Jangan Anggap Sepele! 10 Penyebab Bau Mulut yang Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Serius

Jangan Anggap Sepele! 10 Penyebab Bau Mulut yang Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Serius

Terdapat hal menarik terkait masalah halitosis atau bau mulut yang sebaiknya Anda ketahui. Sebagian besar orang menganggap bahwa bau mulut hanya masalah biasa yang dapat menurunkan rasa percaya diri. Namun, hal ini sebenarnya bisa menjadi tanda adanya penyakit serius yang mengancam kesehatan tubuh Anda. Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya bau mulut, diantaranya adalah kurangnya perawatan pada gigi dan gusi, seperti jarangnya melakukan sikat gigi minimal dua kali sehari. Selain itu, penyakit serius seperti gagal ginjal atau penyakit liver juga dapat menjadi penyebab dari bau mulut yang tidak sedap. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui lebih lanjut terkait penyebab dan bahaya dari bau mulut yang tidak sedap ini.

Kurangnya Perhatian terhadap Kebersihan Gigi dan Mulut

Mengabaikan kebersihan gigi dan mulut bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Bau mulut yang tidak sedap berasal dari kumpulan bakteri pada gigi dan mulut. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membersihkan sisa makanan pada gigi dengan menggunakan pasta gigi ataupun larutan kumur untuk mulut. Jangan lupa juga membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss.

Mengonsumsi Makanan dengan Aroma Kuat

Makanan yang memiliki aroma kuat dapat memengaruhi bau mulut Anda seperti aroma kuat pada buah durian. Selain buah durian, ada beberapa makanan lain yang dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang, kopi, keju, ikan, dan makanan pedas. Aroma kuat tersebut akan diolah oleh tubuh dan masuk ke dalam aliran darah sehingga akan menghasilkan bau yang keluar dari nafas. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan menjaga kebersihan mulut dengan baik.

Menjaga Kesehatan Mulut dari Kekeringan

Apakah Anda sering merasakan mulut kering? Jika iya, hati-hati karena hal tersebut dapat membuat air liur Anda juga mengering. Padahal, air liur yang cukup sangat penting untuk menjaga kebersihan mulut. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian Anda dengan minum air putih minimal 1500 ml per hari. Jangan biarkan mulut kering karena dapat memicu penumpukan bakteri dan sisa makanan yang akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Mengetahui Gejala Gerd dengan Baik

Tahukah Anda bahwa bau mulut yang disebabkan oleh penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau asam lambung berbeda dengan bau mulut biasa? Jika bau mulut akibat sinusitis tercium seperti bau kotoran, maka bau mulut yang diakibatkan oleh penyakit GERD akan terasa lebih asam. Tentunya, kondisi ini sangat mengganggu aktivitas Anda, bukan? Hal tersebut terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan bau asam pada mulut. Jangan abaikan gejala GERD ini untuk kesehatan mulut yang lebih baik.

Gangguan Kesehatan pada Gusi

Anda pernah merasa kurang nafsu makan? Mungkin saja itu disebabkan oleh penyakit gusi yang biasa terjadi. Plak gigi yang terbentuk dari air liur bisa menempel pada gusi dan menyebabkan kotoran. Meski Anda sudah rajin menyikat gigi, tetap perlu diperhatikan karena plak gigi bisa hilang dengan cara menyikat gigi secara teratur pada pagi, siang, dan malam hari sebelum tidur. Dengan begitu, karang gigi yang menempel pada gusi pun bisa terlepas.

Gejala Infeksi Amandel

Apakah Anda pernah merasa gangguan pada leher? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena amandel yang mengalami infeksi bakteri pada tenggorokan. Infeksi ini bisa menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada bagian leher Anda. Bahkan jika sisa makanan Anda tersangkut pada pembengkakan amandel, maka makanan tersebut dapat mengeras dan membentuk batu amandel yang menimbulkan bau mulut tak sedap. Oleh karena itu, penting untuk segera mengatasi gejala ini agar tidak semakin parah.

Merokok

Jangan meremehkan bahaya merokok atau mengonsumsi produk tembakau lainnya. Selain dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, merokok juga dapat menimbulkan noda pada gigi, menurunkan kepekaan lidah, dan mengiritasi gusi. Tidak hanya itu, penggunaan tembakau dapat menyebabkan penyakit periodontal yang sangat berbahaya, bahkan berpotensi menyebabkan kanker mulut. Jangan sampai membiarkan kebiasaan merokok merusak kesehatan Anda.

Alergi

Jangan abaikan tanda-tanda alergi seperti tenggorokan gatal, hidung tersumbat, dan mata berair. Jika tidak segera diatasi, alergi dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap karena lendir di dalam tubuh menjadi tempat berkembangnya kuman. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan tubuh dengan rajin membersihkannya. Jangan biarkan alergi mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Diabetes

Apakah Anda tahu bahwa penyakit diabetes tidak hanya membuat kadar gula darah naik, tetapi juga dapat menimbulkan bau mulut yang menyengat seperti aroma buah? Hal ini terjadi ketika insulin dalam tubuh tidak cukup untuk menyerap gula sebagai sumber energi sehingga tubuh membakar lemak, dan dari sinilah terbentuk asam keton yang membuat bau mulut tidak sedap.

Penyakit Liver

Anda tahu, tidak hanya ginjal saja yang berbahaya ketika organ hati Anda terkena penyakit. Pasalnya, kerusakan pada hati akan mengurangi kemampuan organ tersebut dalam menyaring racun tubuh, sehingga endapan racun dalam tubuh akan berubah menjadi bakteri penyebab bau mulut tidak sedap. Tidak hanya itu, metabolisme yang terganggu akibat penyakit liver ini juga dapat menyebabkan mulut kering, kurangnya air liur, dan gangguan pada indera pengecap. Oleh karena itu, perhatikan kesehatan hati Anda dengan baik.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda