20 Tempat Wisata Terbaik Wajib Dikunjungi di Singapura

20 Tempat Wisata Terbaik Wajib Dikunjungi di Singapura

Singapura sering kali dianggap sebagai taman hiburan bagi para orang kaya, dan memang benar bahwa kota negara ini memiliki kekayaan yang memikat. Namun, Singapura menawarkan lebih dari sekedar pusat perbelanjaan dan akomodasi mewah. Kota ini juga memiliki sejarah yang kaya dan beragam tempat budaya untuk dikunjungi, serta banyak atraksi menyenangkan untuk keluarga dan taman-taman publik yang indah.

Sistem transportasi umum di Singapura sangat baik, membuat perjalanan Anda nyaman dan mudah. Setelah memahami peta metro, Anda akan dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Bahasa Inggris banyak digunakan di Singapura, serta tanda-tanda juga dalam bahasa tersebut, sehingga membuat kota ini salah satu yang paling mudah dan nyaman untuk dikunjungi di Asia Tenggara. Dan jika Anda tidak membandingkan harganya dengan negara-negara seperti Thailand atau Vietnam, maka Anda akan merasa betah tinggal di Singapura.

Untuk memperoleh wawasan tentang apa saja yang bisa dilihat dan dilakukan di Singapura, silakan baca daftar atraksi terbaik kami yang tersedia.

1. Marina Bay Sands

Resor Marina Bay Sands yang luar biasa menawarkan pengalaman yang mempesona bagi para tamu. Terdiri dari hotel bintang lima, mal yang memiliki kanal yang mengalir di sekitarnya, ArtScience Museum, dan Marina Bay Sands Skypark Observation Deck yang merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati pemandangan kota. Skypark Observation Deck dan kolam renang tanpa batas hanya bisa dinikmati oleh tamu hotel, tetapi dek observasi bisa dikunjungi oleh siapa saja.

Dari Skypark, Anda bisa melihat jembatan heliks ganda yang inovatif, pelabuhan, Gardens by the Bay (101 hektar lahan yang diubah menjadi taman dengan pemandangan laut), dan pemandangan yang mempesona. Para tamu juga bisa menikmati makan siang atau kopi di restoran atap, atau membeli suvenir di kios yang tersedia. Anda bisa membeli foto diri Anda yang diterangi hijau di depan hotel besar, tetapi harganya cukup mahal sekitar 50 dolar Singapura. Kemewahan elegan Marina Bay Sands menggambarkan gaya dan status Singapura sebagai kota internasional utama di Asia Tenggara.

2. Gardens by the Bay

Sebagai pengunjung, pastikan Anda tidak melewatkan pemandangan indah dari Bay East Garden. Tempat ini merupakan oasi verdant yang sempurna untuk menyegarkan pikiran dan memulai petualangan baru dalam hidup tanaman. Setelah memandang indahnya ruangan hijau dari atas Marina Bay Sands, pastikan Anda tidak akan bisa menjauh.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Supertree Grove, tempat Anda akan menemukan sekelompok struktur futuristik yang memukau. Struktur-struktur ini diciptakan untuk melakukan fungsi ramah lingkungan dan akan membuat Anda terpana. Kemudian, pergilah ke Cloud Forest Dome untuk melihat air terjun tertinggi di dunia dalam sebuah ruangan tertutup. Di sini Anda juga dapat belajar sedikit tentang keanekaragaman hayati. Pastikan untuk memeriksa situs web untuk mengetahui harga tiket dan waktu tur yang tersedia.

3. Botanic Gardens

Jika Anda bingung tentang Gardens on the Bay, Botanic Gardens juga merupakan pilihan yang patut dicoba. Singapura merupakan negara yang pertama menyandang nominasi Warisan Dunia UNESCO untuk kebunnya, dan tidak tanpa alasan. Kota ini mungkin terasa seperti hutan beton yang rapi dan nyaman, tetapi Botanic Gardens melestarikan warisan alam Singapura yang asli dan liar.

Di sini, Anda dapat berjalan-jalan menikmati pohon-pohon warisan yang dilestarikan sebagai bagian dari usaha untuk melindungi spesies pohon dewasa kota. Jangan lupa untuk mengunjungi Taman Anggrek Nasional yang sangat mengesankan.

Aktivitas lain yang populer yang dapat dilakukan termasuk mengunjungi eco-garden, eco-lake, taman bonsai, patung, dan beberapa taman formal lainnya.

4. Singapore Zoo

Singapore Zoo, sebagai salah satu kebun binatang hutan hujan terbaik di dunia, sungguh tempat yang memukau bagi para pengunjung. Fasilitasnya bersih dan menyenangkan, serta para hewan tampak hidup dalam lingkungan yang sehat dan alami dengan banyak tumbuhan dan ruang hidup yang luas.

Menyaksikan orangutan yang sangat menawan adalah pengalaman yang tak terlupakan, dimana pengunjung dapat melihat mereka berayun dengan bebas dan menikmati buah-buahan. Beberapa hewan lain yang dapat dilihat di sini antara lain simpanse, zebra, meerkat, komodo, tikus mol, harimau putih, kanguru, dan masih banyak lagi.

Pengunjung juga dapat menyaksikan proses pemberian makan kepada beberapa hewan. Untuk menikmati pengalaman kebun binatang secara maksimal, kami sarankan untuk menyisihkan waktu setidaknya tiga jam.

Bagi Anda yang mencari pengalaman berbeda dengan satwa liar, ada pilihan Safari Malam, Safari Sungai, dan Taman Burung Jurong. Tersedia juga opsi park hopper pass untuk Anda yang ingin mengunjungi lebih dari satu taman margasatwa.

Baca Juga: Jelajahi 10 Destinasi Wisata Terbaik di Papua dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Untuk pengalaman yang lebih personal dan spesial, coba Singapore Zoo Breakfast with the Orangutans. Paket tur ini memudahkan Anda dengan menyediakan transportasi dari dan ke hotel Anda, memungkinkan Anda untuk menjelajahi kebun binatang selama setengah hari, dan menawarkan opsi untuk menikmati sarapan bersama orangutan yang sangat menggemaskan di kebun binatang.

5. Orchard Road

Meskipun hanya berkunjung ke Singapura dan melakukan kegiatan belanja saja, tetap saja dapat diterima dan tidak diragukan lagi. Kota ini merupakan salah satu tempat bergengsi bagi para pecinta mode dan desain yang memiliki cita rasa tinggi. Area Orchard Road adalah lokasi yang sempurna untuk memulai perjalanan belanja, di mana terdapat toko-toko mewah di setiap sudut jalan. Anda dapat mengharapkan lingkungan yang menyediakan 22 mal besar dan enam toko department store. Terdapat juga empat bioskop, termasuk bioskop IMAX, serta tempat hiburan karaoke KTV.

Apabila Anda merasa lapar saat menghabiskan seluruh uang tunai Anda, tidak perlu khawatir, karena terdapat banyak tempat makan yang menyediakan masakan internasional yang siap untuk memanjakan selera Anda.

6. Singapore Flyer

Berkunjung ke Marina Bay Sands tidak sesuai dengan keinginan Anda? Jangan khawatir, kami memiliki alternatif yang tak kalah menyenangkan. Nikmati pemandangan kota Singapore dari udara dengan minum teh sambil menikmati pemandangan dari Singapore Flyer, roda observasi terbesar di dunia. Beberapa paket tiket yang tersedia memungkinkan Anda untuk menikmati layanan dan pampering sambil menikmati pemandangan yang meliputi bukan hanya cakrawala Singapura, tetapi juga ke pulau-pulau rempah Indonesia dan Selat Johor Malaysia.

Anda dapat memilih dari beberapa pilihan paket yang menawarkan akses ke pameran multimedia Journey of Dreams, yang menjelaskan sejarah dan proses pembuatan Singapore Flyer. Penerbangan berlangsung selama 30 menit, dari pagi hingga malam hari, sehingga Anda dapat memilih pemandangan kota yang ingin dilihat, baik pada waktu pagi yang ramai atau ketika Singapura bersinar setelah gelap.

7. Raffles Hotel Singapore

Raffles Hotel Singapore adalah salah satu bangunan kolonial bergengsi pada abad ke-19, yang pernah dikunjungi oleh para tokoh terkenal seperti Rudyard Kipling, Joseph Conrad, dan bintang film Charlie Chaplin. Dibangun pada tahun 1887, properti ini telah berdiri sebagai simbol kota selama lebih dari satu abad dan terus mempertahankan reputasinya dengan menawarkan makanan dan pelayanan yang sangat memuaskan. Arsitektur klasik dan taman tropis yang indah menambah suasana yang elegan dan mencerminkan aspek sejarah yang kaya dan beragam dari Singapura.

Raffles Hotel Singapore berada di Distrik Kolonial kota, yang juga menjadi rumah beberapa situs bersejarah lainnya. Tempat ini merupakan pilihan yang tepat untuk menetap dan menjelajahi kota. Di sini, Anda akan menemukan Raffles Landing Site, di mana Sir Stamford Raffles, pendiri Singapura, melangkahkan kakinya ke darat pada tahun 1819 dan memulai sejarah kota ini. Cerita mengatakan bahwa Raffles melihat desa nelayan kecil tetapi menyadari potensinya sebagai pelabuhan, lalu membeli tanah dari Sultan Johor dan mengundang imigran Cina dan India untuk tinggal di sini. Hal ini menjadi titik awal identitas multi-etnis yang kuat dalam Singapura.

8. Chinatown

Jika Anda sudah pernah merasakan nuansa China, maka lingkungan Chinatown Singapura akan membawa kenangan Anda kembali. Dari toko-toko kecil yang dikelola oleh keluarga hingga makanan autentik China dan lampu-lampu merah yang menyala, distrik ini memiliki keberanian dan keceriaan yang sangat memikat. Anda bisa menjelajahi Chinese Heritage Centre dan menyaksikan keindahan kuil Hindu Sri Mariamman yang memukau.

Kuil Relik Gigi Buddha juga merupakan salah satu tempat yang patut dikunjungi. Jika Anda bangun pagi sekitar jam 4 pagi, Anda bisa menyaksikan upacara drum pagi. Atau, Anda bisa menikmati upacara penutupan malam hari setelah mengunjungi relik tersebut.

Di seluruh lingkungan, penanda warisan sudah ditempatkan dalam tiga bahasa: Inggris, Jepang, dan Cina, sehingga pengunjung bisa memahami betul pentingnya daerah ini. Namun, Chinatown bukan hanya menjadi bukti pengaruh budaya Tionghoa di masa lalu Singapura. Ini adalah lingkungan yang progresif, dengan Wi-Fi gratis untuk semua pengunjung, dan rumah bagi area Ann Siang Hill yang trendi, di mana bistro klasik dan butik kelas atas bisa ditemukan.

9. Sentosa Island

Singapura tidak terkenal sebagai destinasi pantai, tetapi jika Anda menginginkan keseruan di bawah sinar matahari, Pulau Sentosa adalah solusinya. Pantai Siloso adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan bermain, seperti bermain bola voli di lapangan gratis, berkayak, atau skimboarding. Ada juga beberapa atraksi pantai lain, termasuk akuarium Underwater World, tempat Anda bisa berenang bersama lumba-lumba.

Merlion, patung terkenal Singapura dengan kepala singa dan tubuh ikan, merupakan tempat wajib dikunjungi di Sentosa Island. Anda dapat naik eskalator ke puncak patung dan menikmati pemandangan panorama yang indah. Petualang harus mengunjungi The Flying Trapeze dan SeaBreeze Water-Sports @ Wave House, tempat Anda bisa terbang dengan tali jet berpenggerak air.

10. Clarke Quay

Clarke Quay, sebagai "Pusat Perdagangan pada Abad ke-19", memegang teguh warisannya sebagai pusat yang ramai. Kini, tempat ini memiliki kemewahan yang lebih elegan, sehingga setelah seharian berbelanja di Orchard Road, para pengunjung dapat dengan sukacita menuju Clarke Quay untuk menikmati malam yang menyenangkan dengan makan malam dan hiburan di tepi laut.

Taksi sungai dan kapal pesiar juga berkumpul di sini, memberikan kesempatan bagi para wisatawan untuk melihat beberapa jembatan bersejarah di kota dan menikmati landmark seperti Merlion dari air. Atraksi terpopuler di The Quay adalah bungee-jumping raksasa, yang merupakan pengalaman menegangkan dan memacu adrenalin bagi turis muda.

Objek wisata terdekat meliputi Museum Peradaban Asia, Civil Defence Heritage Gallery yang berlokasi di stasiun pemadam kebakaran tertua di Singapura, dan Kuil Hong San See, sebuah tempat ibadah Buddha bersejarah yang indah.

11. Universal Studios Singapore

Taman Hiburan Universal Studios Singapore, yang berada di dalam 49 hektar Resorts World Sentosa, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para pengunjungnya. Setiap area taman ini dipersiapkan dengan tema yang berbeda-beda, seperti New York City, Hollywood, Madagaskar, hingga perjalanan ke masa lalu Mesir Kuno. Terdapat pula area tema fiksi, seperti Shrek's Far Far Away, Lost World, dan Sci-Fi City, yang menjadi tujuan wisata bagi pecinta sensasi.

Di Universal Studios Singapore, pengunjung dapat menikmati berbagai macam wahana, mulai dari yang ramah untuk anak-anak hingga yang memacu adrenalin. Tak hanya itu, taman ini juga memiliki beragam pilihan untuk makan, berbelanja, dan menikmati pertunjukan langsung sepanjang hari.

12. Night Safari Singapore

Night Safari Singapore memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung, membawa mereka pada dunia kebun binatang malam hari. Taman ini terbagi menjadi empat bagian yang memiliki jalur sendiri, memungkinkan para pengunjung untuk melihat berbagai jenis hewan pada saat mereka menjalani kegiatan harian.

Di Leopard Trail, Anda akan melihat macan tutul, singa, rubah terbang, musang, dan landak, serta hewan lainnya. Fishing Cat Trail memperkenalkan Anda pada habitat hewan asli Singapura, seperti kucing pencinta ikan, trenggiling, binturong, dan spesies lain yang terancam punah. East Lodge Trail memperlihatkan harimau Malaya dan hyena tutul, sedangkan Wallaby Trail membawa para pengunjung ke marsupial Australia.

Baca Juga: Wisata Alam Terbaik di Kediri yang Wajib Dikunjungi untuk Melepas Penat

Tur pribadi, naik kereta, dan sesi pendidikan tersedia untuk memaksimalkan pengalaman Anda. Bahkan, Anda juga akan memiliki kesempatan untuk memberi makan gajah Asia, membuat kunjungan Anda menjadi pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup.

13. Merlion Park

Merlion Singapura adalah representasi mitos yang memiliki kepala singa dan tubuh seperti ikan. Merlion membawa kita pada sejarah awal Singapura sebagai sebuah desa nelayan yang kemudian dikenal sebagai "kota singa" dalam tradisi Melayu.

Struktur Merlion ini dipindahkan ke Taman Merlion pada tahun 2002 dan dapat ditemukan di Marina Bay. Dengan berat 70 ton dan tinggi 8,6 meter, Merlion memuntahkan air dari mulutnya melalui air mancur.

Di dekat Merlion, terdapat Merlion Cub yang lebih kecil dengan tinggi hanya 2 meter namun berat 3 ton. Ada juga lima patung Merlion lainnya yang resmi tersebar di seluruh kota. Taman Merlion menjadi lokasi yang sempurna untuk berfoto, baik untuk berselfie di depan makhluk ikonis atau menangkap pemandangan indah dari taman yang mengarah ke teluk.

14. Asian Civilizations Museum

Jika Anda belum merasa puas dengan arsitektur kolonial Raffles Hotel dan Fort Canning Park, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Empress Place Building. Dibangun pada tahun 1865, dengan gaya Neoklasik yang elegan, dan diberi nama untuk menghormati Ratu Victoria. Saat ini, Empress Place Building merupakan rumah bagi Asian Civilisations Museum, yang mengeksplorasi banyak budaya Asia yang membentuk Singapura.

Museum ini memfokuskan koleksinya pada tema perdagangan dan spiritualitas, kedua hal ini sangat mempengaruhi budaya Asia. Pameran-pameran yang disajikan mencakup topik seperti perdagangan Samudera Hindia, kisah-kisah iman dan keyakinan, serta melihat peran penting para sarjana dalam membentuk budaya Tiongkok selama berabad-abad. Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat kekayaan budaya Asia di sini.

15. Pulau Ubin (Granite Island)

Untuk mengetahui bagaimana kehidupan di Singapura sebelum era kemewahan dan bangunan tinggi, kunjungilah Pulau Ubin, pulau kecil yang masih memiliki kurang dari 100 penduduk yang hidup dengan cara sederhana seperti pada tahun 1960-an. Nama pulau ini diambil dari bahasa Melayu yang berarti "Pulau Granit" karena dahulu merupakan tempat pertambangan.

Pulau ini kini menjadi tempat pedesaan yang damai, di mana wisatawan dapat menikmati keindahan hutan belantara dan berbagai jenis satwa liar. Pulau ini juga menjadi rumah bagi Chek Jawa Wetlands, yang memiliki terumbu karang yang penuh dengan kehidupan laut.

Pulau ini mudah diakses dengan menggunakan perahu, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit perjalanan dari Terminal Feri Changi Point.

16. Fort Canning Park

Fort Canning, sebuah benteng militer yang memiliki sejarah yang kaya dan variatif, memiliki masa berdirinya yang sangat panjang. Dibangun pada tahun 1859, benteng ini pada awalnya dibangun untuk melindungi Singapura dari serangan musuh. Namun, seiring berjalannya waktu, Fort Canning menjadi bunker selama Perang Dunia II dan akhirnya diserahkan kepada Jepang pada tahun 1942.

Di masa damai saat ini, bangunan asli Fort Canning menjadi rumah bagi kelompok seni pertunjukan modern dan taman ini seringkali menjadi tempat piknik, konser, pertunjukan teater, dan festival.

Di taman ini, para tamu juga dapat menikmati peninggalan sejarah Singapura, seperti bangunan abad ke-14 dan bungalo pribadi Sir Stamford Raffles. Tak ketinggalan, para tamu juga dapat melihat replika pasar rempah-rempah Raffles yang didirikan pada tahun 1822 serta patung-patung ASEAN yang dibangun pada tahun 1980-an.

17. The Maritime Experiential Museum

Museum dalam dan luar ruangan yang spektakuler ini berlokasi tepat di atas permukaan air dan merupakan cara yang menyenangkan dan interaktif untuk mempelajari sejarah maritim Singapura. Sebelum memasuki gedung, Anda dapat menikmati pemandangan kapal-kapal yang berlabuh di sekitar area museum.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Di dalam museum, daya tarik utamanya adalah Jewel of Muscat, sebuah replika kapal layar yang tenggelam pada tahun 830 M saat melakukan perjalanan antara Afrika dan Cina. Selain itu, Anda juga dapat melihat model kapal dagang besar yang melintasi Jalur Sutra, memahami keterampilan navigasi dan membaca bagan laut, serta mengalami sensasi kapal karam abad ke-9 melalui Typhoon Theater dan simulasi efek khusus.

18. Fort Siloso

Benteng Siloso, yang merupakan satu-satunya benteng yang dilestarikan dan museum militer di negara tersebut, terletak di Pulau Sentosa. Anda dapat mencapainya melalui jalur Fort Siloso Skywalk, sebuah jembatan baja besar yang tingginya mencapai 11 lantai. Dikelilingi oleh hijaunya kanopi tropis, jembatan ini dapat diakses melalui lift kaca atau tangga sederhana. Namun, naik lift akan membawa Anda melihat pemandangan terbuka Pelabuhan Keppel yang tak dapat terlihat jika Anda memilih untuk berjalan ke atas. Jembatan ini memiliki panjang 181 meter dan menawarkan pemandangan indah pulau-pulau terdekat serta lantai hutan di bawahnya.

Sampai di benteng, pengunjung dapat mengikuti tur berpemandu untuk mempelajari lebih dalam sejarah daerah tersebut atau menjelajah sendiri dan menikmati pemandangan.

Sorotan dalam benteng termasuk meriam besar yang dipamerkan, tiga sistem terowongan yang digunakan untuk memindahkan amunisi, serta pameran khusus yang menunjukkan kehidupan sehari-hari prajurit di benteng pada abad ke-19.

Benteng Siloso merupakan taman teduh yang indah, tempat yang sempurna untuk menghabiskan beberapa jam dalam perjalanan menjelajah.

19. National Gallery Singapore

Galeri Nasional, yang merupakan rumah bagi koleksi seni modern terbesar di Asia Tenggara, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati karya-karya seni lokal dan Asia mulai dari abad ke-19. Terdapat lebih dari 9.000 karya seni yang tersebar di dalam dua bangunan utama, yaitu Balai Kota dan bekas Mahkamah Agung, dengan luas area mencapai 64.000 meter persegi.

Dengan fokus pada pameran sementara yang unik, Galeri Nasional menyediakan pameran lukisan pernis Vietnam, fotografi modern, dan kaligrafi Cina. Dalam rangka memberikan kesan yang berkesan, tur gratis tersedia dalam bahasa Inggris dan Mandarin, serta menyediakan lokakarya, pertunjukan terbuka, dan presentasi khusus bagi orang dewasa dan anak-anak.

Baca Juga: Candi Prambanan: Tujuan Wisata Yogyakarta, Simak Harga Tiket, Lokasi dan Jam Buka

20. Jewel Changi Airport

Jewel Changi, yang sering terpilih sebagai bandara terbaik di dunia dengan ketinggian 10 lantai, merupakan tempat yang sangat layak dikunjungi saat berada di Singapura. Tak hanya sebagai sebuah pusat transportasi biasa, bandara ini memiliki lebih dari 300 toko yang menawarkan pengalaman berbelanja yang luar biasa.

Menjadi daya tarik utama dari bandara ini adalah HSBC Rain Vortex, air terjun dalam ruangan dengan ketinggian 40 meter yang dikelilingi oleh 2.000 pohon. Setiap terminal bandara juga memiliki taman yang indah dan unik, seperti taman kaktus di Terminal 1, taman bunga matahari di Terminal 2, dan taman kupu-kupu terkenal di Terminal 3 yang menjadi rumah bagi lebih dari 40 spesies kupu-kupu dan air terjun gua setinggi enam meter.

Bandara ini juga menawarkan hiburan yang menyenangkan, termasuk dua bioskop, sudut arcade vintage, taman kanopi dalam ruangan dengan labirin taman dan dek pandang yang menakjubkan, serta seluncuran setinggi 12 meter yang dapat digunakan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jadilah bagian dari pengalaman yang luar biasa ini dan kunjungi Jewel Changi saat berada di Singapura.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda