9 Aplikasi Kencan Online Terpopuler di Indonesia

9 Aplikasi Kencan Online Terpopuler di Indonesia

Dengan kemajuan teknologi, mencari pasangan kini bisa dilakukan melalui aplikasi kencan online.

Menurut survei terbaru dari Populix yang berjudul "Indonesian Usage Behavior and Online Security on Dating Apps," sebanyak 63 persen responden mengaku menggunakan aplikasi kencan online.

“Banyaknya aplikasi kencan online di Indonesia menunjukkan bagaimana teknologi digital telah mengubah cara orang mencari pasangan dan membentuk hubungan,” ujar Eileen Kamtawijoyo, COO & Co-Founder Populix.

Dalam survei yang melibatkan 1.165 orang, sekitar 732 orang atau 63 persen merupakan pengguna aplikasi kencan online.

Survei ini juga mengungkapkan bahwa mayoritas pengguna aplikasi kencan online adalah generasi milenial, yaitu mereka yang lahir antara tahun 1981 hingga 1996, meskipun beberapa sumber menyebutkan milenial lahir antara 1980 hingga 1995.

Aplikasi Kencan Online Paling Populer

Baca Juga: 9 Kebiasaan Mudah yang Meningkatkan Kecerdasan Otak

Berdasarkan survei Populix, berikut adalah aplikasi kencan online yang paling banyak digunakan di Indonesia:

1. Tinder

Survei menunjukkan bahwa 38 persen responden menggunakan Tinder, dengan tingkat kesadaran tertinggi yaitu 74 persen. Tinder dikenal user friendly, memungkinkan pengguna untuk swipe “Like” ke kanan jika tertarik atau ke kiri jika tidak. Jika dua pengguna saling “Like”, mereka bisa mulai mengobrol.

Baca Juga: 5 Faktor Penyebab Kentut Anda Berbau Kurang Menyenangkan

2. Tantan

Tantan menempati urutan kedua dengan 33 persen responden. Tingkat kesadaran aplikasi ini adalah 67 persen. Pengguna yang match di Tantan dapat mengobrol lebih intens.

3. Bumble

Menurut survei, 17 persen responden menggunakan Bumble. Aplikasi ini memiliki tingkat kesadaran sebesar 39 persen. Di Bumble, perempuan harus memulai percakapan terlebih dahulu dan memiliki waktu 24 jam untuk menyapa pengguna laki-laki yang match dengannya.

4. Omi

Omi digunakan oleh 13 persen responden dengan tingkat kesadaran 35 persen. Omi adalah aplikasi asal Singapura yang memungkinkan pengguna untuk mencari pasangan atau teman baru. Aplikasi ini dilengkapi dengan sistem verifikasi berbasis AI untuk keamanan penggunanya.

Baca Juga: Sinopsis dan Link Streaming All That We Loved: Drakor Sehun EXO dengan Cerita Cinta Segitiga yang Tak Terlupakan

5. Dating.com

Dating.com digunakan oleh 12 persen responden. Aplikasi ini memungkinkan pengguna terhubung dengan orang dari lebih dari 40 negara, menjadikannya komunitas global untuk mencari pasangan atau teman baru.

6. Badoo

Badoo memungkinkan pengguna untuk mengobrol tanpa harus match terlebih dahulu. Aplikasi ini juga memudahkan pengguna untuk mencari pasangan atau teman dari negara lain. Survei menunjukkan bahwa 10 persen responden menggunakan Badoo.

7. Taaruf ID

Sebanyak 7 persen responden menggunakan Taaruf ID, aplikasi kencan buatan Indonesia. Aplikasi ini menyarankan pengguna untuk membawa wali saat bertemu secara tatap muka.

Baca Juga: Rahasia Sukses: 10 Cara Memulai Bisnis Tanpa Harus Mengeluarkan Modal

8. OkCupid

OkCupid mengharuskan pengguna menjawab beberapa pertanyaan untuk mencocokkan individu yang sesuai. Sebanyak 7 persen responden mengaku menggunakan OkCupid.

9. Muslima.com

Muslima.com adalah layanan perjodohan untuk muslim dan muslimah. Aplikasi ini memiliki lebih dari 5 juta pengguna di berbagai negara, termasuk Indonesia. Sebanyak 5 persen responden mengaku menggunakan Muslima.com.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda