Sering Sakit Pinggang? Cek Penyebab dan Cara Mencegahnya

Sering Sakit Pinggang? Cek Penyebab dan Cara Mencegahnya

Penyebab sakit pinggang sebenarnya sangat bervariasi. Sensasi nyeri ini dirasakan pada bagian tulang belakang bagian bawah, termasuk pada cakram, jaringan otot, dan saraf tulang belakang, serta dapat mempengaruhi organ di sekitar panggul dan perut. Terkadang rasa sakit bisa terjadi secara singkat dan hilang dengan sendirinya.

Namun, sakit pinggang juga dapat menunjukkan masalah kesehatan. Penyebab umumnya bisa disebabkan oleh posisi tubuh yang tidak tepat, mengangkat benda yang terlalu berat, atau melakukan gerakan berulang secara berlebihan.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami sakit pinggang yang berkepanjangan, sebaiknya segera mengetahui apa penyebabnya. Segera tangani dengan beberapa pencegahan yang dapat dilakukan di rumah atau berkonsultasi dengan dokter jika sudah disertai dengan gejala lain seperti demam atau mati rasa pada paha, karena bisa menjadi pertanda kondisi yang serius.

Gejala sakit pinggang
1. Kejang otot

Ketika merasakan rasa sakit, maka otot-otot di daerah punggung bawah akan mengalami ketegangan serta kontraksi yang membuatnya terasa sangat sakit dan sulit dikendalikan. Rasa sakit tersebut bahkan bisa membuat Anda kesulitan untuk berdiri atau bergerak dengan leluasa.

2. Rasa kaku

Jika sedang mengalami nyeri pinggang, maka tidak jarang kita akan merasakan kekakuan pada bagian pinggang dan punggung. Sensasi kekakuan tersebut dapat terlihat jelas ketika kita kesulitan untuk menggerakkan atau meluruskan tubuh. Tentunya kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kita tidak nyaman. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi nyeri pinggang agar kekakuan pada pinggang dan punggung dapat teratasi.

3. Masalah postur

Janganlah mengubah posisi tubuh ketika Anda merasakan rasa sakit yang sangat di pinggangmu. Tindakan ini dapat mengganggu postur tubuh Anda yang sehat.

Baca Juga: 10 Pilihan Makanan Rendah Kalori yang Mudah Ditemukan di Pasar

10 Penyebab sakit pinggang
Skiatika

Apakah Anda pernah merasakan sakit pada bagian tulang belakang yang menjalar hingga ke kaki? Itulah yang disebut dengan skiatika. Skiatika disebabkan oleh tertekannya saraf yang menghubungkan tulang belakang dan tungkai sehingga membuat Anda merasakan kesemutan dan nyeri hebat. Jangan khawatir, skiatika dapat diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri yang bisa Anda temukan di apotek. Selain itu, mencoba mengompres bagian yang sakit dengan air hangat secara rutin selama kurang lebih enam minggu juga bisa membantu mengurangi gejala skiatika.

Stenosis spinal

Stenosis spinal adalah suatu kondisi dimana tulang belakang mengalami penyempitan dan menimbulkan tekanan pada saraf dan sumsum tulang belakang. Kondisi ini disebabkan oleh adanya degenerasi cakram di antara tulang belakang yang membuat pinggang terasa kram, lemah, atau nyeri saat berdiri atau berjalan. Hal ini dapat terjadi karena penuaan pada tulang yang menyebabkan perubahan bentuk konstruksi tulang dan menekan saraf pada bantalan tulang belakang. Dengan mengetahui lebih banyak tentang stenosis spinal, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang kondisi ini dan bagaimana cara mengatasinya.

Cedera otot

Cidera otot merupakan keadaan di mana otot dan ligamen pada area pinggang mengalami robekan dan peregangan. Kondisi ini umumnya ditandai dengan rasa nyeri dan kaku di sekitar pinggang hingga bagian bawahnya. Mengetahui lebih lanjut mengenai cidera otot dapat membantu dalam mencegah terjadinya kondisi tersebut serta mengetahui cara mengatasi cidera otot pada area pinggang.

Osteoartritis

Kondisi ini disebabkan oleh sendi yang tidak terhidrasi sehingga menyebabkan rasa sakit, peradangan, ketidakstabilan, dan stenosisi pada tingkat yang bervariasi.

Faktor keturunan

Anda, tahukah Anda bahwa sakit pinggang dapat dipicu oleh faktor riwayat keluarga? Jika di dalam keluarga ada yang pernah mengalami osteoartritis atau penyakit lainnya, maka risiko Anda untuk merasakan nyeri pinggang juga lebih tinggi.

Gaya hidup tidak sehat

Saat tubuh Anda tak terbiasa dengan aktivitas fisik, merokok, atau cara yang salah dalam mengangkat benda berat, serta kegemaran Anda menggunakan sepatu hak tinggi, maka postur tubuh yang buruk dan kelebihan berat badan dapat menjadi penyebab terjadinya sakit punggung.

Stres

Jika Ibu merasa tertekan, kemungkinan besar otot-otot di sekitar pinggangnya akan mengalami ketegangan yang membuatnya terasa sakit. Ini bisa menjadi suatu hal yang sangat tidak menyenangkan bagi Ibu dan dapat mengganggu kesehariannya.

Salah posisi duduk

Ketidaksesuaian posisi duduk dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada bagian pinggang belakang. Terkadang, terlalu fokus dalam bekerja dapat membuat kita melupakan rasa sakit tersebut. Namun, efeknya akan terasa kembali saat kita telah selesai bekerja. Mari kita perhatikan posisi duduk kita agar terhindar dari rasa tidak nyaman pada pinggang belakang.

Abnormal Spine Curvatures

Dalam beberapa kasus, rasa sakit di daerah pinggang belakang dapat disebabkan oleh kelainan pada lekukan tulang belakang yang tidak normal, seperti skoliosis, lordosis, dan kifosis. Ketiga kelainan ini dapat menimbulkan gejala yang tidak menyenangkan, seperti sakit pada otot, ligamen, tendon, dan tulang belakang. Jangan mengabaikan rasa sakit tersebut karena dapat berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kecelakaan

Cedera pada otot daerah pinggang belakang dapat menimbulkan rasa sakit pada pinggang. Informasi ini penting untuk diperhatikan karena kecelakaan yang menyebabkan cedera tersebut dapat berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, perlu diketahui bagaimana cara mencegah dan mengobati cedera otot pada daerah pinggang belakang agar dapat terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius di masa depan.

Cara Mencegah Sakit Pinggang

Menurut laporan dari Cleveland Clinic, mengatasi sakit pinggang yang disebabkan oleh kondisi bawaan terkait struktur tulang belakang tidaklah mudah. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Anda untuk mencegah cedera otot yang sering terjadi pada daerah pinggang. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Menjaga berat badan yang seimbang, karena kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan pada tulang belakang.
  • Mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang serta menggunakan suplemen kalsium yang baik untuk tulang. Anda dapat membeli suplemen tersebut di sini.
  • Melakukan olahraga untuk memperkuat otot perut dan inti tubuh yang membantu menopang tulang belakang.
  • Berdiri dan duduk dengan posisi yang tegak.
  • Mengangkat barang dengan benar, yaitu dengan menekankan beban pada kaki, bukan pada pinggang. Saat mengangkat barang berat, hindari memutar tubuh yang dapat memicu cedera otot pada pinggang.

Dengan melakukan beberapa cara di atas, Anda dapat mencegah terjadinya cedera otot pada daerah pinggang dan menjaga kesehatan tulang belakang.

Baca Juga: Memahami Pentingnya Riset Kata Kunci dalam SEO

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda