Tips Merawat Kulit Wajah agar Sehat dan Indah

Tips Merawat Kulit Wajah agar Sehat dan Indah
Unsplash

Halo InfokanAja Lovers! Salam Wajah Indah!

Bagaimana sih cara merawat kulit agar tetap sehat dan indah. Perawatan yang tepat tidak harus dengan produk bermerek, mahal atau pergi ke klinik kecantikan. Anda sebenarnya bisa merawatnya di rumah maupun di kantor saat sedang istirahat. Lagi pula, tidak butuh waktu yang lama dan banyak tenaga untuk melakukannya.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan ya:

1. Gunakan sabun pembersih wajah berdasarkan jenis kulit

Designed by Freepik

Terdapat banyak jenis pembersih wajah yang tersedia di pasaran dan setiap produk memiliki tipe yang berbeda tergantung pada jenis kulit. Misalnya jika memiliki kulit kering, gunakan pembersih wajah yang lembut dan melembapkan untuk menghindari iritasi. Sebaliknya jika kulit berminyak, gunakan produk yang dirancang khusus untuk menghilangkan kelebihan minyak dan mengurangi kilap. Beberapa produk juga dirumuskan untuk masalah kulit tertentu, seperti jerawat atau penuaan dan carilah yang sesuai dengan kebutuhan. Selalu ada baiknya untuk menguji bagian kecil pada bagian kulit tertentu terlebih dahulu sebelum menggunakannya di wajah secara keseluruhan untuk memastikan tidak menyebabkan iritasi.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Performa Website Jadi Lebih Cepat Diakses

Produk yang mungkin cocok untuk digunakan:

Kulit Berminyak:

  • Nild'm Refreshing Gel Cleanser
  • SAFE Natural Foaming Facial Wash
  • Cetaphil
  • JAFRA CLEAR Balance Purifying Facial Wash
  • Garnier PureActive Deep Pore

Baca Juga: Tips Mengendarai Mobil yang Aman Terhindar Dari Kecelakaan di Jalanan

Kulit Kering:

  • Nivea Soft
  • Hydrating Cleanser dari La Roche-Posay
  • Pond's Cold Cream
  • Cetaphil Gentle Skin Cleanser
  • The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash

2. Biasakan dengan mencuci wajah setiap hari

Designed by Freepik

Rutin mencuci wajah bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Biasakan untuk selalu membersihkan wajah, setidaknya 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari sebelum tidur atau saat dibutuhkan, misalnya setelah mengenakan make-up. Pastikan juga mencuci wajah dengan cara yang benar. Awali membasuh wajah menggunakan air hangat, gunakan sabun cuci wajah yang sesuai sama kondisi kulit, campurkan sabun dengan air di telapak tangan, bersihkan wajah dengan melakukan pijatan melingkar secara lembut, bilas dengan air bersih, terakhir keringkan menggunakan handuk bersih.

3. Gunakan pelembab setelah mencuci wajah

Designed by Freepik

Dalam memilih pelembap, pilihlah produk yang sesuai tipe dan preferensimu. Bedakan pula pelembap untuk kulit wajah dan badan karena wajah memiliki lapisan kulit yang lebih tipis sehingga rentan sensitif. Selain itu, penting untuk selalu menggunakannya setelah mencuci wajah agar skin barrier tidak rusak.

4. Memakai tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan

Designed by Freepik

Menggunakan serum tabir surya adalah cara terbaik untuk melindungi kulit dari radiasi matahari berbahaya. Sehingga mengurangi penyebab kulit menjadi terbakar dan berjerawat. Gunakan dengan tepat agar tidak menyebabkan penuaan dini dan dapat terhindar dari kulit kering dan pecah. Selain itu, serum tabir surya juga dapat membantu dalam mengurangi pigmentasi kulit dan membuatnya terlihat lebih cerah.

5. Penuhi kebutuhan air di tubuh

Designed by Freepik

Kebutuhan air di tubuh manusia sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan. Air membantu menjaga suhu tubuh, mengatur metabolisme, menghilangkan racun, keseimbangan cairan di dalam tubuh, kesehatan jantung, ginjal, dan sistem pencernaan. Untuk memenuhi kebutuhan air, Anda harus mengonsumsinya secara cukup setiap hari. Jumlah yang dibutuhkan pun tergantung pada berbagai faktor, seperti usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kondisi cuaca. Orang dewasa biasanya membutuhkan sekitar 8-10 gelas air per hari.

Kesimpulannya adalah jika dapat mengikuti cara di atas dengan benar, kulit akan selalu sehat dan indah setiap saat. Semoga kulit wajah Anda tetap sehat dan indah.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda