Revolusi Otomotif: 11 Sepeda Motor Listrik Buatan Indonesia yang Siap Bersaing

Revolusi Otomotif: 11 Sepeda Motor Listrik Buatan Indonesia yang Siap Bersaing

Anda mungkin tidak menyadari bahwa Indonesia telah berhasil memproduksi sejumlah besar motor listrik yang memiliki kualitas setara dengan produksi luar negeri. Keberadaan kendaraan listrik semakin dipromosikan guna mengurangi peningkatan emisi karbon dioksida yang merugikan lingkungan. Selain ramah lingkungan, motor listrik memiliki keunggulan dalam hal efisiensi bahan bakar, kemudahan perawatan, dan ketiadaan suara bising. Apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satu motor listrik buatan Indonesia ini? Jangan lewatkan informasi mengenai 11 sepeda motor listrik asli Indonesia dengan kualitas yang tak kalah dengan produksi luar negeri.

1. Gesits

Sudahkah Anda mendengar tentang motor listrik buatan Indonesia yang pertama bernama Gesits? Motor listrik ini telah dikembangkan sejak tahun 2018 dan kini telah resmi dipasarkan secara luas. Terlihat sporty dan garang seperti Honda Vario 2017, Gesits hadir dalam tiga varian warna yaitu merah, hitam, dan putih.

Saat digunakan, Gesits menggunakan tenaga listrik dengan daya 5 KW. Saat baterai terisi penuh, Gesits dapat menempuh jarak sekitar 50 km dengan satu baterai dan 100 km saat menggunakan baterai ganda. Selain itu, muatan listriknya cukup singkat, hanya membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam untuk terisi penuh. Harga jual motor listrik Gesits tersebut dimulai dari Rp 26 jutaan.

Jadi, bagi Anda yang tertarik dengan teknologi dan inovasi buatan Indonesia, Gesits bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dibeli. Dengan tampilan sporty dan spesifikasi yang cukup memukau, Gesits siap memenuhi kebutuhan Anda untuk berkendara yang hemat energi dan ramah lingkungan.

2. United Motors T1800

Motor listrik buatan Indonesia, United Motor T1800, menawarkan desain sporty yang elegan dengan lekukan tegas yang mengingatkan kita pada Yamaha NMax. Motor listrik ini memiliki 6 varian warna yang menarik, selain warna hitam. Tidak hanya tampilannya yang menawan, motor ini juga dapat dioperasikan dengan mode 4 kecepatan yang memberikan kecepatan maksimal hingga 70 km/jam. Dashboard yang dilengkapi dengan teknologi LED menambah kecantikan motor listrik ini. Selain itu, United Motor T1800 juga menyediakan bagasi yang cukup luas untuk menyimpan baterai cadangan. Pengisian baterai juga lebih cepat dengan penggunaan charger berdaya 15 ampere. Dengan harga mulai dari Rp 27.000.000, United Motor T1800 siap menemani petualangan Anda dengan gaya yang mengesankan.

3. Prix Elang Selis

Selis Eagle Prix merupakan sepeda motor listrik dengan desain yang menarik perhatian, mengadopsi konsep skuter Eropa yang ramping dan simpel. Salah satu hal yang menonjol dari tampilannya adalah letak kotak bagasi di bagian belakang motor yang terlihat keren. Tidak ketinggalan, lampu LED pada dashboard, lampu depan, dan belakang turut dilengkapi dalam motor listrik ini. Ditenagai oleh baterai berkapasitas 48 Volt 20 Ah yang butuh waktu 7 jam untuk pengisian penuh, Selis Eagle Prix mampu menempuh kecepatan maksimum hingga 40 km/jam. Tentunya, dengan spek yang diberikan tersebut, harga jualnya yang sekitar Rp 12.000.000,- menjadi cukup terjangkau bagi para pecinta sepeda motor listrik.

Baca Juga: Ide Bisnis 2023: Pelajari Keuntungan dan Risikonya

4. Penatua Elettrico

Tak hanya tampil sporty dan futuristik, motor listrik buatan Indonesia kini hadir dengan desain khusus yang mengingatkan kita pada kesan vintage ala Vespa. Namanya Elders Elettrico, motor listrik yang tak hanya menghadirkan sentuhan retro, tapi juga teknologi canggih yang bisa membuat pengendara semakin nyaman berkendara. Motor listrik ini memiliki baterai berkapasitas 52V 24 Ah yang mampu melaju dengan kecepatan maksimal 55 km/jam. Anda pun bisa memilih warna yang disediakan sesuai selera. Dengan harga jual yang dimulai dari Rp 18.500.000, Elders Elettrico sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki kendaraan alternatif yang unik dan berbeda dari yang lain, khususnya bagi para pecinta Vespa. Meski membutuhkan waktu hingga 6 jam untuk mengisi baterainya penuh, Elders Elettrico menawarkan pengalaman berkendara yang sangat menyenangkan.

5. Elvindo

Elvindo atau Electric Vehicle Indonesia adalah produsen sepeda motor listrik asal Indonesia yang memiliki lokasi perakitan di Cikup, Tangerang, Banten. Produk-produk Elvindo Rama memiliki ciri khas dengan menggunakan nama-nama Indonesia seperti Wira, Arjuna, Rama, dan Shinta. Desain Elvindo Rama dan Arjuna sangat mudah dikenali dengan bentuk bagian depan yang membentuk persegi panjang. Sedangkan tipe Elvindo Shinta dirancang dengan desain yang lebih feminin seperti skuter Scoopy Honda. Kecepatan maksimal yang bisa dicapai oleh tipe Elvindo Rama, Shinta, dan Arjuna adalah 60km/jam, sementara tipe Elvindo Wira mampu melaju dengan kecepatan maksimal 35km/jam. Harga jualnya juga tergolong terjangkau dibandingkan dengan pesaingnya, yakni Rp 13.500.000 untuk tipe tertinggi. Jangan lewatkan kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai sepeda motor listrik karya anak bangsa ini.

6. Honda PCX Listrik

Meskipun di bawah kepemilikan Honda, produk asli Jepang, namun Honda PCX Elektrix versi ini menawarkan spesifikasi khusus yang dirancang untuk pasar Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan jenis colokan charger yang disesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia serta label warning yang disesuaikan dengan standar Indonesia. Honda PCX Electrix merupakan jenis sepeda motor listrik pertama yang dijual oleh Honda di Indonesia pada tahun 2019. Namun, saat ini, motor listrik ini masih belum tersedia untuk umum dan hanya bisa disewa oleh perusahaan atau instansi tertentu.

Baca Juga: 10 Merek Celana Jeans Lokal yang Harus Dimiliki, Pilihan Terbaik!

Tak perlu diragukan lagi, Honda selalu menawarkan spesifikasi yang memukau. Honda PCX Electrix menawarkan desain yang mewah dan sporty yang dapat menjadi pesaing utama di pasar motor listrik Indonesia.

Motor listrik ini dilengkapi dengan baterai 50,4 V 20,8 Ah yang mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 65 km/jam dengan jarak tempuh maksimum sejauh 69 km saat baterai terisi penuh. Untuk harga sewanya, mulai dari Rp 2 jutaan saja. Ini adalah sebuah investasi yang sangat menjanjikan bagi bisnis yang ingin menawarkan jasa sewa kendaraan listrik bagi masyarakat Indonesia.

7. Rakata

Perusahaan sepeda motor listrik Rakata telah memperkenalkan produknya sejak tahun 2010, jauh lebih awal daripada para pesaingnya. Dibandingkan dengan motor listrik buatan negara lain, motor listrik Rakata sangat unggul karena memiliki pabrik perakitan di Tangerang, Banten, dan kantor pusat di Jakarta Selatan. Terdapat 4 jenis produk yang berbeda dengan Rakata NX8 sebagai tipe terbaik dengan spesifikasi yang luar biasa.

Meskipun memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan kompetitornya, motor listrik Rakata memiliki keunggulan tersendiri. Rakata X5, misalnya, dilengkapi dengan baterai 60V 20 Ah yang mampu melaju hingga kecepatan maksimum 65 km/jam. Selain itu, motor ini dilengkapi dengan fitur mode parkir yang berfungsi untuk menghindari terkena gas dalam posisi on-contact. Untuk wilayah Jabodetabek, motor listrik Rakata dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 20.500.000. Dengan keunggulan-keunggulan yang dimilikinya, motor listrik Rakata patut dipertimbangkan untuk menjadi pilihan kendaraan yang ramah lingkungan dan modern.

8. BF Goodrich

Berikutnya, tersedia motor listrik asli Indonesia yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. BF Goodrich tak hanya menawarkan sepeda motor listrik roda dua, melainkan juga roda tiga. Varian produk yang ditawarkannya pun sangat beragam, bahkan BF Goodrich berani menawarkan 10 jenis produk sepeda motor listrik yang berbeda.

Tak hanya itu, jenis produk yang cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari antara lain tipe BF G2, BF Q7, BF Small S, dan BF CG. Kelebihan dari motor listrik BF Goodrich adalah penggunaan watt yang rendah, kurang dari 300 watt dan harga yang terjangkau. Dari empat jenis motor listrik tersebut, harganya dimulai dari Rp 8.000.000 hingga Rp 19.800.000.

9. Nusa Khatulistiwa

Indonesia baru saja meluncurkan produk motor listrik terbaru bernama Nusa Khatulistiwa atau Nusa_K. Motor listrik ini memiliki keunikan tersendiri karena merupakan jenis motor sport yang dirancang dengan desain yang besar dan maskulin. Nusa Khatulistiwa dikembangkan pada tahun 2020 oleh dua anak muda Indonesia yang kreatif, Domex Mandey dan Tomi Gunawan.

Motor listrik Nusa Khatulistiwa dilengkapi dengan baterai Lithium-Ion Cell berkapasitas 10 KwH yang mampu menempuh jarak hingga 180 km sekali pengisian baterai penuh. Produk ini memiliki dua varian yang berbeda, Nusa Khatulistiwa Basic dengan harga Rp140 jutaan dan varian TooFast yang dibanderol mulai dari Rp 180 jutaan. Menariknya, produk ini menjadi opsi yang menarik bagi pecinta otomotif yang ingin tampil dengan gaya yang unik dan futuristik.

10. Viar Q1

Motor listrik buatan Indonesia, Viar Q1, mengusung tema retro yang menarik perhatian. Meskipun memiliki desain klasik, motor ini memiliki teknologi modern yang menggunakan baterai Lithium-Ion 60v 23 Ampere. Setelah diisi penuh selama 4 hingga 5 jam, Viar Q1 dapat menempuh jarak maksimal 60 km dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Tidak hanya itu, harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp 18 jutaan saja. Viar Q1 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 dan telah menghasilkan dua generasi motor yang berbeda. Ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari motor listrik yang unik dan berkarakter.

11. Quest Motors Atom Alpha

Niko Questera, mantan teknisi Tesla, berhasil menciptakan motor listrik buatan Indonesia yang menarik perhatian di ajang GIIAS 2021. Quest Motors Atom Alpha, demikian namanya, memiliki desain yang simpel namun fungsional. Tidak hanya itu, motor listrik ini juga dilengkapi dengan tiga tipe yang berbeda, yakni LITE, PLAY, dan Pro, masing-masing dengan kapasitas baterai yang berbeda. Tipe terendah dapat menempuh jarak 8 km, sementara tipe tertinggi bisa mencapai jarak 24 km. Meskipun harganya bervariasi, mulai dari Rp 12 juta hingga Rp 16,9 juta, motor listrik ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaannya. Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki motor listrik karya anak bangsa ini!



Pilihan Untuk Anda