10 Tempat Terbaik yang Wajib Dikunjungi di Korea Selatan

10 Tempat Terbaik yang Wajib Dikunjungi di Korea Selatan

Negara Korea Selatan terletak di bagian selatan Semenanjung Korea dan sangat berbeda dan merdeka dari negara tetangganya, Korea Utara. Menjadi tujuan yang sangat modern, menyegarkan, dan memikat bagi para wisatawan, kota-kota besar seperti Seoul menawarkan keramaian dan kehidupan malam yang luar biasa serta kesempatan untuk menikmati teknologi terkini yang memukau.

Namun, Korea Selatan juga merupakan rumah bagi taman nasional yang indah dan banyak tempat untuk bersantai dan menikmati suasana alami. Dari pulau-pulau terpencil hingga wilayah perbatasan yang menegangkan di tengah Semenanjung Korea, ada banyak hal yang dapat ditemukan, dilihat, dan diterokai selama perjalanan Anda ke Korea Selatan.

10. Suwon


Kota Suwon adalah ibu kota Provinsi Gyeonggi dan hanya berjarak 30 km dari Seoul. Mudah diakses dengan mobil atau kereta api, namun sering kali diabaikan oleh wisatawan.

Saat berkunjung, Anda dapat melihat Stadion Piala Dunia, yang juga dikenal sebagai Big Bird, yang menjadi tuan rumah perempat final Piala Dunia FIFA 2002. Bagi yang tidak menyukai sepak bola, berkunjunglah ke Benteng Hwaseong abad ke-18 yang bersejarah, di mana Anda dapat menjelajahi arsitektur dan bahkan mencoba memanah.

Baca Juga: Tips Liburan Lebih Santai dan Minim Stres Selama Perjalanan

9. Chuncheon


Chuncheon, ibu kota Provinsi Gangwon, dikelilingi oleh danau indah dan pegunungan yang tinggi. Tempat ini adalah lokasi opera sabun populer Korea, Winter Sonata, dan banyak pengunjung datang untuk melihat beberapa lokasi syuting.

Baca Juga: Candi Prambanan: Tujuan Wisata Yogyakarta, Simak Harga Tiket, Lokasi dan Jam Buka

Para wisatawan lain datang untuk makan, karena Chuncheon dikenal sebagai surga bagi pecinta kuliner. Setelah mengunjungi tempat-tempat wisata utama seperti Bendungan Soyang, Taman Patung, atau Kuil Cheongpyeong-sa, berkunjunglah ke Jalan Dakgalbi. Jalan ini menyajikan hidangan dakgalbi, makanan ayam panggang dengan sayuran pedas dan nasi. Banyak restoran di jalanan ini menawarkan hidangan ikonis yang sama, namun masing-masing menambahkan sentuhan resep yang berbeda.

8. Busan


Baca Juga: Obelix Hills Sunset View: Destinasi Wisata Seru Yogyakarta

Busan, kota terbesar kedua di negara ini, merupakan pelabuhan utama dan terkenal karena pantainya yang indah, mata air panas, dan fasilitas rekreasi luar ruangan. Desa Budaya Gamcheon Busan, yang juga dikenal sebagai Santorini Korea, adalah komunitas warna-warni yang berada di lereng bukit yang menghadap ke laut.

Sementara berada di Busan, kunjungi beberapa kuil populer, salah satunya adalah Kuil Beomeosa. Meskipun kota ini memiliki semua fasilitas belanja dan museum yang biasanya ditemukan di kota besar, atraksi terpopuler termasuk Pantai Haeundae, Taman Taejongdae, dan Suaka Burung Migrasi Muara Sungai Nakdong yang indah.

7. Jeonju

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Cirebon Mulai dari Keraton hingga Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi


Jeonju, ibu kota spiritual Dinasti Joseon, kini dipenuhi dengan kuil dan museum dan menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Korea Selatan. Jika ingin mengenal budaya dan sejarah lokal, kunjungi Jeonju Hanok Village. Di sana, lihat rumah tradisional dari awal abad ke-20, belajar membuat kertas Hanji, atau nikmati soju lokal. Atraksi populer lainnya di Jeonju adalah Museum Nasional Jeonju yang mengesankan, tempat koleksi artefak yang menakjubkan. Jangan lupa untuk mencoba makan Bibimbap yang terkenal, yang asli berasal dari wilayah ini.

6. Taman Nasional Seoraksan

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi


Jika ingin berpetualang ke gunung, melihat pegunungan terkenal di Korea Selatan, atau mengambil foto menakjubkan, kunjungi Taman Nasional Seoraksan. Taman ini memiliki hutan pinus, puncak gunung bergerigi dan berbatu, sungai jernih, dan danau menakjubkan. Taman Nasional Seoraksan juga menjadi rumah bagi lebih dari 2.000 spesies hewan. Kunjungi Pusat Pengunjung Taman Nasional untuk memulai petualangan Anda, di sana Anda akan mendapatkan peta gratis dalam bahasa Inggris dan Korea. Jelajahi taman dengan bermil-mil jalur pendakian bertanda yang menyambung seluruh taman.

5. Andong

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable: Feed Instagram Makin Kece


Sebagai Ibu Kota Kebudayaan Spiritual Korea, Andong telah dikenal selama lebih dari 2.000 tahun. Keunikan kota ini terletak pada Desa Rakyat Hahoe Andong, tempat warisan budaya lokal dapat ditemukan dan diterima oleh pengunjung.

Namun, bagi pecinta kuliner, Andong merupakan surga. Berbagai makanan khas setempat dapat ditemukan di sini, mulai dari hidangan ayam dan mie terkenal bernama jjimdak. Andong juga memiliki alkohol khas bernama soju, yang merupakan kenangan tak terlupakan bagi pengunjung.

4. Pulau Jeju


Pulau Jeju, yang berada di selatan Korea Selatan, merupakan satu-satunya Provinsi Otonomi Khusus di negara tersebut. Dikenal sebagai Pulau Dewata, Jeju adalah tujuan liburan yang menawarkan pantai indah, tabung lava, dan pemandangan hijau subur. Tempat wisata dan taman hiburan juga banyak ditemukan di sini.

Anda dapat mengenal budaya lokal melalui Desa Cerita Rakyat Seongeup atau mengunjungi Kastil Kaca, sebuah taman hiburan yang menampilkan patung kaca. Atraksi yang paling aneh dan kontroversial adalah Loveland, sebuah taman hiburan yang menawarkan atraksi khusus bagi dewasa.

3. DMZ


DMZ, sebuah wilayah perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan, dianggap sebagai zona gencatan senjata. Walaupun dapat dikunjungi, hanya sebagian kecil dari DMZ, yaitu JSA atau Area Keamanan Bersama, yang aman untuk dikunjungi oleh umum.

Di JSA, Anda akan memiliki kesempatan unik untuk berdiri di Korea Utara dengan kenyamanan berada di dalam sebuah gedung yang juga menampung tentara Korea Selatan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pengalaman unik dengan berbelanja di toko suvenir Korea Utara yang menjual perangko, anggur, dan mata uang dari negara tersebut. Ingatlah bahwa satu-satunya cara untuk mengunjungi DMZ adalah melalui tur resmi yang dipandu oleh pemandu profesional.

2. Gyeongju


Gyeongju adalah kota yang penuh sejarah dengan lebih dari 2.000 tahun usia. Ibu kota dari Kerajaan Silla, Gyeongju menawarkan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung dengan sejumlah kuil dan festival budaya. Mulailah perjalanan Anda dengan mengunjungi Kuil Bulguksa, sebuah mahakarya budaya dan agama Buddha yang berasal dari abad ke-8. Kemudian, naik ke Seokguram Grotto untuk melihat lebih banyak artefak dan budaya Buddha.

Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Covered Market, tempat para pedagang menjual beragam produk mulai dari suvenir Silla hingga hidangan Korea yang baru dibuat.

1. Seoul


Seoul, sebagai kota terbesar di Korea Selatan dan tujuan wisata utama di Asia Timur, menawarkan atraksi yang tak terbatas. Jika Anda menghabiskan waktu di pedesaan, maka ada kemungkinan Anda akan berkeliling ke Seoul pada beberapa titik. Atraksi di kota ini tak ada habisnya, mulailah dengan mengunjungi beberapa dari banyak istana yang terdapat di Seoul.

Beberapa pilihan teratas termasuk Gyeongbok-gung yang menakjubkan dan Changdeok-gung abad ke-15. Anda juga akan menemukan kuil dan kuil kuno, taman indah, desain modern, pusat perbelanjaan, dan masakan terbaik di seluruh Asia.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda