10 Tempat Terbaik yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Vietnam

10 Tempat Terbaik yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Vietnam

Vietnam adalah negara yang berbentuk seperti sebidang tanah panjang dan tidak melebar antara Laut Cina Selatan, Laos, Kamboja, dan Cina. Negara ini memiliki banyak pemandangan alam yang indah dan kaya akan warisan budaya. Dari puncak gunung yang megah hingga sawah yang menghijau, lembah yang tenang hingga dataran subur dan pantai yang indah, tidak ada kekurangan tempat hiburan untuk dijelajahi di Vietnam.

Selain keindahan alamnya, Vietnam juga merupakan rumah bagi kota-kota yang ramai, desa-desa tradisional, pulau-pulau yang belum tersentuh, dan kota-kota kolonial. Lokasi yang beragam ini semuanya berkontribusi pada daya tarik negara ini sebagai tujuan wisata, menjadikannya tempat yang layak dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Negara ini telah mengalami pertumbuhan pesat dalam pariwisata dalam beberapa tahun terakhir dan terus menarik pengunjung dari seluruh dunia. Perpaduan unik antara tradisi dan modernitas, bersama dengan penduduk setempat yang ramah dan bersahabat, menjadikan Vietnam tempat yang benar-benar unik dan tak terlupakan untuk dikunjungi.

Lalu, manakah tempat yang perlu Anda kunjungi saat berada di Vietnam?
1. Ha Noi

Ha Noi adalah ibu kota Vietnam yang memiliki penduduk yang semakin banyak dan ekonomi yang berkembang pesat. Kota ini menawarkan campuran unik dari budaya timur dan barat. Saat menjelajahi Ha Noi, Anda akan dapat melihat pengaruh kolonialisme Perancis dari sisi kuliner dan arsitektur.

Ha Noi memiliki banyak kuil yang indah, di antaranya Kuil Sastra abad ke-11 dan Pagoda Satu Tiang. Salah satu daya tarik utama Ha Noi adalah makam Bapak Ho, yang memiliki desain bangunan yang mencolok.

Di malam hari, Ha Noi menampilkan kehidupan yang bersemangat dan ramai, dengan banyak pilihan makan malam mewah atau makan siang dengan harga yang masuk akal dan minuman yang layak.

2. Sapa

Sapa adalah sebuah kota di pegunungan yang terletak di barat laut Vietnam. Suasananya sejuk dengan latar belakang pegunungan yang indah. Penduduknya yang beragam budaya menciptakan lingkungan hidup yang unik dan tidak ditemukan di tempat lain. Di sini, terdapat banyak suku pedalaman yang tinggal dan pernah dipilih oleh Perancis sebagai tempat liburan lebih dari seratus tahun yang lalu.

Baca Juga: Jelajahi 10 Destinasi Wisata Terbaik di Papua dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Sekarang ini, Sapa menjadi salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi bagi yang ingin menikmati alam dan budaya. Tempat ini menjadi surga bagi yang ingin melarikan diri dari panas delta dan menjelajahi desa-desa terpencil, melihat air terjun yang indah, dan menyaksikan kehidupan unik suku-suku setempat.

3. Ninh Binh

Ninh Binh, yang terletak di selatan timur Ha Noi, adalah sebuah surga yang menyimpan banyak area alam yang masih asli di negara ini. Ini adalah tempat yang sempurna bagi mereka yang ingin melepaskan diri dari kebisingan dan polusi kehidupan kota.

Salah satu daya tarik utama di Ninh Binh adalah Tam Coc, yang menawarkan pemandangan yang indah dengan beberapa tebing kapur dan formasi batuan yang tersebar di antara sawah hijau yang subur. Melihat Tam Coc secara langsung adalah pengalaman yang tidak dapat digantikan. Cara terbaik untuk menjelajahinya adalah dengan naik perahu dan berlayar di antara sawah hijau yang hijau yang diapit oleh tebing-tebing tersebut. Selama perjalanan, Anda akan melewati tiga terowongan yang dibentuk oleh aliran sungai yang melewati pegunungan.

4. Hue

Tidak ada tempat yang lebih damai dari kota Hue di Vietnam Tengah. Dikenal sebagai ibukota dinasti Nguyen, hari ini jejak masa kejayaan masa lalu dapat dilihat dari arsitektur, gaya hidup, dan masakan kota ini.

Baca Juga: 10 Tempat yang Harus Dikunjungi Ketika Liburan ke Bandung

Untuk menikmati pengalaman terbaik saat berkunjung ke Hue, para pengunjung tidak boleh melewatkan Kota Tua yang merupakan kompleks besar dari istana megah, kuil-kuil indah, dinding, dan gerbang yang pernah ada.

Landmark lain yang penting adalah Candi Thien Mu yang merupakan simbol resmi kota ini. Bangunan suci ini menyimpan sejarah dengan arsitektur yang unik yang mencerminkan keyakinan agama yang kuat dari keluarga kerajaan pada masa itu.

5. Hoi An

Kota Hoi An yang berusia ribuan tahun ini merupakan tempat yang sangat menakjubkan untuk dikunjungi. Bukan hanya sekedar kota dengan beberapa bangunan tua saja, tapi juga sebuah situs bersejarah yang penuh warna dan kehidupan.

Baca Juga: Serunya Berwisata ke 6 Pantai Terindah di Cianjur, Tak Boleh Dilewatkan!

Apa yang membuat Hoi An begitu unik adalah arsitektur, tradisi, budaya, dan makanan yang ada di sana. Di sekitar lingkungan Hoi An terdapat banyak desa tradisional yang masih mengejar kerajinan tangan, pertanian gaya lama, serta perikanan sejak ratusan tahun yang lalu. Tempat-tempat tersebut memiliki udara segar yang dapat menyegarkan pikiran dan melepaskan segala beban dari kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, kota tua Hoi An memiliki kawasan yang dipenuhi oleh bangunan-bangunan antik dengan gaya Jepang. Di dalam rumah-rumah kayu tradisional tersebut, penduduk setempat membuka toko-toko yang menjual berbagai macam barang seperti pakaian, sepatu, tas, tekstil, oleh-oleh, serta tempat makan yang menyajikan makanan khas Hoi An.

6. Nha Trang

Nha Trang merupakan sebuah kota pantai yang indah, dengan pantai-pantai hijau, pulau-pulau, dan gunung-gunung spektakuler. Tempat ini juga dihiasi dengan berbagai fasilitas seperti resor, pohon-pohon palem, dan air yang jernih seperti kristal. Selain itu, Nha Trang juga memiliki kompleks hiburan yang menyajikan berbagai jenis hiburan seperti roller coaster, bar-bar luar ruangan, kolam renang, hingga restoran yang semuanya terletak di pulau yang terisolasi. Nha Trang juga merupakan tanah budaya yang saling terkait dari Champa dan orang Viet, dan kuil Ponaga merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Nha Trang.

7. Da Lat

Da Lat adalah tempat yang sempurna bagi mereka yang merindukan suasana dingin tanpa harus merasa sangat dingin. Kota berawan ini memiliki cuaca yang sejuk sepanjang tahun dengan pemandangan yang indah dari lembah-lembah, pohon-pohon pinus, dan jalan-jalan yang penuh bunga.

Baca Juga: 7 Tempat Staycation Pilihan Terbaik di Sukabumi

Da Lat dulunya adalah tempat peristirahatan musim panas keluarga kerajaan Nguyen dan pejabat tinggi kolonial Prancis. Saat ini, kota yang menawan ini menjadi pusat pariwisata dengan jalan-jalan yang dapat ditempuh, bangunan-bangunan tua, hutan pinus, lembah-lembah berawan, danau-danau yang indah, dan pemandangan yang indah.

Menikmati makan malam BBQ dan beberapa gelas anggur di malam yang dingin di Da Lat sambil melihat arus orang-orang kota yang bekerja dan berdagang akan menjadi suatu kebahagiaan yang luar biasa. Di Da Lat, para wisatawan tidak boleh melewatkan segelas kopi panas di pagi hari dan susu kedelai yang dijual di jalanan di malam hari. Hanya duduk dan melihat asap yang mengelilingi cangkir adalah perasaan yang menenangkan yang tidak banyak tempat di dunia dapat menawarkan.

8. Ho Chi Minh

Kota Ho Chi Minh, yang merupakan ibukota ekonomi dan penduduk terbesar di bagian selatan Vietnam, menyambut semua pengunjung dengan campuran daya tarik historis dan modern. Kota ini dikenal secara resmi sebagai Saigon, sebuah nama yang dihormati oleh warga yang hidup dengan kenangan masa lalu.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable: Feed Instagram Makin Kece

Saigon yang hidup adalah kota gaya hidup dinamis di mana orang dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti berbelanja, makan, berwisata, dan menjelajahi kehidupan yang sangat khas di sini. Berkeliling kota, Anda tidak hanya akan melihat keramaian tetapi juga Saigon yang tenang yang tersembunyi di gang-gang dan sudut-sudut jalan yang sibuk.

Kuliner di Kota Ho Chi Minh adalah campuran dari yang baru dan lama. Warga Saigon sangat kreatif dalam cara mereka memasak dan menciptakan hidangan baru. Tur makanan di Saigon akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa pun, terutama dengan harga yang tidak masuk akal.

9. Mekong Delta

Mekong Delta adalah surga bagi para pecinta alam dan budaya. Kehidupan yang kaya warna di sungai-sungai, kebun-kebun yang subur, lahan pertanian yang hijau dan penduduk yang ramah menjadi daya tarik utama dari daerah ini. Sebagian besar dari wilayah ini diolah untuk pertanian karena letaknya yang subur di sepanjang sungai Mekong. Di sini, Anda akan menemukan jaringan kanal-kanal dan anak sungai yang menakjubkan.

Salah satu cara terbaik untuk menjelajahi Mekong Delta adalah dengan menaiki perahu melalui cabang-cabang sungai dan menikmati keheningan di bawah pohon kelapa. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi kebun-kebun dan menikmati buah-buahan tropis yang segar. Setelah itu, Anda dapat mengelilingi desa-desa yang indah dengan sepeda dan berkenalan dengan para petani yang sedang bekerja di sawah. Ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan berbeda dari tempat lain di dunia.

10. Ha Long

Ha Long diakui sebagai salah satu tempat yang sangat indah, dengan namanya yang berarti "naga turun" yang menggambarkan bentuk tebing batu kapur yang ada di sana. Wisatawan dapat menikmati keindahan teluk ini dengan berlayar selama satu hari dan berenang di air biru serta menjelajahi gua-gua yang terpencil. Terdapat juga kruis malam di teluk ini dengan fasilitas yang mewah dan kabin yang luas untuk para wisatawan. Selain itu, saat ini juga tersedia penerbangan seaplane untuk menikmati pemandangan Ha Long dari atas. Aktivitas lain yang dapat dilakukan di sana seperti berkayak, mengunjungi desa-desa nelayan dan mendaki tebing.

Baca Juga: 10 Tempat Terbaik yang Wajib Dikunjungi di Korea Selatan

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda