorn tidak hanya lezat, tetapi juga merupakan camilan rendah kalori yang dapat membantu Anda merasa kenyang karena kandungan seratnya yang tinggi. Satu cangkir atau sekitar 8 gram popcorn mengandung 31 kalori dan 1,2 gram serat yang mampu memenuhi 5 persen kebutuhan serat harian Anda. Selain itu, popcorn juga dianggap mampu mengurangi nafsu makan dengan lebih efektif daripada camilan lainnya. Namun, pastikan Anda memilih popcorn yang tidak diberi perasa buatan atau tambahan garam dan gula berlebih yang dapat meningkatkan kandungan kalorinya.

Baca Juga: Menikmati Hidangan Favorit Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda