5 Langkah Membersihkan Rice Cooker agar Tidak Berbau dan Berkuman

5 Langkah Membersihkan Rice Cooker agar Tidak Berbau dan Berkuman

Setiap hari, rice cooker adalah teman setia di dapur untuk memasak nasi yang lezat dan menjaganya tetap hangat. Namun, seringkali penggunaan yang terlalu sering dan kurang perawatan membuat rice cooker menjadi kotor karena sisa-sisa nasi dan akhirnya berbau tak sedap.

Jangan khawatir, membersihkan rice cooker tidaklah sulit. Sebenarnya, cara membersihkannya cukup sederhana dan bisa dilakukan dengan cepat. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan rice cooker dengan benar.

Alat dan bahan yang dibutuhkan
  • Spons non-abrasif.
  • Kain mikrofiber.
  • Lap pengering.
  • Sabun pencuci piring.
  • Pembersih serbaguna.
Cara membersihkan rice cooker

Sebelum Anda mulai membersihkan rice cooker Anda, ada baiknya membaca buku manual terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada instruksi khusus yang perlu diperhatikan pada perangkat Anda.

Baca Juga: Tips dan Trik Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Selanjutnya, cabutlah kabel daya rice cooker dan tunggu sampai benar-benar dingin. Pastikan untuk menjaga komponen listrik dari paparan sabun dan air yang digunakan dalam proses pembersihan. Dengan demikian, Anda dapat memastikan keamanan dan kinerja optimal pada rice cooker kesayangan Anda.

Lepas Bagian-Bagian dan Cuci dengan Sabar

Agar rice cooker Anda tetap bersih dan terawat, pastikan untuk melepaskan semua bagian dan membersihkannya secara terpisah. Tunggu sekitar 30 menit agar hot plate bisa mendingin, kemudian lepaskan panci bagian dalam dan cuci di wastafel atau ember yang berisi air sabun panas.

Rendam dalam Sabun Hangat

Jika nasi benar-benar melekat di dalam panci, biarkan terendam dalam air sabun hangat selama sekitar 20 menit. Anda dapat menyesuaikan waktu perendaman sesuai dengan seberapa banyak sisa nasi yang menempel di panci. Dengan cara ini, rice cooker Anda akan tetap bersih dan bebas dari sisa-sisa nasi yang membandel.

Bersihkan dengan spons non-abrasif

Rendam bagian dalam panci terlebih dahulu dan kemudian menggunakan spons non-abrasif untuk membersihkan nasi yang menempel dengan lembut. Jika masih ada sisa-sisa yang membandel, jangan khawatir, Anda bisa menggunakan spatula plastik atau karet yang aman untuk permukaan panci Anda. Namun, sebaiknya hindari penggunaan peralatan logam karena dapat merusak panci. Jangan lupa untuk mencuci, membilas, dan mengeringkan panci dengan lap yang bersih agar selalu siap digunakan. Dengan begitu, panci Anda akan tetap terjaga kebersihannya dan tahan lama.

Lepaskan tutup dan bersihkan

Jika Anda ingin menjaga kebersihan rice cooker, perlu untuk membersihkan penutup yang dapat dilepas dengan hati-hati menggunakan spons dan air sabun. Setelah dibersihkan, pastikan untuk menghilangkan buih dengan kain mikrofiber basah sebelum memasang kembali tutup dan bagian dalamnya. Dengan membersihkan rice cooker secara teratur, Anda dapat memastikan makanan yang sehat dan berkualitas untuk keluarga Anda.

Bersihkan bagian luar rice cooker

Gunakan pembersih serbaguna favorit Anda atau ciptakan larutan pembersih sendiri dengan mudah! Campurkan air dan cuka putih dalam botol semprot, lalu semprotkan ke bagian luar rice cooker untuk membersihkannya dengan mudah. Namun, jangan lupa untuk berhati-hati dengan komponen listriknya ya, jangan sampai terkena air.

Tips menjaga kebersihan rice cooker
  1. Agar proses pembersihan rice cooker menjadi lebih mudah dan alat tersebut bekerja lebih efisien, disarankan untuk membersihkannya setiap selesai digunakan.
  2. Untuk menghindari kerusakan pada rice cooker, sebaiknya tidak menggunakan sabut baja atau peralatan logam yang bersifat sangat kasar saat membersihkannya.
  3. Pastikan nasi yang dimasak tidak terlalu matang untuk menghindari nasi lengket dan berkerak. Gunakanlah metode memasak yang baik sebagai tindakan pencegahan terbaik.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda