Liburan dan Wisata ke Jepang? Inilah 10 Tempat Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Liburan dan Wisata ke Jepang? Inilah 10 Tempat Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Jepang kini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di seluruh dunia. Setiap tahunnya, semakin banyak orang yang merasa terpikat dengan berbagai daya tarik yang ditawarkan, mulai dari sushi segar, naik kereta api yang spektakuler, kota yang aman, tradisi yang menarik, dan budaya pop yang unik. Akan tetapi, tak hanya itu saja, di Jepang juga terdapat banyak pulau yang sangat mudah diakses melalui berbagai moda transportasi seperti kereta api, feri, dan layanan bus.

Jepang menawarkan pengalaman wisata yang hangat, ramah, dan selalu menarik untuk dieksplorasi. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari tentang budaya Ainu yang ada di pulau utara Hokkaido yang terkenal dengan udaranya yang dingin dan salju yang tebal, atau mengunjungi budaya Ryukyu yang sering terlupakan di pulau-pulau tropis Okinawa. Selain itu, Anda juga bisa menjelajahi keajaiban kuno ibu kota Edo, Kyoto, memulai ziarah kuil di Shikoku, atau menikmati keindahan yang tak pernah berakhir di jalan-jalan Tokyo yang ramai.

1. Tokyo

Bagi wisatawan yang ingin mengeksplorasi budaya dan bertemu dengan orang-orang lokal, Tokyo adalah tempat yang tepat. Sebagai wilayah metropolitan terpadat di dunia, ibu kota Jepang menawarkan pengalaman yang unik mulai dari melihat bunga sakura di taman tradisional hingga berbelanja di pasar ikan Tuskiji. Tokyo juga menggabungkan nilai-nilai tradisional dengan kehidupan modern, dari kuning hingga bar karaoke.

Di Tokyo yang selalu sibuk dan serba cepat, keseruan selalu hadir di setiap sudutnya. Meskipun hanya berjalan-jalan di jalan-jalan, pengunjung bisa merasakan keunikan kota ini. Salah satu tempat yang terkenal di Tokyo adalah Persimpangan Shibuya, yang dikenal dengan penyeberangan massa yang teratur. Ada juga lingkungan Harajuku yang terkenal di seluruh dunia karena mode jalanannya yang menakjubkan, termasuk gaya siswi goth-Lolita, punk, atau kawaii. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Tokyo jika Anda mencari pengalaman wisata yang berbeda dan menarik!

2. Kyoto

Kini, Kyoto bukan hanya ibu kota Prefektur Kyoto, tetapi juga merupakan bekas ibu kota kekaisaran Jepang selama lebih dari seribu tahun. Melihat Jepang zaman dulu pasti menjadi salah satu rencana perjalanan yang menarik, dan Kyoto adalah tujuan yang tepat. Terlebih lagi, kota ini terhindar dari kerusakan parah akibat pemboman pada masa Perang Dunia II karena nilai sejarahnya yang signifikan.

Dengan penduduk sekitar 1,5 juta orang, kota ini menyimpan lebih dari 1.000 kuil dan bangunan keagamaan, termasuk Paviliun Emas yang kerap menjadi objek foto favorit. Tak hanya itu, Kyoto juga menawarkan wisata sejarah yang menarik, seperti Kastil Nijo, bekas kediaman shogun Tokugawa.

Baca Juga: 10 Tempat yang Harus Dikunjungi Ketika Liburan ke Bandung

Tak ketinggalan, Higashiyama, distrik bersejarah yang terawat dengan baik dan Gion, distrik geisha yang terkenal di Kyoto juga merupakan tempat wisata yang harus dikunjungi. Namun, Kyoto bukan hanya tentang sejarah, kota ini juga memiliki akuarium kelas dunia dan tempat pelatihan ninja yang menarik untuk dicoba. Dengan berbagai pilihan wisata yang menarik, Kyoto adalah tujuan yang tak boleh dilewatkan.

3. Nara

Kota Nara, sebelumnya dikenal sebagai Heijo, memegang peranan penting sebagai ibu kota permanen pertama Jepang yang didirikan pada tahun 710. Namun, pada tahun 784, pemerintah dipaksa untuk memindahkan ibu kota ke Nagaoka setelah mendapat ancaman dari wihara-wihara Buddha yang berkuasa. Kota Nara terletak hanya dalam jarak satu jam perjalanan dari Kyoto, dan menawarkan banyak pemandangan bersejarah yang menakjubkan. Tak terhitung banyaknya kuil dan kuil di kota ini, membuatnya layak untuk dijelajahi.

Taman Nara yang hijau dan indah merupakan tempat bagi banyak rusa jinak yang senang berkeliaran mencari makanan dari wisatawan. Di sini, terdapat beberapa atraksi utama seperti pagoda bertingkat Kofuku-ji dan lentera batu Kasuga Taisha yang sangat indah. Selain itu, pengunjung dapat menikmati keindahan taman Jepang yang memukau.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable: Feed Instagram Makin Kece

Namun, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Kuil Todai-ji yang memukau dengan arsitekturnya yang luar biasa dan patung Buddha Agung yang sangat besar. Selain bangunan bersejarah, Nara juga memiliki beberapa museum yang sangat menarik dan distrik pedagang tua Naramachi yang mempesona. Dengan begitu banyaknya sejarah, seni, dan arsitektur yang dipamerkan, bekas ibu kota ini pantas untuk dikunjungi.

4. Hakone

Dengan menawarkan panorama gunung yang indah, tempat pemandian air panas yang menenangkan, serta beragam museum seni dunia, Hakone menjadi salah satu tujuan wisata yang paling terkenal di Jepang. Terletak hanya dengan menumpang kereta api singkat ke barat daya Tokyo, kota ini berada di tepi Danau Ashi yang tenang dan menghadap ke Gunung Fuji yang megah.

Tidak hanya menyajikan keindahan alam yang mempesona, Hakone juga menjadi rumah bagi beragam lonsen dan ryokan, yang dapat memberikan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Galeri seni dan museum turut memperkaya pengalaman berkunjung, serta ada pula beragam toko kecil yang menjual kerajinan tangan buatan lokal.

Baca Juga: Keindahan Tersembunyi: 7 Destinasi Wisata Favorit Kamboja yang Harus Dikunjungi

Salah satu kegiatan yang paling populer dilakukan di Hakone adalah menikmati pemandangan danau dan Gunung Fuji dari atas kapal bajak laut yang berlayar di Danau Ashi. Meskipun tempat ini seringkali ramai, khususnya saat akhir pekan atau hari libur, Anda dapat menjelajahi jalur-jalur pendakian di Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu untuk menikmati ketenangan alam yang tersaji.

5. Takayama

Kota kecil Takayama yang terletak di antara Pegunungan Alpen Jepang utara di Honshu Tengah, merupakan tempat yang sangat menarik untuk dijelajahi. Dengan pemandangan kota tradisionalnya yang terkenal, pengaturan tepi sungai yang menakjubkan, serta budaya dan adat istiadat yang unik, kota ini dengan cepat menjadi salah satu atraksi paling populer di kawasan ini. Kawasan bersejarahnya yang terpelihara dengan baik menawarkan banyak arsitektur indah yang berasal dari periode Edo, pabrik sake kecil, butik, dan rumah pedagang tua yang fantastis. Terdapat pula kuil, kuil, dan museum berlimpah di Takayama, sementara banyak pasar pagi dapat ditemukan di dekat sungai.

Di Hida Folk Village, pengunjung dapat menemukan pengrajin yang sedang membuat kerajinan tangan lokal dan berkeliaran di sekitar desa pegunungan yang diciptakan kembali, penuh dengan rumah pertanian beratap jerami tradisional. Takayama sendiri memiliki budaya dan tradisi yang kaya dan unik karena pengaturannya yang terisolasi. Bukti dari hal tersebut dapat dilihat dari dua festival terkenal yang diselenggarakan di Takayama, yaitu Sanno Matsuri dan Yahata Matsuri. Selama perayaan tersebut, kendaraan hias besar dan mewah berparade melalui kota yang penuh dengan lentera, menciptakan suasana dan suasana yang hidup yang mengundang banyak orang untuk berkunjung.

6. Hiroshima

Kota Hiroshima, yang terletak di Pulau Honshu, memiliki kisah tragis yang mencengangkan sejak 6 Agustus 1945. Pada hari itu, Hiroshima menjadi kota pertama di dunia yang mengalami serangan bom atom yang mengerikan. Walaupun lebih dari 60 persen bangunan di kota ini hancur, ternyata Hiroshima mampu pulih dengan luar biasa. Pada tahun 1974, kota ini bahkan berhasil menggandakan populasi sebelum perang dan menjadi destinasi wisata yang populer. Dengan usia yang masih muda, kurang dari 500 tahun, Hiroshima menawarkan keindahan dan sejarah yang menarik untuk dijelajahi.

7. Ishigaki

Berada di sisi barat Okinawa, Ishigaki merupakan destinasi pantai yang sangat menarik di Jepang dan menjadi basis yang ideal untuk menjelajahi pulau-pulau di kepulauan Yaeyama. Pantainya yang terkenal di Jepang, seperti pantai Fusaki dan Maezato, sangat diminati oleh keluarga karena dilindungi dengan jaring. Terletak sejauh 1.250 mil (2.000 kilometer) di selatan Tokyo, meskipun Ishigaki tidak memiliki kuil shinto dan kuil yang umumnya dimiliki oleh kota-kota di Jepang, namun memiliki kehidupan malam yang sangat meriah bagi pengunjung yang masih bertenaga setelah beraktivitas seharian menjelajahi pantai, bermain olahraga air, atau mendaki Gunung Nosoko. Hal ini membuat Ishigaki layak menjadi pilihan destinasi yang menarik bagi Anda yang ingin menikmati liburan dengan suasana yang berbeda dan menarik.

8. Osaka

Terletak di tengah-tengah wilayah metropolitan yang sangat padat penduduknya, Osaka merupakan kota yang menarik perhatian di tepi Teluk Osaka dan dikelilingi oleh sepuluh kota satelit. Sebagai kota metropolitan terbesar ketiga di Jepang, Osaka telah menjadi pusat ekonomi utama dan pusat keuangan penting. Meski begitu, keindahan hutan betonnya mungkin tak terlalu memukau hati, namun Osaka dianggap sebagai destinasi terbaik untuk menikmati kuliner, minuman, dan hiburan malam di Jepang.

Baca Juga: Rabbit Town Bandung: Wisata Seru dengan Fasilitas Terlengkap di Kota Bandung

Dalam kehidupan malamnya, Dotonbori yang penuh lampu neon menjadi pusat perhatian. Terdapat banyak pilihan restoran, bar, dan hiburan yang menarik. Jika berbelanja, Shinsaibashi adalah destinasi yang sangat direkomendasikan. Terdapat department store, butik, dan mal yang tak ada habisnya berjejer di jalan perbelanjaan yang tertutup.

Tak hanya menawarkan pemandangan kuliner dan kehidupan malam yang berkembang pesat, Osaka juga memiliki pemandangan bersejarah dan landmark menarik yang tak boleh dilewatkan. Terdapat kastil yang direkonstruksi dengan taman yang indah di pusat kota, Umeda Sky Building, serta menara Tsutenkaku yang terkenal. Ada juga dua situs keagamaan tertua di Jepang, yakni Kuil Sumiyoshi dan Kuil Shitennoji, yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

9. Shirakawa-go dan Gokayama

Terletak di tengah-tengah gunung yang megah, Shirakawa-gō dan Gokayama adalah desa-desa yang sangat indah di Jepang. Tidak hanya dikelilingi oleh hutan hijau yang luas, kedua desa ini juga terkenal dengan rumah-rumah tradisional dengan atap jerami yang sangat menakjubkan. Kedua desa ini juga merupakan tempat wisata yang paling populer di tengah pulau Honshu.

Baca Juga: Tips Liburan Lebih Santai dan Minim Stres Selama Perjalanan

Walaupun terkadang ramai, terutama selama Golden Week dan musim bunga sakura, kedua desa ini tetap menyenangkan untuk dikunjungi. Nuansa damai, pedesaan dan menawan akan membuat pengunjung merasa seperti berada di surga. Selain menikmati pemandangan yang luar biasa dan rumah-rumah pertanian bersejarah, pengunjung juga dapat mengunjungi Museum Seni Jim Homura, membeli kerajinan tangan lokal, dan menginap di penginapan tradisional ala Jepang.

Tidak hanya itu, di sekitar Shirakawa-gō dan Gokayama terdapat pegunungan dan hutan yang menyimpan keindahan alam yang tiada tara. Terdapat jalur pendakian yang indah, air terjun yang menakjubkan, dan sudut pandang yang sangat memukau. Segera kunjungi kedua desa ini dan nikmati liburan yang tak terlupakan di Jepang!

10. Naoshima

Pulau Naoshima yang terletak di antara pulau utama Jepang Honshu dan Shikoku, memiliki pemandangan yang sangat indah dan dikelilingi oleh perairan Laut Pedalaman Seto yang mengkilap. Pulau ini telah menjadi tujuan wisata yang sangat populer karena museum seni kontemporer yang fantastis dan banyak patung luar ruangan. Sebelum menjadi lokasi Situs Seni Benesse pada akhir tahun 80-an, pulau ini dulunya adalah rumah bagi komunitas nelayan yang semakin berkurang. Namun, sekarang pulau ini dipenuhi dengan beberapa galeri seni kelas dunia seperti Museum Seni Chichu dan Museum Rumah Benesse yang memiliki arsitektur yang indah dan koleksi seni penting. Meskipun tidak banyak yang bisa dilakukan di kota dengan nama yang sama, Naoshima tetap memiliki daya tariknya dengan seni, arsitektur, dan pemandangan yang menarik yang dapat membuat pengunjung terhibur. Keberhasilan proyek Benesse juga membawa museum seni dan instalasi luar ruangan yang inovatif di pulau-pulau lain di sekitarnya.



Pilihan Untuk Anda