Perbedaan Sunscreen dan Sunblock: Jangan Sampai Keliru Memilih!

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock: Jangan Sampai Keliru Memilih!

Meskipun namanya mirip, sunscreen dan sunblock memiliki sejumlah perbedaan yang penting untuk diketahui. Apa bedanya sunscreen dan sunblock? Yuk, simak ulasannya berikut ini agar kamu tidak salah pilih.

Walaupun berbeda, kedua produk tersebut sama-sama penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Setiap orang harus menggunakan sunscreen atau sunblock karena paparan sinar matahari bisa menyebabkan berbagai masalah kulit.

Beda Sunscreen dan Sunblock

Cara Kerja

Sunscreen adalah jenis perlindungan dari sinar matahari yang paling umum digunakan. Sunscreen bekerja dengan menyaring sinar UV matahari. Bahan aktif dalam sunscreen menyerap sinar UV lalu mengeluarkannya dari kulit sebagai energi panas sebelum sinar UV menembus kulit lebih dalam. Sunscreen juga dikenal sebagai chemical sunscreen.

Menurut Healthline, chemical sunscreen bekerja di bawah permukaan kulit dengan cara menyerap sinar UV sebelum diserap kulit yang lebih dalam. Chemical sunscreen mengandung bahan aktif yang menyerap sinar UV sebelum mencapai lapisan kulit yang lebih dalam.

Sementara itu, sunblock menghalangi sinar UV dengan cara memantulkannya. Sunblock juga dikenal sebagai physical sunscreen. Physical sunscreen membentuk penghalang atau perisai pada kulit, melindungi dari paparan sinar matahari secara langsung.

Kandungan

Sunscreen menggunakan berbagai bahan kimia yang berfungsi menyerap sinar UV berbahaya sebelum menembus kulit. Beberapa bahan aktif dalam sunscreen termasuk oxybenzone atau avobenzone. Selain itu, beberapa produk sunscreen mengandung fragrances dan oil, serta PABA (para-aminobenzoic acid) yang bisa menimbulkan alergi bagi sebagian orang.

Baca Juga: 6 Indikator Kamu Sedang Mengalami Gaslighting di Lingkungan Kerja

Sunblock pada umumnya mengandung titanium dioxide dan zinc oxide. Kandungan ini memiliki formula yang lebih berat sehingga sering meninggalkan whitecast atau bekas putih pada kulit.

Hasil Akhir

Perbedaan lainnya terlihat dari hasil akhir pemakaian. Sunscreen biasanya tidak meninggalkan bekas setelah diaplikasikan ke kulit karena formulanya transparan dan mudah menyatu dengan kulit.

Baca Juga: Kegiatan yang Sering Dilakukan Saat Menyambut Tahun Baru

Berbeda dengan sunscreen, sunblock cenderung meninggalkan whitecast atau bekas putih pada kulit, sehingga sebagian orang merasa sulit mengoleskan sunblock ke seluruh tubuh. Tidak heran jika di pantai sering terlihat orang dengan wajah penuh coretan putih akibat sunblock. Sunblock juga disarankan untuk anak-anak berusia enam bulan atau lebih.

Pakai Sunscreen atau Sunblock?

Mengingat perbedaannya, mungkin kamu bingung memilih antara sunscreen atau sunblock. Menurut Verywell Health, keduanya merupakan bentuk perlindungan sinar UV yang sangat baik. American Academy of Dermatology (AAD) tidak menyarankan penggunaan salah satu produk lebih dari yang lain, artinya keduanya sama-sama baik digunakan untuk melindungi dari sinar UV.

Baca Juga: Mengungkap Fakta Menarik: 10 Negara dengan IQ Penduduk Tertinggi di Dunia

Namun, pastikan kamu memilih produk sunscreen atau sunblock yang menawarkan manfaat berikut:

1. Cakupan spektrum luas atau broad-spectrum, yang melindungi dari sinar UVA dan UVB. Produk broad-spectrum dapat mencegah penuaan dini akibat sinar matahari.

2. Minimal memiliki SPF 30 atau lebih tinggi.

3. Tahan air alias water-resistant.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda