Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Mandi air hangat memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Sejak dahulu kala, orang-orang telah menikmati mandi di sumber air panas alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Kini, kamu tidak perlu repot-repot mengunjungi spa modern atau pemandian air panas alami untuk mendapatkan manfaat tersebut. Cukup dengan mandi air hangat di rumah, kamu bisa merasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan mental.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Mandi air hangat bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular, termasuk pembuluh darah dan jantung. Sebuah penelitian di Jepang pada tahun 2020 yang dipublikasikan di Jurnal Heart menunjukkan bahwa mandi air hangat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 30.000 orang berusia 40 hingga 59 tahun. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mandi air hangat secara teratur dapat memberikan efek positif pada kesehatan pembuluh darah, vena, dan arteri.

"Hidroterapi dengan mandi air hangat dapat meningkatkan aliran darah perifer, sehingga mempercepat penyembuhan jaringan yang teriritasi atau rusak," ujar Meredith Warner, seorang Ahli Bedah Ortopedi dari Baton Rouge, Louisiana, dilansir dari Real Simple.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Berendam dalam air hangat dapat merelaksasi tubuh dan berdampak positif bagi kesehatan mental. Fakta ini didukung oleh sebuah studi yang melibatkan 38 peserta dan dipublikasikan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2018. Para peserta melaporkan adanya penurunan perasaan tegang, kemarahan, depresi, dan kekecewaan setelah rutin mandi atau berendam dengan air hangat.

Baca Juga: Inilah 6 Jenis Olahraga yang Membakar Kalori Paling Banyak, Salah Satunya Berenang!

"Para peneliti menemukan bahwa mandi air hangat memiliki efek yang signifikan terhadap kesehatan mental dan mengurangi kecemasan," ujar Michael I. Jacobs, Dokter Kulit Bersertifikat dan Profesor Dermatologi di Weill Cornell Medical College, dilansir dari Real Simple.

Mengurangi Stres

Selain meningkatkan kesehatan mental, mandi air hangat secara rutin juga dapat mengurangi stres. Menurut Dokter Keluarga di Miami, Laura Purdy, mandi dengan air panas adalah cara yang efektif untuk bersantai dan beristirahat.

Baca Juga: 10 Referensi Website yang Menyediakan Gambar Gratis Tanpa Watermark

"Kegiatan ini membantu otak Anda melambat dan merupakan cara yang bagus untuk mengambil istirahat penuh perhatian," ujarnya dilansir dari Real Simple. Penelitian Tiny pada tahun 2018 yang melibatkan 38 peserta menunjukkan bahwa mandi air panas secara teratur dapat mengurangi tingkat stres dan kelelahan.

Mengurangi Nyeri Otot dan Sendi

Mandi air hangat dapat membantu mengurangi nyeri otot dan sendi karena air hangat membantu jaringan di sistem muskuloskeletal menjadi rileks. Sistem muskuloskeletal terdiri dari tulang, sendi, otot, saraf, dan jaringan ikat.

"Sendi dan jaringan ikat yang kaku juga akan terasa lebih baik setelah mandi air hangat," ujar Warner dalam Real Simple.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Mandi air hangat dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks, sehingga tidak mengherankan jika mandi air hangat juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. "Mandi air hangat di malam hari dapat membantu Anda tertidur lelap, sehingga meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan," kata Laura Purdy dalam Real Simple.

Baca Juga: 7 Keuntungan Mengejutkan dari Latihan Plank

Oleh karena itu, mandi air hangat menjadi salah satu cara efektif untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas.

Membersihkan Kulit

Mandi air hangat ternyata merupakan salah satu bentuk perawatan kulit. Selain menghilangkan kotoran di permukaan kulit, mandi dengan air hangat juga membuka pori-pori sehingga memungkinkan membersihkan kotoran yang menumpuk, menurut Cleveland Clinic.

Baca Juga: Revolusi Otomotif: 11 Sepeda Motor Listrik Buatan Indonesia yang Siap Bersaing

Mandi air hangat juga melembutkan lapisan sel kulit mati di permukaan luar kulit, sehingga mudah terkelupas dengan waslap. "Mandi air hangat juga dapat membantu menghilangkan bakteri dan jamur di kulit," kata Amy Zack, Dokter Keluarga di Cleveland Clinic.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda