9 Bahan Alami yang Dapat Mengusir Kecoa dengan Efektif

9 Bahan Alami yang Dapat Mengusir Kecoa dengan Efektif

Rumah yang kotor dapat menyebabkan penghuninya terjangkit penyakit karena akumulasi kotoran dan munculnya serangga seperti kecoa. Apabila rumah Anda menjadi sarang kecoa, hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi karena kecoa adalah serangga yang kotor. Serangga ini membawa mikroba dan bakteri seperti Salmonella dan E. Coli, sehingga kecoa dapat menjadi pembawa penyakit bagi penghuni rumah. Ada beberapa cara untuk mengusir kecoa. Salah satunya adalah menjaga kebersihan rumah agar kecoa tidak nyaman berada dan berkembang biak di dalamnya. Selain itu, terdapat bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir kecoa.

Manfaatkan Asam Borat untuk Mengusir Kecoa

Anda dapat menggunakan asam borat sebagai solusi efektif untuk membasmi kecoa di dalam rumah Anda. Cara penggunaannya cukup sederhana, yaitu dengan menyebarkan sedikit bubuk asam borat di sudut ruangan dan lantai. Kemudian biarkan bubuk ini bekerja hingga kecoa terpapar dan mati. Namun, perlu diingat bahwa meskipun asam borat memiliki keampuhan tinggi dalam membasmi kecoa, Anda harus berhati-hati saat menggunakannya karena bubuk ini bersifat berbahaya. Pastikan untuk menjauhkannya dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan Anda.

Kombinasi Soda Kue dan Gula untuk Mencegah Penyebaran Kecoa

Agar kecoa tidak merajalela di dalam rumah, Anda dapat menggunakan campuran soda kue dan gula sebagai solusinya. Gula berperan sebagai daya tarik bagi kecoa, sedangkan soda kue berfungsi untuk membunuhnya.

Langkah-langkah penggunaannya pun cukup mudah. Cari sarang kecoa di rumah Anda dan taburkan campuran soda kue dan gula pada sarang tersebut. Dengan demikian, kecoa akan mati dan rumah Anda terbebas dari kecoa yang mengganggu.

Baca Juga: 10 Jenis Kucing yang Terkenal di Dunia Serta Ciri Khas dan Kisaran Harganya

Menggunakan Mimba sebagai Pengendali Kecoak

Anda bisa menggunakan minyak dan bubuk mimba untuk secara efektif menghilangkan kecoak. Caranya cukup mudah, campurkan sedikit minyak mimba dengan air dalam botol semprot, kemudian semprotkan campuran tersebut di area yang banyak kecoaknya. Dengan menggunakan bubuk mimba saja, Anda cukup menaburkannya di daerah yang penuh dengan kecoak pada malam hari dan ulangi prosesnya di pagi hari.

Manfaat Minyak Peppermint untuk Mengatasi Kecoak

Minyak peppermint adalah salah satu minyak esensial yang sangat efektif dalam membasmi kecoak. Anda dapat mencampurkan air dan minyak peppermint, lalu semprotkan campuran tersebut pada area yang terinfestasi oleh kecoak.

Memanfaatkan Daun Salam

Jika ingin mengusir kecoa, Anda dapat menggunakan daun salam. Caranya sederhana, tumbuk atau hancurkan beberapa daun salam, lalu letakkan di tempat-tempat yang sering dikunjungi kecoa. Sebagai alternatif, daun salam juga dapat direbus, kemudian gunakan air rebusannya untuk menyemproti area yang terdapat kecoa.

Baca Juga: 10 Ponsel Gaming Terbaik di 2023, Apakah Masih Layak Dibeli?

Menggunakan Cairan Pelembut Kain

Untuk mengusir kecoa, Anda dapat memanfaatkan cairan pelembut kain yang mudah ditemukan di pasaran. Campurkan cairan tersebut dengan air dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan cairan tersebut ketika Anda melihat kecoa di dalam rumah.

Hemat Biaya dengan Bumbu Dapur untuk Mengusir Kecoa

Jika ingin menghemat pengeluaran, Anda dapat menggunakan bumbu dapur seperti lada, bawang merah, dan bawang putih untuk mengusir kecoa. Caranya cukup sederhana, siapkan merica bubuk, pasta bawang merah, dan larutan bawang putih, kemudian larutkan dalam satu liter air. Setelah itu, semprotkan larutan ini pada area yang terdapat kecoa.

Mengatasi Kecoa dalam Rumah dengan Pine-Sol dan Pemutih

Untuk mengatasi kecoa dalam rumah, Anda dapat mencampurkan Pine-Sol dan pemutih, kemudian didihkan dalam air. Setelah itu, tuangkan campuran tersebut ke area yang terdapat kecoa. Metode ini telah terbukti efektif dalam membasmi kecoa di dalam rumah.

Baca Juga: Rahasia Sukses: 10 Cara Memulai Bisnis Tanpa Harus Mengeluarkan Modal

Manfaatkan Timun

Siapa sangka, timun dapat menjadi pengusir kecoa yang efektif di dalam rumah. Triknya sederhana, cukup letakkan beberapa irisan timun di dalam kaleng, kemudian biarkan saja. Timun akan berinteraksi dengan kaleng dan menghasilkan aroma yang tak disukai oleh kecoa, sehingga mereka akan terusir dari rumah Anda.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda